Categories
Uncategorized

Macam Macam Minyak Dari Minyak Zaitun Yang Kaya Manfaat

Beberapa orang tidak tahu bahwa minyak zaitun terbagi menjadi beberpa minyak. Dari macam-macam minyak zaitun tersebut memiliki kandungan dan manfaat tersendiri.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun digunakan untuk memasak, kosmetik, obat-obatan, sabun, dan perawatan kulit. Banyak penelitian telah melihat manfaat kesehatan dari minyak zaitun. Minyak ini kaya akan antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.

Minyak zaitun ternyata dibagi ke dalam beberapa jenis. Jenis-jenis ini diklasifikasikan berdasarkan proses pembentukannya. Memilih jenis minyak zaitun yang tepat sangat penting. Dua jenis utama minyak zaitun adalah minyak zaitun murni dan olahan.

Jenis-jenis minyak zaitun ini juga menentukan kualitas yang dimiliki. Berbagai jenis ini juga memiliki kegunaan yang berbeda.

Jenis Jenis Minyak Zaitun

1. Extra Virgin Olive Oil

Extra virgin olive oil dianggap sebagai jenis minyak zaitun paling sehat. Minyak ini dibuat dengan teknik cold-press. Proses membuat minyak zaitun extra virgin tidak mengubah sifat kimiawi dari zaitun atau minyak yang dihasilkan.

Minyak zaitun diekstraksi menggunakan metode alami dan distandarisasi untuk kemurnian dan kualitas sensorik tertentu seperti rasa dan bau. Aman diminum langsung dan menawarkan sejumlah manfaat.

Minyak zaitun yang benar-benar ekstra virgin memiliki rasa yang berbeda dan kaya akan antioksidan fenolik. Mengurangi risiko aterosklerosis dan kanker, serta memberikan manfaat anti-inflamasi dan antimikroba.

Minyak zaitun extra virgin, biasanya digunakan sebagai dressing salad atau untuk perawatan tubuh, seperti kulit dan rambut. Minyak zaitun extra virgin tidak boleh digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi karena dapat merusak nutrisi yang dikandungnya.

2. Virgin Olive Oil

Sama seperti Extra Virgin Olive Oil, minyak zaitun yang tergolong virgin tak mengalami proses pemurnian. Minyak ini juga tidak mengalami pemanasan atau menggunakan bahan kimia. Secara kualitas, Virgin Olive Oil berada di bawah Extra Virgin Olive Oil.

Jenis minyak zaitun khusus ini juga tahan suhu. Dibandingkan dengan tipe extra virgin, Virgin Olive Oil ini memiliki rasa lebih ringan. Virgin Olive Oil cocok untuk keperluan memasak dengan api kecil.

3. Refined olive oil

Jenis minyak zaitun ini diekstrak dari buah zaitun hitam dan matang. Di antara jenis-jenis lainnya, ia memiliki jumlah paling sedikit minyak zaitun murni karena telah melalui serangkaian proses penyulingan.

Minyak tersebut dimurnikan untuk menghilangkan bau dan rasa yang tidak diinginkan. Hasilnya adalah minyak hambar, hampir tidak berwarna yang dicampur dengan sejumlah kecil minyak zaitun untuk memberinya beberapa karakter zaitun.

Minyak ini lebih cocok untuk memasak seperti menggoreng atau memanggang. Karena kandungan antioksidan yang lebih minim, minyak zaitun dengan tipe refined memiliki daya tahan yang lebih lama.

4. Pure Olive Oil

Minyak yang berlabel “Pure Olive Oil” atau hanya “minyak zaitun” biasanya adalah minyak zaitun olahan. Biasanya minyak zaitun olahan atau refined olive oil yang dicampur dengan minyak zaitun tipe extra virgin atau virgin.

Minyak ini memiliki rasa yang lebih ringan dan warna yang lebih terang. Untuk meningkatkan kualitas, minyak sulingan harus dicampur dengan yang lebih berkualitas, baik jenis minyak zaitun extra virgin atau virgin.

5. Light olive oil

Light olive oil adalah refined olive oil yang memiliki rasa netral dan titik asap yang lebih tinggi. Minyak ini dapat digunakan untuk memanggang, menumis, dan menggoreng.

Minyak zaitun dengan tipe light telah melewati tahap filterisasi yang lebih banyak untuk menghilangkan warna, aroma, dan rasanya.

Dari beberapa jenis-jenis minyak zaitun di atas, beberapa jenis minyak memiliki manfaat dan kandungan yang berbeda. Kita harus bisa memilih minyak sesuai kebutuhan kita. Anda juga bisa membuatnya menggunakan mesin pembuat minyak. Cara membuat minyaknya juga sangat mudah sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *