Categories
Uncategorized

Kegunaan Minyak Kelapa Untuk Rambut Anda yg Berkhasiat

Kegunaan minyak kelapa untuk rambut – Terlalu cuek soal perawatan rambut anda, bisa membuat rambut anda menjadi kusam. Terlalu banyak perawatan pada rambut yang sebenarnya nggak perlu-perlu banget bisa membuat rambut bertambah rusak dan kering loh. Anda juga dapat kok mencoba untuk menggunakan minyak kelapa ini pada perawatan rambutmu agar mengatasi hal-hal yg tidak diinginkan pada rambut anda, disebabkan minyak kelapa ini mempunyai beberapa kegunaan minyak kelapa untuk kebutuhan sehari-hari yg baik pada rambut seperti di bawah ini… 🙂

Kegunaan Minyak Kelapa Untuk Rambut

kegunaan minyak kelapa untuk rambut

1. Kegunaan Minyak Kelapa Untuk Rambut Untuk Melembapkan

Nutrisi asam laurat di minyak kelapa itu dapat memperbaiki tingkat kelembapan kulit kepala dan juga rambut anda yaa. Wah, kabar baik banget nih buat kamu yang selama ini mencari cara merawat rambut kering dengan harga murah. Namun perlu dingat, minyak kelapa ini yg digunakan memanglah minyak kelapa yg masih alami dan juga gunakanlah minyak kelapa sebelum anda keramas yaaa. Metodenya gampang sekali kok, anda perlu mengusapkan minyak kelapa di bagian rambut anda. Kemudian bungkus menggunakan handuk kecil yg sudah dihangatkan selama 15-20 menitan. Kemudian anda dapat melepas handuk anda di kepala dan segera mencuci rambut anda. Rasakanlah sensasi lembut rambut anda yg sudah kembali lembab.

2. Mengurangi Kerusakan Pada Rambut

Meresap jauh ke dalam kulit kepala dan menembus akar rambut itulah keistimewaan minyak kelapa, sehingga minyak kelapa dapat dijadikan alat yg pas disebabkan mempunyai rambut rusak yg sebabkan sering menjalani rangkaian pewarnaan rambut. Kandungan protein di dalam minyak kelapa terbukti sangat ampuh untuk membantu menutrisi pada rambut yang mengalami kerusakan seperti rambut dengan ujung kemerahan atau rambut bercabang.

3. Kegunaan Minyak Kelapa Untuk Rambut yg Dapat Membuat rambut Menjadi lebih lembut

Anda suka sebal saat bangun tidur rambut anda tampak seperti singa bercabang cabang ? Janganlah khawatir, coba saja deh anda memakai minyak kelapa setelah bangun pagi hari, sebentar saja saat sebelum keramas. Secara rutin anda oleskanlah minyak kelapa di rambut anda, ini ternyata memiliki fungsi yaitu menutrisi rambut anda menjadi lebih kuat sehingga rambut anda jadi lebih mudah diatur dan lebih lembut .

kegunaan minyak kelapa untuk rambut

4. Kegunaan Minyak Kelapa Untuk Rambut Sebagai Penghilang ketombe

Kandungan yang ada di dalam minyak kelapa ternyata mampu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan karena bakteri dan virus loh. Jadi kalau anda mengalami ketombe yg sangat meradang, anda dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk rangkaian perawatan rambut anda. Juga dapat mengurangi ketombe di kepala anda selain fungsinya sebagai pelembab kulit kepala.

5. Merangsang Pertumbuhan Pada Rambut

Sebenarnya masih banyak para ahli yang meragukan hal ini. Akan tetapi kadang kala juga ada beberapa penelitian di Jepang yg berpendapat bahwa memijat rambut menggunakan minyak kelapa dapat melancarkan aliran darah anda di kepala. Dengan aliran darah yang lancar itu pula, folikel rambut akan terangsang dan rambut akan tumbuh lebih lebat.

6. Kegunaan Minyak Kelapa Untuk Rambut Agar Menjadikan rambut dan kulit kepala sehat

Kalau anda rutin mengusapkan minyak kelapa untuk rambut anda, itu dapat menjadikan kulit kepala dan rambut anda senantiasa sehat sepanjang hari. Tadi telah dijelaskan bahwa kalau minyak kelapa itu dapat mengurangi tingkat peradangan akibat ketombe pada kulit kepala anda. Kalau hilang ketombenya, maka dapat di garis besari bahwa rambut anda akan dapat tumbuh menjadi lebih sehat dan berkilau seperti pada artis iklan-iklan di tv. Anda juga pengen kaan? (:

kegunaan minyak kelapa untuk rambut

Itulah keunggulan yang dapat anda dapatkan di dalam penggunkan minyak kelapa untuk rangkaian perawatan keseharian rambut anda. Manfaatkanlah secara rutin jika anda menginginkan rambut anda benar-benar bagus dan juga mengkilap. Katakanlah selamat tinggal pada rambut anda yg kering dan rusak !

Perawatan rambut anda menggunakan minyak kelapa memang kian lama ditinggalkan perempuan masa kini. Padahal, minyak kelapa ini punya nutrisi yg penting karena dapat menjadikan rambut anda sehat dan berkilau, bahkan tumbuh dengan lebat. Minyak kelapa ya memang sudah lama dari dulu dimanfaatkan masyarakat di daerah tropis, karena memiliki banyak sekali khasiat untuk melembabkan. Dan juga daya kerjanya yg sangat efektif, minyak kelapa murni (virgin coconut oil) kini dimanfaatkan dalam berbagai produk perawatan rambut dan juga spa. anda juga dapat memnbuat minyak kelapa sendiri dengan alat pembuat minyak kelapa. Memang menarik, yaa? Kalau anda dapat memanfaatkan kebiasaan ini, mungkin produsen perawatan rambut justru akan memproduksinya secara massal.

Terima Kasih Sudah Mampir Di Postingan Ini dan Sampai Jumpa Lagi … 🙂

Categories
Uncategorized

Bumbu Soto Babat Santan Sambal Gurih Yang Khas Dan Nikmat

Kalian mau membuat soto babat tapi tidak tau bumbunya? berikut bumbu soto babat santan sambal gurih yang khas dan nikmat dapat kalian coba di rumah.

Bumbu Soto Babat Santan

bumbu soto babat santan

Soto babat merupakan makanan yang khas. Cita rasa lezat dari soto ini mampu menggugah selera. Babat ini paling enak dimakan saat masih hangat sehingga dapat menghangatkan tubuh. Soto ini banyak disukai karena kelezatan kuah dan babat didalamnya.

Bumbu soto babat ini sangat beraroma sedap, sehingga nafsu makan kalian langsung meningkat. Kuah soto mempunyai tekstur yang enak dan rasa yang gurih karena menggunakan santan. soto babat ini juga bisa menggunakan kuah bening yang rasanya enak dan nikmat.

Rempah yang digunakan untuk membuat kuah babat ini diantaranya yaitu jintan, kemiri, ketumbar, dan pala. Soto babat ini biasanya dimakan dengan pelengkap emping, acar timun dan wortel, sambai cabai rawit, serta bawang goreng.

Makanan ini dapat kalian temukan di penjual kaki lima hingga restoran. Soto babat ini adalah salah satu hidangan rumahan yang cocok di makan dalam segala suasana. Seperti pada saat cuaca tak menentu, yang terkadang membuat tubuh lemas dan terserang flu. Di cuaca yang seperti ini kalian dapat mengembalikan stamina dengan makan soto yang menggugah selera karena rasanya yang segar dan gurih.

Bahkan kalian dapat membuat resep soto ini sendiri di rumah.Irislah babat yang diguyur dengan kuah gurih dan harum akan memanjakan lidah anda. Makanan soto babat sangat beragam, ada yang menggunakan sayuran, mie, saus kacang, bubuk koya, nasi, lontong, sambal, dan ketupat. Ada juga yang di sajikan dengan tambahan sate usus, telur puyuh hingga perkedel kentang dan kerupuk.

Peralatan yang pas dijadikan untuk membantu usaha babat ini ialah mesin universal fritter. Mesin ini akan membantu kalian dalam menghaluskan bumbu masakan dengan hasil yang lembut dan mampu membaut cita rasa dari soto lebih sedap dan nikmat.

Jika kalian akan menjalankan usaha soto babat asli maka kalian bisa menggunakan mesin penghalus bumbu untuk menyelesaikan pekerjaan memasak dengan cepat. Cara kerja mesin yang begitu handal ini sesuai bagi pengusaha kuliner termasuk bisnis kuliner makanan yang banyak menggunakan bumbu rempah alami.

Mesin universal fritter ini akan membantu menghaluskan bumbu dengan hasil yang berkualitas dan bisa mendapatkan rasa khas karena bahan dan bumbu yang digunakan masih sangat higienis dan terjaga.

Seperti yang di ketahui, jenis soto di Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Bisa dibilang setiap daerah memiliki soto andalannya masing-masing. Gak selalu disajikan dengan daging ayam atau sapi, jeroan juga enak dijadikan komponen soto, seperti babat misalnya. Soto babat di kenali beraroma sedap, sehingga bikin selera makan langsung meningkat.

Bahan soto Babat Santan :

  • 700 gr daging sapi tanpa lemak.
  • 700 ml susu cair full cream.
  • 200 ml santan kental.
  • 5 batang sereh, geprek.
  • 8 lembar daun jeruk.
  • 5 cm lengkuas, geprek.
  • 4 lembar daun salam.
  • 3 cm jahe, geprek.
  • 1/4 sdt cengkeh bubuk.
  • 1/4 sdt pala bubuk.
  • Secukupnya garam, gula.

Bumbu Halus :

  • 20 siung bawang merah.
  • 8 buah bawang putih.
  • 1/2 sdt jintan sangrai.
  • 5 butir kemiri.
  • 1 sdt merica butiran.

Pelengkap :

  • Secukupnya kentang rebus/goreng, potong dadu.
  • Secukupnya tomat, potong dadu.
  • Daun bawang.
  • Sambal.
  • Emping.
  • Jeruk nipis/limo.

Cara Memasak  Soto Babat Saantan :

  1. Potong kecil-kecil daging. Rebus hingga empuk, buang buihnya dan rebus kembali.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan aduk rata.
  3. Tambahkan serai, daun jeruk, lengkuas, daun salam, jahe, cengkih dan pala, tumis hingga harum.
  4. Masukkan campuran bumbu ke dalam air rebusan daging.
  5. Tuangkan santan ke dalam wadah, aduk hingga rata.
  6. tambahkan garam dan penyedap rasa, cicipi rasanya.
  7. Masak sampai mendidih dan di aduk agar santan tidak pudar.
  8. Sajikan dengan bahan pelengkap.

Bagaimana, bumbu soto babat santan di atas memang sangat mudah bukan. Yang mana pembuatannya bisa dilakukan dirumah. Dengan membuat resep soto babat bisa mendapatkan hasil yang sempurna sesuai yang kalian inginkan bukan.

Demikian artikel tentang bumbu soto babat santan yang bisa dicoba dan dipraktekkan dirumah. Semoga saja dengan kehadirannya artikel yang saya bahas diatas ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalian. Selamat mencoba.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Rawon Yang Enak, Mudah Dibuat Dan Khas

Kalian bingung ingin masak daging tapi tidak tau mau di buat apa? berikut cara membuat rawon yang enak, Kalian bisa menjadikan daging menjadi makanan lezat dan bisa kalian coba di rumah.

Cara Membuat Rawon Yang Enak cara membuat rawon yang enak

Rawon adalah salah satu makanan yang paling disukai oleh masyarakat indonesia. Di Indonesia juga banyak pengaruh asing yang sudah berkembang dengan kearifan lokal dan kini menjadi berbagai masakan tradisional.

Tapi rawon tergolong sebagai makanan yang paling di sukai karena penampilannya yang unik. Bahkan rawon terkenal hingga ke pelosok Nusantara. Jadi tidak heran bahwa banyak masyarakat yang memasak dan menyukail rawon sebagai makanan rumahan. Resep rawon daging juga ada berbagai macam resepnya.

Masakan ini biasanya berisi nasi yang di sajikan dengan sup dan daging yang di iris kecil-kecil. Bumbunya sangat khas mengandung kluwek. Kluwek adalah tumbuhan yang tumbuh liar atau setengah liar. Bijinya digunakan sebagai bumbu masakan tradisional di Indonesia yang dapat memberi warna hitam pada rawon. Rasa kuah rawon yang manis akan membuat sup ini menjadi lauk yang lezat.

Mesin untuk menghaluskan bumbu pun juga ada yaitu mesin giling bumbu. Mesin giling ini memiliki kegunaan sebagai penggiling bumbu yang akan digunakan untuk memasak rawon  . Dengan menggunakan mesin giling bumbu ini kalian akan mendapatkan kemudahan saat proses penghalusan bumbu dan mendapatkan hasil gilingan bumbu yang lebih berkualitas.

Tips Memilih Daging yang Baik untuk membuat Rawon

  1. Daging yang di gunakan untuk membuat rawon beda dengan daging yang di gunakan untuk membuat masakan daging yang lainnya, seperti rendang, soto daging dan lain sebagainya. Sebaiknya plihlah daging yang memliki sedikit daging dan juga sedikit lemak. Hal ini akan membuat rawon gurih namun tetap dapat dinikmati kelezatan daging sapinya
  2. Jangan pilih daging tetelan, Hal ini karena tekstur daging tetelan yang basanya terdiri dari banyak lemak dan sedikit daging akan menjadikan daging sangat sulit digigit atau alot ketika digigit. Meskipun tetelan ini adalah daging yang paling banyak dipilih oleh masyarakat untuk dijadikan rawon
  3. Daging rawon paling bagus yaitu di bagian dada atau bagian punggung. Karena daging pada daerah ini memiliki tekstur yang pas sehingga tetap mudah ketika digigit dan enak ketika dirasakan

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging sapi
  • 1 bungkus bumbu rawon instan (cap lilik)
  • 2 batang serai
  • secukupnya gula pasir
  • 7 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • secukupnya garam

Bumbu Halus :

  • 3 buah luwak
  • 1 sdm ketumbar yang sdh d sangrai
  • 2 ruas jahe
  • 7 siung bawang merah
  • 2 ruas kunyit
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas laos

Pelengkap :

  • sambal (cabe rawit dan bawang putih)
  • kecambah pendek
  • jeruk nipis
  • kerupuk
  • daun pre dan bawang merah goreng

Cara Membuat Rawon  Daging Sapi Spesial :

  1. Siapkan daging dan iris dengan ukuran sebesar daging sate.
  2. Cuci bersih kemudian tiriskan.
  3. Haluskan semua bumu-bumbu halus.
  4. Dalam panci, panaskan 2 liter air. Tunggu sampai mendidih.
  5. Rebus daging di atas api kesil untuk mendapatkan hasil kaldu yang jernih.
  6. Setelah itu, tunggu sampai daging sapi melunak.
  7. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan api sedang.
  8. Aduk terus sampai aroma tumisan bumbu tercium.
  9. Pastikan untuk terus di aduk supaya tumisan bumbu tidak gosong.
  10. Tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam.
  11. Aduk sampai dedaunannya menjadi layu dan berwarna pucat.
  12. Setelah bumbu yang di tumisan harum, masukkan bumbu ke dalam panci dan rebusan daging.
  13. Aduk sampai bumbu tercampur dengan daging dan kaldunya.
  14. Setelah itu masukkan garam, gula jawa, serta lada bubuk dan kemudian cicipi rasanya.
  15. Masak terus dengan api kecil dan tunggu sampai daging benar-benar empuk dan bumbu meresap sempurna ke dalam daging.
  16. Menjelang diangkat, tambahkan irisan daun bawang. Tunggu sekitar 5-8 menit.
  17. Matikan api dan sajikan rawon bersama dengan bahan pelengkap untuk mendapatkan kenikmatan yang maksimal.

Cara membuat rawon yang enak memang sangat mudah bukan. Yang mana pembuatannya bisa dilakukan dirumah. Dengan cara membuat rawon yang enak bisa mendapatkan hasil yang sempurna sesuai yang kalian inginkan.

Demikian artikel tentang cara membuat rawonyang enak, mudah dibuat dan khas yang bisa dicoba dan dipraktekkan dirumah. Semoga saja dengan kehadirannya artikel yang saya bahas diatas ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Categories
Uncategorized

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

Kesempatan pada kali ini aku akan menjelaskan artikel yang berjudul cara menanam anggrek dengan media sabut kelapa

cara menanam anggrek dengan media sabut kelapa

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

Bagi para penggemar anggrek tentu sangat penting untuk mengetahui bagai mana sih cara menanam anggrek dengan sabut kelapa yang baik dan benar!

Nah kali ini kita akan mempelajari cara menanam anggrek yang baik dan benar menggunakan sabut kelapa.Sebelum lanjut ke tahap caranya alangkah baiknya jikalau kita mengetahui apa itu tanaman anggrek!

Anggrek merupakan tanaman hias yang cantik dipandang mata.Mungkin kita sering menjumpainya didepan rumah ataupun pohon yang memang sang pemilik menanamnya dipohon tersebut.Dengan kecantikan bunga ,warna dan keunikan bentuk bunga ini sangat trending dikalangan pecintanya.

Ciri kusus Bunga Anggrek

Ciri khusus bunga anggrek yang membuat kitatertarik tanaman ini begitu unik dan menarik. Anggrek merupakan jenis bunga yang indah dan khas yang juga salah satu yang paling beragam. Anggrek begitu populer sebagai tanaman hias untuk kita taruh di dalam dan di luar ruangan.

Anggrek sering kita gunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Mayoritas anggrek yaitu epifit abadi, yang tumbuh berlabuh di pohon atau semak di daerah tropis dan subtropis menjadikan tanaman ini begitu eksotis.

Ada beberapa ciri khusus bunga anggrek yang tak kita temui di tanaman lain. Ciri khusus bunga anggrek ini menjadikan anggrek begitu istimewa sebagai tanaman hias. Anggrek merupakan keluarga terbesar tanaman berbunga, yang sebagian besar mendiami daerah tropis. Di seluruh dunia, ada sekitar 735 genera yang mewakili setidaknya 20.000 spesies bunga anggrek.

Ciri khusus bunga anggrek ini meliputi bentuk, strukutur dan kelopak. Ciri khusus bunga anggrek lain yang membuatnya begitu digemari yaitu masa berbunganya yang cukup lama. Ciri khusus bunga anggrek juga menggambarkan karakteristik tanaman anggrek secara keseluruhan.

Salah satu ciri khusus bunga anggrek meliputi warnanya yang cerah dan bentuknya yang unik. Ciri khusus bunga anggrek ini berguna untuk menarik perhatian organisme lain untuk membantu proses penyerbukan. Bunga dari genus Ophrys menipu dan memanipulasi penyerbuk terutama melalui bau, meniru yang dihasilkan oleh kelenjar perut lebah atau tawon betina.

Tahapan Memilih Sabut Kelapa Yang Akan Digunakan

  • Kita harus pilih sabut kelapa yang sudah tua.
  • Kita olah menggunakan mesin pengolah sabut kelapa
  • Kemudian kita rendam sabut kelapa selama kurang lebih 6 jam untuk menghilangkan tannin yang terkandung didalamnya.
  • Setelah direndam air, langkah selanjutnya kita perlu merendam sabut dengan cairan fungisida. Hal ini dilakukan agar nantinya sabut kelapa tidak ditumbuhi jamur yang akan menghambat pertumbuhan anggrek.
  • Kemudian tiriskan. Usahakan sabut kelapa yang kita jemur tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu basah.

Pemilihan Bibit Anggrek

Tahap selanjutnya adalah kita memilih bibit anggrek yang berkualitas. Kita harus mencari bibit anggrek yang memiliki daun berwarna hijau cerah, tidak cacat serta memiliki batang yang kokoh. Kitat juga dapat membelinya di toko tanaman hias.

Memilih Pot Yang Akan Digunakan

Pot yang biasa kita gunakan untuk menanam anggrek adalah pot yang terbuat dari tanah liat. Hal ini dilakukan agar terlihat estetik. Pastikan kita untuk menggunakan pot yang bawahnya memeiliki lubang.

Kemudiankita harus mempastikan pot dalam keadaan bersih. Bila perlu kita semprot dengan cairan fungisida agar anggrek terhindar dari gangguan jamur.

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

  • Siapkan pot tanam, bibit dan media.
  • Tambahkan arang kayu pada bagian dasar pot.
  • Lalu kemudian lilitkan sabut kelapa pada akar bibit.
  • Setelahnya masukkan bibit yang telah dililiti sabut kedalam pot tanam.
  • Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi.
  • Jangan lakukan penyiraman selama 1 minggu.
Categories
Uncategorized

Manfaat Cocopeat Sebagai Media Tanam

Berikut ini akan saya jelaskan tentang artikel manfaat cocopeat sebagai media tanaman.

 

manfaat cocopeat sebagai media tanam

Manfaat Cocopeat Sebagai Media Tanam

Media tanaman menggunakan cocopeat sangatlah bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang cocok ditanam memggunakan cocopeat.

tanaman yang ditanam menggunakan cocopeat akan lebih subur dibandingkan ditanam di tanah.Hal tersebut karena sabut kelapa memiliki kalium yang bagus untuk kesuburan tanaman yang ditanam menggunakan cocopeat.

Beberapa Manfaat Cocopeat Sebagai Media Tanaman

  1. Cocopeat sebagai pengganti tanah

karena cocopeat memiliki telstur yang hampir sama dengan tanah.Sering kali kita terbantu dengan kesamaan dari cocopeat yang menyerupai tekstur tanah tersebut.Namun terdapat perbedaan dari ungsur tanah yang memiliki ungsur hara dan cocopeat yang memiliki kalium yang baik.

  1. Kelebihan cocopeat menyerap air

karena tekstur cocopeat yang memiliki daya serap seperti spons.Dapat menampung genangan air hingga 10kali dibandingkan dengan tanah.Hal ini membuat tanaman yang suka air tumbuh dengan subur.

  1. Ramah lingkungan

Pengolahan cocopeat sangat ramah lingkungan dikarenakan cocopeat merupakan  limbah yang diolah menjadi pupuk organik dan dimanfaatkan sebagai media tanam yang menyuburkan.

  1. Tidak disukai hama penganggu

Tekstur dari cocopeat yang tidak disukai oleh hama tentu sangat menguntungkan bagi petani bukan?. Tentu menguntungkan karena tanpa adanya hama tumbuhan akan berkembang dengan subur.

  1. Lahan yang dibutuhkan tidak perlu luas

Pengunaan cocopeat tidak memerlukan lahan yang begitu luas.Cocopeat digunakan oleh petani untuk para pekebun tanaman hidroponik yang cara bertanamnya seperti tera sering pada pegunungan sehingga menghemat lahan pertanian.

Cara Membuat Cocop

Alat – alat :

1. Siapkan sabut kelapa (sediakan seberapa kebutuhan anda yang akan dibuat)
2. Mesin pengayakan
3. Mesin pengepress

Cara membuat :

1.Yang pertamakali yang harus kita lakukan adalah mengurangi kadar air yang terdapat pada sabut kelapa. Lalu kita jemur di bawah sinar matahari secara langsung. Prosentase di bawah 15%, untuk mencapai dibawah 15% biasanya kita membutuhkan waktu hingga satuhari penih. Untuk memastikan kadar air cukup mudah yaitu dengan kita menggunakan uji daya kadar air, jika kita membuat cocopeat seberat 5 kg maka setelah di jemur biasanya mencapai setengah kg.

2. Kita anggap sudah menyiapkan bahan cocopeat dengan kadar yang di tentukan. Langkah kita selanjutnya mengayak serbuk sabut kelapa. Hasil dari ayakan sabut kelapa itu kita namai dust. Serbuk-serbuk yang kita ayak tadi harus dipisahkan dengan sabut kelapa yang masih besar-besar atau masih kasar.

3. Yang akan kita gunakan untuk membuat cocopeat adalah dust itu yang kita pisahkan tadi. Jadi sabut kelapa yang kasar biasanya kita gunakan untuk bahan bakar bata atau guci dari kerajinan. Jika kita ingin membuat bentuk dan ukuran kita bisa menggunakan bantuan mesin pengolah sabut kelapa, bentuknya bisa beragam bisa kotak-kotak atau lingkaran bulat tergantung keinginan kita.

Jika kita membuat cocopeat sebagai sumber penghasilan kita, biasa kita kemas semenarik mungkin. Target pasaran biasanya berasal dari petani yang membudidayakan dengan hidroponik atau tanaman hias. Untuk pengaplikasiannya kita bisa menambahkan air kedalam cocopeat yang sudah jadi dan memasukan nutrisi atau unsur hara. Mengingat bahwa cocopeat ini sangat rendah sekali unsur hara yang terdapat pada serat-serat lapisannya maka kita harus menambahkan secara manual.

Pemanfaatan cocopeat untuk tanaman. Kita bisa memberikan nutrisi berbentuk cair atau merendamnya sebentar pada nutrisi tersebut, jika kita aplikasikan langsung maka pemberian pupuk harus rutin diberikan sesuai jenis tanaman yang anda budidayakan.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan apabila ada salah kata mohon maaf.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Media Tanam Dari Sabut Kelapa

Pada artikel kalai ini yang akan saya bahas yaitu tentang cara membuat media tanam dari sabut kelapa.

cara membuat media tanam dari sabut kelap

Cara Membuat Media Tanam Menggunakan Sabut Kelapa

media tanam merupakan media yang mempengaruhi kegiatan pertumbuhan dari tanaman itu sendiri.Sehingga sangat penting untuk kita ketahui bahwa media tanam tidak hanya dengan media tanah saja.

Namun kita bisa membuat media lain seperti media dari sabut kelapa yang diolah dengan mesin pengolah sabut kelapa dan diproduksi menjadi mediatanaman cocopeat.

Kegunaan dari media tanam sabut kelapa cocopeat sanggat bagus untuk tanama dikarenakan terdapat ungsur kalium yang tinggi di sabut buah kelapa.

tidak hanya itu sabut kelap juga termasuk media tanaman yang atidak disuki oleh serangga sehingga serangga pun tidak merusak tanaman yang kita tanam.

selain itu karena sabut kelapa juga memiliki sifat dapat menyerap air seperti layaknya spons membuat tanaman yang gemar trhadap air dapat tumbuh dengan subur di media sabut kelapa yang kita buat.

cara pemembuatan media tanam dari sabut kelapa yaitu :

  • Pilihlah serat dari buah kelapa yang sudah tua atau masak.
    Untuk menghilangkan senyawa kimia pada sekam kelapa,kita harus merendam terlebih dahulu selama kurang lebih 6 bulan karena senyawa kimia tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman misalnya adalah zat tanin. Kandungan zat tanin yang ditandai dengan munculnya warna merah bata saat sekam direndam dalam air.
  • Selanjutnya yaitu kita membuat sekam kelapa menjadi serbuk sekam untuk membuat serbuk dari sekam buah kelapa, kita bisa menggunakan mesin untuk membantu. Namun apabila tidak tersedia mesin, maka kita dapat mencacah sekam tersebut setipis mungkin.
  • Bahan baku berupa serbuk sekam buah kelapa dijemur selama 1 hari atau hingga kadar air kurang dari 15%. kita bisa mengukur kelembapannya dengan menggunakan termometer.
    Apabila kadar air sudah berada di bawah angka 15%, langkah selanjutnya adalah kita harus memproses pengayakan. Hasil ayakan serbuk sekam tersebut agar biasanya disebut “dust”.
  • Sisa proses pengayakan berupa serat sekam bertekstur kasar yang disebut juga fiber dipisahkan dari hasil ayakan yang halus atau dust, kemudian kita bisa langsung dijual sebagai bahan bakar pembuatan batubara dan papan serbuk atau papan flanel untuk furniture.
    Kita perlu melakukan beberapa kali pengayakan untuk mendapatkan hasil serbuk dengan panjang yang sama.
  • Kemudian kita cuci, biasanya dilakukan saat turun hujan sehingga pencucian lebih maksimal.Setelah dicuci bersih, serbuk sekam kita dikeringkan, hingga tingkat minimal kadar air mencapai 12%.
    Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil akhir dengan bentuk balok yang sesuai, dust dipress menggunakan mesin press. Pada umumnya cetakan yang digunakan adalah berukuran 30x30x20 cm atau 30x30x15 cm yang masing-masing beratnya kurang lebih 5kg.

Jika kita akan memakai untuk bertanam sendiri, maka cocopeatsudah siap digunakan. Namun, apabila kita ingin menjualnya, sebelumnya bisa dikemas plastik terlebih dahulu supaya tampilannya menjadi lebih menarik.

Keuntungan cara membuat media tanaman dari sabut kelapa

Petani akan merasa terbanatu dengan produk pembuatan media sabut kelapa untuk tanamanyang menghasilkan tanaman mereka menjadi subur dan hijau.Pertumbuhan dari tanamanya juga terbilang bagus.

Bagi pengusaha pembuatan media tanam dengan sabut kelapa akan mendapatkan peluanag besar dibidang devisa karena pemesanan akan meningkat karena banyaknya kebutuhan petani yang bercocok tanam menggunakan media sabut kelapa.

Sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang cara membuat media tanam dari sabut kelapa.

Categories
Uncategorized

Kegunaan Akar Pohon Kelapa

Pada kesempata kalai ini saya akan menjelaskan tentang artikel yang berjudul kegunaan akar pohon kelapa.

kegunaan akar pohon kelap

Kegunaan Akar Pohon Kelapa

Akar pohon kelapa merupakan bagian yang disebut sebagai pangkal dari pohon kelapa.Akar pohon kelapa ini menyrap air yang ada pada tanah dan menyalurkanya ke seluruh bagian pohon kelapa.

Kegunaan Akar Pohon Kelapa Untuk Kehidupan Yaitu:

1. Sebagai bahan pengganti kayu bakar

Manfaat akar pohon kelapa yang perlu kita ketahui yaitu bagi kehidupan sehari-hari yang pertama, yaitu akar dari pohon kelapa ini memiliki bentuk yang kecil sehingga cocok jika dijadikan kayu untuk bahan bakar memasak. Akar kelapa juga sangat mudah kita temukan, karena pohon kelapa banyak tumbuh di Indonesia.

2. Mencegah banjir

Manfaat akar pohon kelapa lainnya, yaitu karena pohon kelapa memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak.Akar pohon kelapa dipercaya mampu mencegah terjadinya banjir.

3. Pemecah gelombang pantai

Jika kita memperhatikan bentuk dari akar kelapa, maka kita akan takjub dengan begitu banyaknya akar pohon kelapa yang menahan keseluruhan pohon kelapa tersebut.

Kekuatan dari akar pohon kelapa ini pun telah terbukti dan bahkan dijadikan model kontruksi pondasi pada gedung-gedung tinggi diarea perkotaan sana.

Sehingga dengan kekuatan akarnya, akan sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat, jika pohon kelapa ditanam di daerah-daerah pantai, pohon kelapa dapat menahan kuatnya gelombang besar yang dapat membahayakan masyarakat disekitarnya.

4. Kerajinan tangan

Indonesia dikenal dengan budaya dan keunikan dari tiap-tiap pulau. Bahkan di Indonesia, masyarakatnya sering memanfaatkan akar pohon kelapa sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Seprti kerajinan yang dibuat gelang dan kalung yang tentunya memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Kegunaan pohon kelapa amatlah berlimpah sehingga disebut pohon seribu guna.Untuk memudahkan pembuatan kerajinan dari akar pohon kelapa tentu lebih mudah jika kita menggunakan mesin pengolah sabut kelapa.

5. Mencegah abrasi

Seperti yang telah aku jelaskan dari beberapa poin diatas, manfaat akar pohon kelapa memang sudah terbukti cukup banyak. Terutama pada bagian akarnya yang sangat kuat berpegang pada tanah. Karena kekuatannya tersebut kelapa banyak di tanam di sekitar pantai dan tanah miring.

Kegunaan Akar Pohon Kelapa Untuk Kesehatan Yaitu:

1. Mengatasi gatal

Manfaat akar pohon kelapa yang untuk mengatasi masalah kulit.Terutama gatal yang terjadi pada celah kulit kita yang terdaat di sela-sela jari kaki atau tangan dan celah lain yang lembab.

Celah kulit yang lembab, rawan terjadi gatal, dan terkena penyakit kudis dan penyakit lainnya. Jika kita mengalami penyakit tersebut, Kita dapat menggunakan ramuan dari akar kelapa untuk mengobatinya.

2. Meredakan demam

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, yaitu mampu menurunkan suhu panas pada tubuh akibat demam. Untuk meredakan demam pada tubuh, kita dapat menggunakan akar pohon kelapa.

Caranya dengan menumbuk akar pohon kelapa yang telah kita keringkan lalu rebus hingga mendidih. lalu minum air rebusan dari akar pohon kelapa tersebut dua kali sehari, hingga demam pada tubuh kita menurun

3. Mengatasi diare

Jika kita mengalami diare, maka kita dapat mengatasi penyakit tersebut dengan mengambil manfaat akar pohon kelapa.

Cara mengonsumsinya pun juga sama dengan mengonsumsi akar pohon kelapa untuk mengobati demam dan gatal, yaitu dengan merebus akar kelapa dengan air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut hingga diare berkurang.

4. Mengatasi wasir dan ambeien

Penyakit wasir dan ambeien memang cukup mengganggu dan dapat menimbulkan rasa sakit sehingga membuat kita menjadi tidak nyaman saat beraktivitas.

Sama seperti mengobati penyakit lainnya, kita juga cukup merebus dan meminum ramuan yang dihasilkan dari akar pohon kelapa tersebut.

5. Melancarkan peredaran darah

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, dipercaya akar pohon kelapa dapat melancarkan peredaran darah. Manfaat tersebut sangat perlu, terutama bagi kita yang memang memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Ramuan dari akar pohon kelapa ini dapat membantu kita untuk meredakannya. Namun efek yang dihasilkan memang tidak langsung terasa. Sehingga kita perlu untuk rutin agar dapat merasakan manfaat dariakar pohon kelapa ini.

Sekian pembahasan tentang kegunaan akar pohon kelapa bila ada salah kalimat saya mohon maaf.

Categories
Uncategorized

Resep Membuat Abon Sapi Nikmat Dan Lezat Tanpa Pengawet

Kalian pasti lagi bingung pengen makan enak tapi gak tau mau makan pake apa? ini bisa kalian coba di rumah resep membuat abon sapi nikmat dan lezat tanpa pengawet.

Resep Membuat Abon Sapi

resepp membuat abon sapi

Abon adalah makanan kering yang populer di Indonesia. Makanan daging ini bisa dijadikan pendamping berbagai masakan. Seperti bubur gurih atau nasi kuning. Kalian juga bisa memakannya bersama dengan nasi putih begitu saja. Cara bikinnya yaitu di campurkan dengaan gula merah, sehingga warnanya terlihat coklat cerah dengan tekstur serat daging yang lembut seperti kapas.

Pembuatan abon tidaklah mudah jika di bikin dalam jumlah banyak dan ingin diawetkan. Untuk hasil yang di sukai banyak orang cara bikin abon sapi harus dipastikan abon benar-benar bebas dari air agar lebih awet dan tetap lezat. Abon dapat di jumpai dengan mudah di pasar tradisional atau toko makanan. Namun kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini cara bahan dan cara bikin abon sapi ini kalian juga bisa mengubahnya menjadi abon sapi pedas dengan menambahkan cabai rawit giling pada bumbu halus.

Resep membuat abon sapi dengan kualitas yang besar dibutuhkan sebuah mesin pembuat abon yang dapat membantu kalian mewujudkannya. Mesin pembuat abon bekerja secara praktis untuk menghasilkan abon yang berkualitas terbaik. Proses pembuatan abon menggunakan mesin yang praktis juga dinilai dapat mempercepat waktu kerja kalian. Meski waktu pembuatan abon lebih cepat, namun abon dapat dihasilkan rasa yang berkualitas seperti kerenyahannya, kelembutannya yang tetap terjaga.

Bahan Bikin Abon Sapi :

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1 lembar daun salam
  • 750 ml air
  • 1 sendok makan ketumbar, tumbuk kasar
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • 1 sendok makan Kecap Manis Bango
  • 2/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu Halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm serai bagian putihnya

Pelangkap :

  • bawang merah goreng
  • bawang putih goreng.

Cara Memasak :

  1. Buang lemak yang ada pada daging sapi, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Rebus daging sapi bersama dengan serai, daun salam, dan lengkuas sampai empuk. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Biarkan daging yang telah di rebus hingga dingin, lalu suwir-suwir dan sisihkan.
  4. Panaskan minyak goreng secukupnya.
  5. Tumis bumbu yang telah di haluskan bersamaan dengan daun jeruk hingga harum.
  6. Masukkan santan dan daging yang telah di suwir, lalu aduk rata.
  7. Masukkan garam dan gula merah. Aduk sampai santan meresap dan daging kering.
  8. Cara mengaduknya harus dilakukan terus menerus agar daging yang berada di bagian bawah tidak hangus.
  9. Tambahkan minyak goreng secukupnya.
  10. Kemudian masak hingga abon kering dan berwarna kecokelatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  11. Tunggu sampai abon dingin,
  12. kemudian abon di blender hingga halus untuk mendapatkan tekstur abon yang benar-benar bagus.
  13. Campur abon halus dengan bawang merah dan bawang putih goreng.
  14. abon telah selesai di bikin.

TIPS :

  • Pada saat dimasak bersamaan dengan santan sebaiknya suwiran daging di aduk agar tidak ada yang gosong.
  • Agar abon awet dan rasanya tidak berubah, abon bisa dikemas diwadah yang kering dan steril.
  • Sebelum dimasukkan ke wadah, abon harus dalam keadaan dingin.

Umumnya resep  membuat abon sapi ini memiliki hasil yang renyah dan enak tergantung pada cara pembuatannya, terutama pada proses terakhir yaitu ketika merebus santan dan dagingnya. Dalam hal ini kestabilan api perlu dijaga supaya api tetap terkondisi dengan baik dan tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Bagaimana, Resep membuat abon sapi memang sangat mudah bukan. Yang mana pembuatannya bisa dilakukan dirumah. Dengan resep membuat abon sapi ini bisa mendapatkan hasil yang sempurna sesuai yang kalian inginkan.

Demikian artikel tentang resep membuat abon sapi nikmat dan lezat tanpa pengawet ini bisa di coba dan di praktekkan dirumah. Semoga saja dengan kehadirannya artikel yang saya bahas diatas ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalian. Selamat mencoba resep membuat abon sapi yang saya tuliskan diatas dan semoga bermanfaat.

 

Categories
Uncategorized

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Apa kabar tmn-temen,dikali ini aku akn  menjelaskan artikel tentang manfaat sabut kelapa untuk tanaman!

manfaat sabut kelapa untuk tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Pengertian sabut kelapa

Sabut kelapa adalah hasil samping dari buah kelapa.Perlu kita tau bahwa buah kelapa yang memiliki potensi tertinggi yaitu di Indonesia.Tauhkah kamu bahwa sabut kelapa sangat bermanfaat bagi tanaman.

Sabut kelapa ini sering dimanfaatkan oleh petani sebagai pupuk organik untuk tanamanya agar subur.Nah, disini kita akan mencarai tau bagaimana sih menjadikan sabut kelapa menjadi lebih bermanfaat bagi tanaman!.

Salah satau pemanfaatan sabut kelapa untuk tanaman yaitu sabut kelapa yang diolah menjadi cocopet atau disebut sebagai serbuk sabut kelapa.

Pengertian cocopeat

manfaat sabut kelapa untuk tanaman

Saat kita bercocok tanam, tak hanya tanah yang bisa kita andalkan sebagai media tanam. Masih ada media tanam lain yang bisa kita gunakan contohnya cocopeat salah satunya.

Media tanam organik ini memiliki kualitas tak kalah bagus dengan tanah. Cocopeat adalah media tanam yang dibuat dari sabut kelapa yang sudah kita olah dan diproduksi dengan mesin pengolah sabut kelapa hingga menjadi serbuk sabut kelapa atau cocopat.

Kita bisa menemukan cocopeat di negara-negara tropis dan kepulauan, seperti Indonesia.Banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan menggunakannya.

Baik untuk kita gunakan bersama tanah,campuran pupuk atau berdiri sendiri. Cocopeat juga banyak dipilih sebagai pengganti tanah oleh para petani dan para pekebun.

Kelebihan Cocopeat:

Kelebihan cocopeat dibanding media konvensional lainnya yaitu mampu menampung air dan menahannya hampir 10 kali lipat dari media tanah, serat yang dimilikisabut kelapa juga tangguh namun ringan juga tahan terhadap unsur-unsurnya.

Komposisi cocopeat yaitu terdiri dari 75% karbohidrat, dan 25% lignin. Karbohidrat yaitu golongan selulosa polisakarida kompleks.

Dengan cadangan selulosa dan lignin yang sangat tinggi, cocopeat dapat kita manfaatkan menjadi sumber makanan dan tempat berkembang biak yang baik bagi mikroorganisme yang menguntungkan untuk tanaman kita.

Inilah beberapa mikroorganisme menguntungkan pada bagian akar yang dapat berkembang biak dengan baik di media cocopeat yakni rhizobacteria (PGPR) dan beberapa jenis mikoriza.

Cocopeat memiliki kandungan kalium (K) dan fosfor (P) yang tinggi, selain itu juga mengandung unsur nitrogen (N), kalsium (Ca), magnesium (Mg), boron (B), klorin (Cl), tembaga (Cu), besi (Fe), mangan (Mn), molibdenum (Mo) dan seng (Zn) itulah kandungan yang sangat baik untuk tanaman yang perlu kita ketahui.

Unsur hara tersebut merupakan unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman kita dalam menunjang kebutuhannya.

Cocopeat juga bersifat reuse, artinya dapat digunakan kembali untuk tanaman selanjutnya loh tman, namun dengan catatan setelah panen harus kita tambahkan larutan enzim dan mencuci cocopeat untuk menghilangkan sisa garam serta sterilisasi.

Kelemahan cocopeat

Karena pohon kelapa banyak tumbuh di pinggir pantai, cocopeat mengandung konsentrasi natrium dan klorin yang cukup tinggi sehingga dapat meracuni tanaman kita.

Pengolahan sabut kelapa oleh kita yang kurang tepat untuk membuat cocopeat juga dapat meninggalkan zat tanin yang menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh optimal.

Untuk membuat cocopeat yang berkualitas tentu harus kita olah dengan cara yang agak rumit, untuk membersihkan zat-zat yang dapat meracuni tanaman.

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman Sebagai Cocopeat Yang Baik

Saat pengolahan cocopeat terutama kita harus lakukan pengeringan, bahan mentah cocopeat akan menghasilkan banyak sekali debu sabut kelapa, sebagai aturan praktis, cocopeat yang kita olah secara berkualitas baik tidak boleh mengandung banyak debu.

Sebab sifat debu yang mudah padat dapat mengurangi kemampuan cocopeat yang kita buat, terutama membuat pori-pori perakaran, drainase dan aerase. Maka dari itu bahan cocopeat sebaiknya kita ayak terlebih dahulu untuk memisahkan antara debu dan seratnya.

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman Dan Keuntunganya:

Keuntungan dari penggunaan manfaat sabut kelapa untuk para petani yaitu dapat menyuburkan tanaman mereka yang bersifat suka air.Untuk para pengusaha yaitu memiliki manfaat dapat memperoleh devisa yang cukup tinggi karena penggunaan cocopeat sebagai media tanaman sangat diminati oleh para pekebun maupun para petani.

Sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang manfaat sabut kelapa untuk tanaman bila ada salah kata saya mohon maaf.

Categories
Uncategorized

Resep Bolu Kopi Panggang yang Paling Bisa Dibuat Sendiri

Bolu juga bisa dikreasikan menjadi berbagai macam rasa, seperti rasa kopi. Resep bolu kopi panggang yang paling bisa dibuat sendiri ini akan membantu untuk membuat bolu rasa kopi kesukaan anda.

Resep Bolu Kopi Panggang

resep bolu kopi panggang

Bolu adalah makanan manis yang berbahan utama dari tepung terigu, gula, telur dan margarin.

Pada awal sejarah Bolu,  bolu di buat bertujuan untuk memperingati ritual upacara keagamaan.

Namun seiring perkembangan zaman, cake di sajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia.

Kegiatan itu seperti, hari kelahiran, pernikahan, pembabtisan, masa liburan dan bahkan di sajikan ketika ada kematian, sebagai kue spesial untuk memberi penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Bolu mulai bervariatif pada abad ke-19 sejak di temukannya baking powder yang berguna sebagai bahan pengembang cake.

Berkat di temukannya baking powdwer kita dapat mengenal cake seperti yang kita makan sekarng.

Dengan tambahan gula icing sebagai topping ataupun penggunaan butter cream sebagai hiasan ataupun filling, menjadikan cake lebih indah.

Dilihat dari penggunaan bahan utama yaitu Tepung terigu, gula, telur, dan margarin dengan perbandingan 1:1:1:1 , maka di kenal dengan Istilah Pound Cake yang berkembang di wilayah Inggris Raya.

Penyajian bentuk pound cake biasanya menggunakan Loyang roti atau di bentuk “bundt” dengan bagian tengah berlubang dengan taburan gula icing.

Sedangkan di Perancis. Cake atau bolu di kenal dengan istilah gateaux, yaitu merupakan makanan yang berasal dari adonan pastry seperti: puff pastry, shortcrust pastry,sweet pastry,choux pastry (kue sus), Genoese dan meringue.

Gateaux adalah jenis cake sederhana yang berbentuk bulat dengan bahan utama terigu dan air dengan tambahan bahan telur, madu, butter cream dan susu.

Sedangkan bolu kopi panggang adalah golongan jenis kue yang terbuat dari campuran kopi.

Proses membuatnya pun juga sama seperti pembuatan bolu panggang biasa hanya saja bolu panggang ini memiliki aroma kopi yang khas.

Kopi hitam yang digunakan untuk membuat bolu panggang ini termasuk bahan tambahan yang sangat enak dan cocok.

Bolu kopi panggang ini sama seperti yang lainnya yaitu memiliki tekstur yang sangat haus, lembut dan empuk.

Cara Membuat Bolu Kopi Panggang

1.) Bolu kopi panggang

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram butter, lelehkan
  • 40 ml minyak sayur
  • 120 gram terigu protein sedang
  • 1/2 sdt emulsifier (misal sp/ovalet)
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 sdm kopi espresso (boleh ganti 2 sachets kopi instan tanpa ampas)
  • 1/2 sdt pasta mocca.

Cara membuat:

1. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang

2. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak.

3. Jika sudah, aduk kembali hingga merata.

4. setelah itu, masukkan kopi serta pasta mocca, aduk rata dengan spatula.

5. Tambahkan butter cair dan minyak sayur, aduk kembali.

6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diberi olesan margarin dan ditaburi tepung terigu tipis-tipis, hentakkan loyang secara perlahan.

7. Panggang adonan menggunakan oven yang sedah dipanaskan dengan suhu 170 celcius, sekitar 30 menit atau sampai matang.

8. Jika sudah, keluarkan dari oven kemudian sajikan.

2.) Bolu Panggang Kopi Lembut

Bahan-bahan :

  • 6 butir telur ayam
  • 125 gr tepung terigu
  • 50 gr susu bubuk
  • baking powder 1/2 sendok teh
  • cake emulsifier 1 sendok makan
  • kopi bubuk instan 2 sachet
  • 100 gr margarine yang dilelehkan
  • gula pasir 125 gr
  • pasta coklat 1 sendok teh
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • garam halus 1/4 sendok teh

Cara Membuat :

  1. Campurkan baking powder, susu bubuk, garam, vanili bubuk dan tepung terigu, aduk rata
  2. Kocok gula pasir, cake emulsifier dan telur ayam sampai mengembang
  3. Masukkan campuran tepung terigu kedalam adonan sambil terus dikocok hingga merata
  4. Tuang margarine yang sudah dilelehkan lalu tambahkan pasta coklat sambil diaduk rata
  5. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah dioles mentega dan ditaburi sedikit tepung
  6. Panggang adonan kedalam oven sampai matang dan mengembang
  7. Angkat lalu dipotong kemudian sajikan