Categories
Uncategorized

Macam Macam Minyak Sayur Yang Sehat Dan Berkualitas

Sekarang ini Banyak berbagai macam-macam minyak sayur dengan berbagai macam merk dan jenis. Mulai dari harga yang paling mahal hingga yang terendah, Hingga ada yang mau untuk membuatnya sendiri di rumah.

Minyak Sayur

Minyak sayur adalah lemak atau minyak sehat yang didapatkan dari biji-bijian, sayuran, hingga bagian tertentu dari buah. Beberapa contoh minyak dari biji-bijian adalah minyak biji bunga matahari, canola, hingga minyak kacang kedelai.

Minyak sayur jadi salah satu kebutuhan pokok. Sebutan minyak sayur atau vegetable oil ditujukan untuk semua produk minyak tumbuhan atau minyak nabati. Bisa terbuat dari minyak bijian atau buah.

Hampir di semua merk minyak goreng menyebutkan ptoduknya terbuat dari kelapa sawit atau kelapa. Sebagian menyebut terbuat dari kacang kedelai.

Macam Macam Minyak Sayur Dan Manfaatnya

1. Minyak Sawit

Minyak sawit adalah minyak yang didapatkan dari mesocarp buah pohon kelapa sawit, umumnya dari spesies Elaeis guineensis. Secara alami berwarna merah karena kandungan alfa dan beta-karotenoid yang tinggi.

Minyak sawit berbeda dengan inti minyak kelapa sawit(palm kernel oil) yang dihasilkan dari inti buah yang sama. Minyak kelapa sawit juga berbeda dengan minyak kelapa yang dihasilkan dari inti buah kelapa (Cocos nucifera).

Memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Yang berwujud setengah padat pada temperatur ruangan dan memiliki beberapa jenis lemak jenuh asam laurat (0.1%), asam miristat (1%), asam stearat (5%), dan asam palmitat (44%).

Minyak ini juga memiliki lemak tak jenuh dalam bentuk asam oleat (39%), asam linoleat (10%), dan asam alfa linoleat (0.3%). Mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dibanding minyak sayur lainnya, Berpotensi bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak yang di buat dari buah kelapa segar. Di buat dengan cara mengambil minyak yang terkandung dalam buah kelapa. Menggunakan metode pendiginan maupun pemanasan.

Minyak kelapa merupakan salah satu produk hasil olahan kelapa. Suhu minyak kelapa akan lebih stabil pada panas tinggi, sehingga minyak ini sangat cocok digunakan untuk memasak makanan dengan suhu sangat tinggi.

Minyak kelapa tidak akan berasap, ketika dipanaskan dengan suhu tinggi. Minyak kelapa nan harum juga bisa dipakai untuk bahan membuat kue.

Cara mengkonsumsi minyak kelapa/VCO sangatlah mudah, cara membuatnya juga mudah bisa menggunakan mesin VCO/mesin pembuat kelapa.

Manfaat Minyak Kelapa:

  1. Membantu proses diet.
  2. Antioksidan yang baik untuk jantung karena mengandung polifenol.
  3. Untuk mengurangi lemak jahat.
  4. Untuk diabetes.

Namun, bila Anda ingin menggunakan minyak kelapa untuk memelihara kesehatan, dianjurkan membatasi takarannya karena khasiat dan keamanannya masih perlu diteliti.

3. Minyak Zaitun

Olive oil atau minyak zaitun merupakan minyak yang didapat dari ekstraksi buah zaitun. Ada dua macam olive oil yang umum dipakai untuk masakan, yaitu olive oil biasa dan extra virgin olive oil.

Label extra virgin pada olive oil menunjukan bahwa minyak zaitun tidak dimurnikan dan karenanya minyak jenis ini berkualitas tinggi. Olive oil dalam kuliner dapat digunakan sebagai minyak yang serbaguna dan sehat untuk disantap langsung.

Aromanya juga bisa mempengaruhi hasil masakan. Namun, minyak zaitun memiliki titik asap yang relatif lebih rendah dibandingkankan dengan minyak lainnya.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan:

  1. Kaya antioksidan dan mengandung lemak tak jenuh tunggal.
  2. Memiliki sifat anti bakteri.
  3. Berpotensi mengurangi resiko kanker.
  4. Memiliki sifat antiimflamasi yang kuat.
  5. Berpotensi mencegah stroke.
  6. Dapat melindungi kesehatan jantung.
  7. Mencegah obesitas dan diabetes tipe 2.
  8. Berpotensi melawan penyakit alzheimer.
  9. Berpotensi mengobati rheumatoid arthritis.

4. Minyak Kanola

Minyak kanola berasal dari biji canola yang memiliki titik asap yang tinggi, yang berarti dapat digunakan untuk memasak dengan api besar. Dari segi nutrisi, satu sendok minyak kanola mengandung 124 kalori dan 16% vitamin E.

Minyak kanola juga mengandung 64% lemak tak jenuh tunggal dan 28% lemak tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6). Kelebihan lainnya dari minyak kanola adalah kandungan lemak jenuhnya yang lebih rendah, yaitu sekitar 7%.

Menggunakan minyak kanola sebagai pengganti minyak goreng dalam pengolahan makanan, disertai penggunaan bahan makanan yang sehat, dan dibarengi dengan pola hidup sehat, bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti:

  1. Mengurangi Kolestrol Jahat
  2. Menyehatkan Jantung
  3. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil
  4. Mencegah Kerusakan Sel
  5. Mencegah Peradangan

Itulah macam macam minyak sayur yang kaya manfaat. Dan manfaatnya bagi kesehatan sangatlah banyak sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *