Categories
Uncategorized

Tempat Menyimpan Berkas Penting Agar Rapi dan Aman

Tempat-menyimpan-berkas-pentingPada kesempatan kali ini saya sedikit ingin menyampaikan mengenai beberapa tempat menyimpan berkas penting yang bisa kamu lakukan agar berkas penting kamu aman dan tidak berantakan.

Berkas adalah aset penting yang dimiliki oleh seseorang baik pribadi maupun keluarga.  Tidak dapat kita pungkiri berkas-berkas tersebut sangat mudah rusak, karena semua bahannya hanya terbuat dari kertas.

Terdapat banyak faktor yang membuat berkas menjadi rusak atau hilang, yaitu bisa karena udara yang lembab, gigitan tikus, rayap, terkena air, robek, pencurian atau bahkan karena bencana alam yang seperti sekarang ini sering terjadi mulai dari gempa bumi, banjir, longsor, kebakaran dan sebagainya.

Mengapa berkas-berkas tersebut harus disimpan dengan aman? Karena, beberapa berkas di atas bisa jadi menjadi sasaran pencurian. Namun alasan utamanya adalah orang-orang seringkali tidak cermat dalam menyimpan berkas, sehingga hilang atau rusak karena salah tempat penyimpanan.

Berkas penting rawan rusak karena terbuat dari material kertas, sehingga kamu harus berhati-hati untuk mencegah berkas tersebut robek, dimakan rayap, ataupun basah.

Pasalnya, untuk membuat kembali berkas penting yang hilang atau rusak biasanya tidak mudah. Dibutuhkan banyak persyaratan, waktu yang tidak sebentar, dan pastinya ada biaya administrasi yang harus kamu keluarkan.

Dengan begitu, bagi pemilik berkas sangat dianjurkan untuk menyimpan berkas penting dengan sangat baik. Karena untuk membuat kembali berkasnya membutuhkan perjuangan, mulai dari persyaratan yang harus dipenuhi, proses waktu yang cukup lama dan hal lainnya. Berikut tempat menyimpan berkas penting yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berkas penting :

1. Laci

Laci mempunyai ruang yang lebih banyak dan kapasitas relatif lebih besar dari brankas, pengguna bisa menempatkan lebih banyak barang yang hendak disimpan. Dari segi material, laci terdiri beberapa pilihan. Bisa terbuat dari plastik bermotif anyaman, kayu ataupun besi. Untuk menyimpan berkas dan barang berharga, perlu memastikan secara rutin kondisi barang-barang tersebut

2. Laci organizer

Laci terbuat dari kayu dengan material MDF (Medium Density Fiber), olahan kayu berupa papan dengan permukaan yang halus. Bahan ini kuat dan relatif awet. Selain itu, secara estetika, laci jenis ini bisa jadi favorit Anda karena bergaya rustic minimalis.

3. Brankas kedap udara

Brankas kedap udara bisa diandalkan untuk menyimpan berkas. Ada ruang brankas 1 lantai, ada juga yang 2-3 lantai. Untuk yang ingin menyimpan gadget agar tidak mudah berjamur atau jatuh dan rusak, bisa mengandalkan tipe dry box.

Di samping bermanfaat untuk menjaga keutuhan material berkas, brankas kedap udara juga bisa diandalkan untuk menyimpan barang-barang berharga seperti emas, gadget, dan sejenisnya.

Untuk kunci akses, brankas jenis ini ada yang menggunakan kunci mekanis yaitu berupa tuas putar yang berisi kombinasi kode yang dibuat dan disimpan pengguna. Cocok bagi yang butuh keamanan berlapis dalam melindungi harta fisik.

4. Brankas besi

Brankas besi ada yang memakai sistem keamanan manual dengan kunci fisik saja, ada juga tipe yang digital dengan memakai kode rahasia. Kode ini bisa diberikan pada siapa saja yang dipercaya untuk membuka aksesnya.

Brankas besi dengan jenis kode akses ini dioperasikan menggunakan baterai. Namun tetap diberikan kunci fisik manual sebagai antisipasi jika tidak ada pengguna yang ingat kode aksesnya. Kunci fisik yang juga disebut kunci darurat bisa dijadikan sebagai alternatif pembuka jika baterai habis.

5. Brankas tahan api

Bicara antisipasi musibah, brankas tahan api dan air bisa jadi pilihan. Jenis ini bisa ditempatkan di rumah atau kantor dengan daya tahan terhadap api bisa mencapai 1 jam dan tahan terhadap air hingga kedalaman 20 sentimeter (cm) selama 24 jam.

Selain itu, brankas jenis ini juga memiliki ketahanan terhadap benturan hingga 4,5 meter dalam kondisi pintu tertutup. Sedangkan untuk akses keamanan, selain kunci fisik dan digital dengan kode akses, bisa memilih akses brankas dengan identifikasi biometrik, yaitu menggunakan bagian dari tubuh untuk dideteksi oleh alatnya.

Sejauh ini, ada model identifikasi sidik jari (fingerprint dual biometric) namun tetap dibarengi dengan kunci tubular (kunci manual terbuat dari besi)

Itulah beberapa tempat menyimpan berkas penting yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berkas penting agar terhindar dari kerusakan ataupun pencurian berkas penting.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *