Categories
Uncategorized

Tas dari Bungkus Deterjen Murah, Mudah dan Sederhana!!!

Tas dari Bungkus Deterjen – Bungkus deterjen merupakan salah satu limbah berbahan dasar plastik yang sulit terurai. Banyak sampah plastik yang tersebar menjadi salah satu penyebab dari pencemaran lingkungan.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat tas dari bungkus deterjen. Kerajinan tangan tersebut telah banyak dikembangkan sebagai bisnis rumahan dan bisnis bersama.

Manfaat yang bisa diperoleh dari pemanfaatan bungkus deterjen menjadi bahan yang memiliki nilai seni dan nilai jual, membantu para pengembang UKM untuk terus mengembangkan usaha yang dibuat. Kemudian juga mampu mengurangi penumpukan sampah plastik yang selama ini sering menjadi masalah pada lingkungan. Berikut adalah cara yang bisa Anda gunakan dalam proses membuat tas dari bungkus deterjen.

Tas dari Bungkus Deterjen

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  • Plastik bekas kemasan detergen berukuran besar.
  • Kain lap untuk membersihkan plastik bekas kemasan.
  • Benang untuk menjahit beberapa bagian tas plastik.
  • Gunting
  • Kain polos
  • Furing
  • Ritsleting (opsional)

Cara Membuat Tas dari Bungkus Deterjen:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Bersihkan kemasan dalam detergen dengan kain lap dan jemur dibawah sinar  matahari. Lakukan dengan hati – hati agar tidak mudah kusut.
  3. Setelah di jemur, potong kemasan detergen menjadi 2 bagian. Buat lipatan 3 cm pada ujung atas dan bawah kemasan, gunting lipatan – lipatan sebesar 3 cm agar mendapat helai – helai plastik kecil.
  4. Anyam potongan – potongan plastik yang sudah dipotong. Anyam hingga bentuknya menyerupai baling – baling ( Ujung anyaman harus vertikal untuk memudahkan proses penggabungan). Lakukan sampai mendapat anyaman yang banyak.
  5. Setelahnya, anyaman – anyaman disambungkan satu sama lain. Selipkan anyaman pada bagian yang berbentuk vertikal anyaman yang lainnya. Lakukan sampai anyaman berbentuk melingkar meyerupai kantung.
  6. Setelah, anyaman berbentuk sempurna di lanjutkan dengan membuat tali tas. Sisa lipatan yang dianyam bentuk menjadi segitiga. Kemudian, hubungkan ujung segitiga yang satu dengan yang lainnya agar saling mengunci dan membentuk tali panjang.
  7. Jahit tali yang sudah jadi pada kedua ujung tas plastik. Pastikan jahitannya benar – benar kuat dan tali tidak mudah putus.
  8. Lapisi bagian dalam tas menggunakan furing. Penggunaan furing sangat bermanfaat supaya tas lebih kuat karena terdiri dari 2 lapisan.
  9. Tambahkan risleting jika diperlukan. Kerajinan tas dari plastik detergen siap digunakan.

Tas dari Bungkus Deterjen Soklin

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  • Plastik bekas kemasan deterjen cair soklin
  • Gunting
  • Renda
  • Kain flannel
  • Resleting

Cara Membuat Tas dari Bungkus Deterjen Soklin:

  1. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan.
  2. Bersihkan kemasan deterjen soklin sampai bersih, dengan air yang mengalir sampai sisa – sisa deterjen tidak ada yang tertinggal.
  3. Keringkan kemasan sampai kering dengan menjemurnya di bawah sinar matahari atau diangin – anginkan.
  4. Potong satu kemasan dengan gunting menjadi 3 bagian potongan sama besar.
  5. Setelah itu, lipat bagian pinggir potongan ke dalam.
  6. Setelah semua di lipat, rangkai satu persatu potongan menjadi anyaman yang berbentuk belah ketupat.
  7. Cara menganyamnya adalah 2 buah plastik yang sudah dilipat, masukkan salah satu lipatan ke bagian tengah lipatan lainnya,  kemudian ambil lagi sebuah  lipatan plastik lainnya selipkan pada salah satu ujung lipatan yang sudah dirangkai lebih dahulu, ambil lagi sebuah lipatan plastik masukkan kesalah satu lipatan.
  8. Setelah terbentuk satu rangkaian anyaman, lanjut merangkai anyaman hingga berbentuk memanjang sesuai selera yang digunakan sebagai dasar tas. Lakukan langkah membuat anyaman berulang hingga menjadi bentuk tas.
  9. Terakhir pasang hiasan tas seperti tali, renda, resleting, dan hiasan lainnya.

Yuk, kurangi penggunaan plastik untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kita. Gunakan kantong atau tas dari kain untuk keperluan sehari – hari. Daur ulanglah limbah plastik menjadi kerajinan tas dari plastik, tidak hanya kerajinan tas saja seperti kerajinan bunga dari plastik, dompet, tempat pensil, dan lain – lain.

Bingung cara membuatnya? kalian bisa lihat di artikel Kerajinan Tas dari Plastik, Mengurangi Limbah Plastik!!!. Ketika kalian tidak mau mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Plastik yang ada disana akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pencacah plastik dan hasil cacahannya biasanya juga dibuat kerajinan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *