Categories
Uncategorized

Macam Macam Minyak Goreng Yang Baik Untuk Di Konsumsi

Pada era sekarang ini pasti membutuhkan minyak yang bersih dan sehat untuk menggoreng . Ada banyak macam-macam minyak goreng di pasaran dan berbagai macam manfaatnya masing-masing.

Minyak

Minyak adalah istilah umum untuk semua cairan organik yang tidak larut dalam air (hidrofobik) tetapi larut dalam pelarut organik. Ada sifat tambahan lain yang dikenal awam: terasa licin apabila dipegang.

Dalam arti sempit, kata ‘minyak’ biasanya mengacu ke minyak bumi (petroleum) atau produk olahannya: minyak tanah (kerosena).

Namun, kata ini sebenarnya berlaku luas, baik untuk minyak sebagai bagian dari menu makanan (misalnya minyak goreng), sebagai bahan bakar (misalnya minyak tanah), sebagai pelumas (misalnya minyak rem), sebagai medium pemindahan energi, maupun sebagai wangi-wangian (misalnya minyak nilam).

Minyak merupakan senyawaan trigliserida atau triasgliserol, yang berarti “triester dari gliserol”. Jadi minyak juga merupakan senyawaan ester. Hasil hidrolisis minyak adalah asam karboksilat dan gliserol.

Asam karboksilat ini juga disebut asam lemak yang mempunyai rantai hidrokarbon yang panjang dan tidak bercabang.

Macam Macam Minyak Goreng

1. Minyak Zaitun

Olive oil atau minyak zaitun merupakan minyak yang didapat dari ekstraksi buah zaitun. Ada dua macam olive oil yang umum dipakai untuk masakan, yaitu olive oil biasa dan extra virgin olive oil.

Label extra virgin pada olive oil menunjukan bahwa minyak zaitun tidak dimurnikan dan karenanya minyak jenis ini berkualitas tinggi.

Olive oil dalam kuliner dapat digunakan sebagai minyak yang serbaguna dan sehat untuk disantap langsung. Aromanya juga bisa mempengaruhi hasil masakan.

Namun, minyak zaitun memiliki titik asap yang relatif lebih rendah dibandingkankan dengan minyak lainnya.

Penggunaan Minyak Zaitun Yang Salah Yaitu:

  1. Terlalu lama disimpan.
  2. Menggoreng minyak dengan suhu yang terlalu panas.
  3. Menyimpan di tempat yang panas.
  4. Terlalu banyak pakai minyak.
  5. asal memilih olive oil.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu produk hasil olahan kelapa. Nama lain dari minyak kelapa yaitu virgin coconut oil/VCO. Suhu minyak kelapa akan lebih stabil pada panas tinggi, sehingga minyak ini sangat cocok digunakan untuk memasak makanan dengan suhu sangat tinggi.

Minyak kelapa tidak akan berasap, ketika dipanaskan dengan suhu tinggi. Minyak kelapa nan harum juga bisa dipakai untuk bahan membuat kue.

Anda bisa membuat minyak ini sendiri di rumah atau dibeli di pasaran. Cara membuat Minyak kelapa/VCO ini sangat mudah sekali. Kalau ingin membuat sendiri bisa menggunakan mesin vco/pengolah kelapa. Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kelembapan kulit.

Namun, bila Anda ingin menggunakan minyak kelapa untuk memelihara kesehatan, dianjurkan membatasi takarannya karena khasiat dan keamanannya masih perlu diteliti.

3. Minyak Sayur

Minyak sayur jadi salah satu kebutuhan pokok. Istilah “minyak sayur” digunakan untuk merujuk pada minyak apa pun yang berasal dari sumber nabati.

Kebanyakan minyak sayur yang ada di pasaran adalah campuran minyak kanola, jagung, kedelai, safflower, kelapa sawit, dan bunga matahari. Minyak sayur yang didapat dari bahan nabati, kemudian diproses dan dimurnikan.

Minyak sayur biasanya kerap digunakan untuk memasak. Namun tidak hanya itu saja manfaatnya Moms, minyak sayur juga berkhasiat untuk kecantikan. Bahkan dapat mengobati infeksi atau masalah yang terkait dengan kulit.

Daftar Merek Minyak Sayur yang Bagus:

  1. Bimoli.
  2. Filma.
  3. Sania.
  4. Tropical.
  5. Sunco.
  6. Fortune.
  7. Forvita

Merk minyak sayur di atas bisa menjadi pilihan bahan masakan sehat. Ada banyak pilihan minyak dari beberapa bahan alami seperti sawit, zaitun, jagung dan kedelai. Semuanya memberi manfaat baik untuk kesehatan.

4. Minyak Kanola

Minyak kanola berasal dari biji canola yang memiliki titik asap yang tinggi, yang berarti dapat digunakan untuk memasak dengan api besar. Dari segi nutrisi, satu sendok minyak kanola mengandung 124 kalori dan 16% vitamin E.

Minyak kanola juga mengandung 64% lemak tak jenuh tunggal dan 28% lemak tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6). Kelebihan lainnya dari minyak kanola adalah kandungan lemak jenuhnya yang lebih rendah, yaitu sekitar 7%.

Menggunakan minyak kanola sebagai pengganti minyak goreng dalam pengolahan makanan, disertai penggunaan bahan makanan yang sehat, dan dibarengi dengan pola hidup sehat, bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti:

  1. Mengurangi Kolesterol Jahat
  2. Menyehatkan Jantung
  3. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil
  4. Mencegah Kerusakan Sel
  5. Mengurangi Peradangan

5. Minyak Kacang

Minyak ini bisa berasal dari kacang. Oleh karena itu, minyak ini cocok sebagai minyak tumis. Peanut oil ini dicampur dengan minyak almon juga dapat digunakan sebagai bahan utama pembersih telinga. Minyak kacang juga digunakan sebagai pelunak tinja.

Minyak yang telah dimurnikan dapat bermanfaat untuk menghilangkan sifat alergen pada kacang bagi orang yang sensitif terhadap kacang tetapi minyak yang dipres dingin kacang tidak dapat menghapus alergen dan dapat sangat berbahaya bagi individu yang alergi kacang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *