Categories
Uncategorized

Baru! Resep Roti Maryam Anti Gagal yang Teruji Berhasil

Assalamualaikum Semuanya , Baru! Resep Roti Maryam Anti Gagal yang Teruji Berhasil ya kali ini itulah judul terbaru dari artikel kami yaitu resep roti maryam anti gagal pastinyaa!

Roti Maryam adalah roti yang berasal dari timur tengah tetapi sudah sangat hits dan terkenal diindonesia dan bahkan sudah menjadi makanan yang wajib ketika sudah bosan dengan mekanan yang cuma itu itu saja.

Roti Maryam Terbuat dari campuran tepung terigu dengan air yang diolah didalam mesin pembuat roti dan diadoni hingga adonan tadi kalis setelah itu dicetak sesuai dengan bentuknya dan dipanggang diatang panggangan khusus hingga matang.

Roti Maryam biasanya dimakan dengan berbagai macam makanan pendamping, yaitu kari ayam , kari kambing , kari sapi , gulai kambing, gulai ayam, gulai sapi, gulai kacang hijau, coklat, keju, blueberry dll.

Siapa sih yang ngga penasaran dengan resep roti maryam anti gagal kali ini? eits sebelum itu jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya dengan judul aneka kue kering dari tepung terigu, selamat mencoba resep kali ini!

A. Macam Macam Penyebutan Roti Maryam

Roti canai adalah roti pipih yang dipengaruhi oleh India dan umum di Indonesia. Roti jenis ini bisa didapatkan di toko-toko mamak di Singapura atau di restoran Aceh dan Sumatera Barat di Indonesia.

Di Singapura, roti jenis ini disebut roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan Polo Tower of Kerala.Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara diencerkan lalu dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau adonan bisa dioleskan setipis mungkin di atas panggangan.

Di Indonesia, pancake India dimakan dengan lamb atau lamb curry.

resep roti maryam anti gagal

  1. Roti Maryam
  2. Roti Canai
  3. Roti Konde
  4. Roti Kebab
  5. Roti India
  6. Roti Timur Tengah
  7. Roti Pipih
  8. Roti Penyet
  9. Roti Kari
  10. Roti Parata
  11. Roti Cane
  12. Flat Bread

B. Resep Roti Maryam Anti Gagal

Bahan-Bahan:

  1. 300 gr tepung terigu (Segitiga biru)
  2. 1 btr telur
  3. 50 ml minyak goreng
  4. 150 ml susu cair ( Dancow)
  5. 2 sdt Gula pasir
  6. 1 sdt garam
  7. Margarin ( blueband)

Cara Membuat Roti Maryam Anti yang Gagal :

  1. Masukkan dalam satu wadah, susu cair, minyak, telur, gula, garam lalu kocok rata dengan garpu
  2. Masukkan tepung lalu uleni hingga kalis, lalu bagi adonan bulat2 lebih kecil. Saya jadi 12 pcs.
  3. Rendam dangan minyak jangan sampai kering permukaan adonannya. Biarkan selama 2-3 jam. Lebih lama lebih baik, biar adonan jadi elastis kaya adonan martabak telur
  4. Setelah 2 jam, siap dieksekusi. Siapkan alas bersih dan kitchen utensil (saya pake alas kertas minyak, rolling pinnya botol kaca bersih bekas sirup)
  5. Cara 1 (rasa original) : Ambil 1 adonan, pipihkan hingga tipis usahakan jgn robek2 ya. Lalu olesi margarin rata dipermukaannya.
  6. Gulung adonan memanjang lalu rentangkan pelan2.
  7. Gulung berlawan arah hingga mmbentuk huruf S. Lalu ditumpuk, jadinya kaya konde. Pipihkan pelan2 dengan jari
  8. Cara 2 (ori, efek berserat) : hampir sama, pipihkan lalu olesi margarin. Iris2 memanjang adonan dengan pisau lalu gulung perlahan tidak usah mmbentuk huruf S. Lekatkan ujung gulungan dibawah adonan agar nanti ga lepas. Pipihkan lagi
  9. Versi cokelat : sama dengan cara 1, tapi sebelum digulung, letakkan taburan meises memanjang di pinggiran adonan. Gulung memanjang, gulung bentuk S, tumpuk/tekuk jadi mirip konde, pipihkan perlahan.
  10. Adonan maryam siap dipanggang. Oles tipis teflon dengan margarin.
  11. Panggang bolak-balik dengan api kecil hingga kecoklatan. Kalau mau nyetok untuk frozen, panggang maryam setengah matang lalu taruh diwadah kedap udara, masukkan freezer.
Categories
Uncategorized

Aneka Resep Kue Kering dari Tepung Terigu Wajib Dicobain!

Holla Semuanya! Judul Artikel Kali ini Aneka Resep Kue Kering dari Tepung Terigu Wajib Dicobain! pasti penasaran banget kan gimana macam macam kue keringnya? yuk simak bersama sama.

Kue Kering adalah salah satu makanan yang biasa disajikan ketika hari raya besar agama datang, kue kering ini kebanyakan memiliki rasa yang manis atau sweet oleh karena itu memiliki banyak kandungan gula yang cukup tinggi apabila dimakan dalam sekali makan sekaligus.

Kue Kering rata rata terbuat dari telur, margarin dan tepung terigu yang dicampur dan diuleni sampai kalis menggunakan mesin pembuat roti setelah itu dicetak sesuai yang diinginkan terakhir dioven dengan pemanggang kue lalu disajikan dimeja.

Tepung Terigu adalah bahan dasar dari judul artikel yang saya buat, tepung terigu terbuat dari biji gandum atau biji-bijian kacang lainnya yang diproses dan dihaluskan menggunakan mesin penghalus atau penggiling hingga berbentuk tepung.

Udah Penasaran kan untuk aneka resep kue kering kali ini, yuk simak bareng bareng eits sebelum itu jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya yang berjudul Resep Bolu Gulung Kukus Manis, Legit dan Endeul , selamat mencoba dan jaga kesehatan ya semuanya!

A. Macam Macam Tepung Terigu

Tiga jenis tepung terigu umumnya digunakan. Setiap jenis tepung terigu memiliki kandungan protein yang berbeda. Protein pada tepung terigu akan sangat mempengaruhi kelekatan adonan pada makanan.

Jenis protein pada tepung terigu adalah jenis gluten. Gluten adalah sejenis protein yang biasa ditemukan dalam gandum. Tepung terigu jelas terbuat dari bibit gandum, jadi tidak heran.

Tapi, sayangnya, beberapa orang alergi terhadap gluten jenis ini. Inilah sebabnya mengapa jenis tepung bebas gluten lain seperti tepung beras atau tepung jagung terkadang digunakan sebagai pengganti tepung.

 

  1. Tepung Terigu Protein Rendah.

Tepung terigu dengan kandungan protein yang memiliki prosentase di bawah 10% ini akan lebih cocok apabila digunakan pada jenis makanan yang tidak perlu memiliki tekstur seperti kenyal dan elastis.

 2. Tepung Terigu Protein Sedang

Jenis tepung selanjutnya adalah tepung terigu dengan kandungan protein sekitar 11% -13%. Karena kandungan proteinnya lebih tinggi dari tepung sebelumnya maka kandungan gluten pada tepung protein sedang ini lebih tinggi.

Padahal, tepung terigu jenis ini juga banyak disebut tepung multifungsi. Karena memang memiliki kandungan protein yang sedang, teksturnya tidak akan terlalu lengket ataupun kering saat dioleskan ke piring.

 3. Tepung Terigu Protein Tinggi

Jenis tepung terigu yang terakhir adalah tepung terigu dengan kandungan protein tinggi. Pada tepung terigu berprotein tinggi ini, kandungan proteinnya sekitar 14% -16%. Tentunya karena kandungan proteinnya yang tinggi maka kandungan glutennya juga tinggi.

Dan karena kandungan glutennya yang tinggi dapat membuat adonan yang menggunakan tepung terigu lebih kenyal dan elastis. Umumnya tepung terigu jenis tinggi protein ini sangat cocok untuk pembuatan mie yang membutuhkan tekstur adonan yang elastis.

B. Aneka Kue Kering dari Tepung Terigu

aneka kue kering

  1. Resep Kue Kering Semprit

Bahan-bahan:
– tepung terigu 700 gram (sangrai dan dinginkan)
– 1 sdm wijsman
– 500 gram blueband
– 400 gram gula halus
– 2 sachet vanili
– 8 butir kuning telur
– 20 gram susu bubuk full cream

Cara Membuat Kue Kering Semprit:

1. Blender Wijsman, campur pita biru dan gula halus. Masukkan kuning telur satu per satu. Aduk sampai tercampur. Masukkan susu bubuk.
2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao ke dalam satu porsi.
3. Tambahkan tepung ke setiap adonan dan aduk rata.
4. Keluarkan adonan secara berdampingan. Atur di atas loyang. Panggang dengan suhu 150 derajat.

  1. Resep Kue Kering Cream Cheese

Bahan-bahan:

– 50 g cream cheese
– 50 g butter
– 50 g gula halus
– 150 g tepung terigu protein sedang
– ½ sdt baking powder

Cara Membuat Kue Kering Cream Cheese:

1. Blender keju krim, tambahkan mentega dan gula. Masukkan bahan kering dan aduk rata.
2. Dinginkan di lemari es selama 30 menit.
3. Ambil sedikit bahan, bulatkan, lalu ratakan.
4. Letakkan di atas loyang datar.
5. Panggang pada suhu 170 ° C selama 12 menit.

Categories
Uncategorized

Resep Puding Roti Tawar Sederhana 100% Dijamin Anti Gagal

Kali ini saya akan menampilkan artikel yang berjudul Resep Puding Roti Tawar Sederhana 100% Dijamin Anti Gagal . tentunya sangat berbau bau kreasi dari roti tawar, ya roti tawar yang biasanya ada dirumah ibu-ibu . pasti dirumah masing masing ada makanan yang satu ini.

Roti Tawar adalah salah satu dari macam macam roti didunia baking. Roti tawar terkadang memiliki rasa yang gurih ada juga roti tawar yang memiliki rasa yang manis.

Roti Tawar sendiri terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum yang diolah sedemikian rupa dan dicampur menggunakan mesin pembuat roti lalu dipanggang atau dioven diatas alat pemanggang, setelah matang roti ini biasanya akan dipotong sesuai selera pembuatnya.

Sebelumnya Kami membagikan artikel yang berjudul Resep Roti Kasur Super Lembut ya, Jangan Lupa dicek dan dicoba dirumah bila ada waktu senggang. Selamat Mencoba!

A. Manfaat Roti Tawar

1. Mengandung Banyak Serat
Serat pada roti tawar sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Karena itu, Anda tidak hanya bisa menambah energi setiap hari, tapi juga melancarkan sistem pencernaan. Namun di sini, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat bahan-bahan roti tawar tersebut. Ada juga roti biasa yang tidak mengandung serat. Oleh karena itu disini anda harus memenuhi kebutuhan tubuh anda karena membutuhkan nutrisi penting.

2. Dapat Mengatasi Kapalan
Selain mengandung bahan bermanfaat, Anda sebenarnya bisa menggunakan roti biasa untuk mengatasi masalah kulit. Perlu dicatat bahwa Anda harus merendam roti putih dalam air cuka, lalu meletakkannya di kaki kapalan semalaman untuk menghilangkan kapalan dari kaki Anda.

3. Kalsium Membantu Kesehatan Tulang
Fakta membuktikan bahwa makanan sehat ini memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Bagi mereka yang ingin tulang sehat tetap terjaga, sebaiknya mempertimbangkan makan roti putih setiap hari.

B. Beberapa Cara Mengolah Roti Tawar Sederhana

  1. Roti Tawar Oles Selai

Jika roti putih lebih baik dengan selai, itu akan lebih baik. Anda juga bisa menggunakan selai di sini, seperti selai coklat, selai kacang, selai strawberry, dan selai lainnya yang bisa digunakan untuk mengolah roti tawar.

Ambil dua lapis roti tawar dan ratakan dengan selai, ratakan selai dengan sendok atau pisau. Lalu oleskan selai di permukaan roti Setelah itu, tempelkan selapis roti di atasnya

2. Roti Tawar Sandwich

Selain selai, roti biasa juga bisa diolah dengan sandwich. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama adalah membuat telur dadar dengan telur dadar kocok dan memasaknya
  • Setelah itu, masukkan roti ke dalam ketimun dan sayuran
    Untuk lapisan kedua, masukkan telur goreng.
  • Setelah semua makanan terlapisi, Anda bisa menambahkan kecap
    Kemudian tutupi dengan selembar kertas baru
  • Lalu panaskan kompor, beri margarin secukupnya, jangan sampai roti gosong

C. Resep Puding Roti Tawar Sederhana 100% Dijamin Anti Gagal

Bahan-Bahan:

  • 3 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 1 butir telur
  • 2 sachet susu kental manis
  • 2 sdm margarin
  • 650 ml air
  • 1 bungkus agar-agar
  • 100 gram gula pasir
  • 3 sdm coklat bubuk

Cara Membuat Puding Roti Tawar Sederhana:

  • sobek roti tawar. Masukkan juga telur, susu,sebagian air lalu hancurkan.
  • Lalu proses campuran bahan A sampai hancur dan lembut.
  • Sementara itu siapkan panci, masukkan agar-agar, gula pasir serta sisa air, aduk rata.
  • Tambahkan bahan yang sudah dihancurkan tadi ke dalam panci, aduk rata.
  • Lalu rebus di atas api sedang sambil diaduk2 sampai mendidih dan kental. Angkat dari kompor.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata. Satu bagian di beri larutan coklat bubuk.sisanya tetap berwarna putih.
  • Siapkan cetakan puding bervolume 1 liter, basahi dgn air.
  • Tuangkan adonan ke cetakan puding tadi
  • Tunggu Hingga Dingin
  • Potong Potong dan Siap Disajikan
Categories
Uncategorized

Resep Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer Dijamin Berhasil

Kali ini saya Kembali dengan Artikel yang baru, yaitu Resep Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer ,yang sebelumnya kami membagikan artikel Cara Membuat Gulai Kambing yang Enak  tentunya sangat menarik bukan untuk ditiru dirumah.

Resep Bolu Kukus (bahasa Inggris: Swiss roll) adalah campuran dari bahan bahan yaitu, tepung terigu, mentega, susu, vanilli dan bahan lain yang dicampur menggunakan mesin pembuat roti dan biasanya kue bolu yang dipanggang di loyang yang dangkal, kemudian diisi dengan selai atau krim mentega, lalu digulung.

Kue Bolu Kukus yang baru dikeluarkan dari oven harus segera di gulung selagi masih panas, agar tidak berubah bentuk saat digulung. Saat memanggang, kertas roti atau serbet bisa digunakan sebagai alas kue. Saat kue sudah agak dingin untuk membubarkan selai atau krim mentega, Anda bisa membuka gulungan lagi, lalu menggulung kue lagi. Anda juga bisa mengoleskan selai langsung pada kue saat kue masih panas, jadi Anda hanya perlu menggulungnya satu kali.

Butter cream bisa dibuat menjadi berbagai macam rasa, misalnya dengan menambahkan cocoa powder, vanilla atau green tea powder.

A. Apa itu Butter Cream?

Butter Cream. Nampaknya hampir semua baker sudah familiar dengan isian ini. Selain enak, butter cream juga mudah dibuat. Cream adalah sejenis krim, bahan utamanya adalah margarin dan gula pasir, dikocok hingga mengembang dan lembut.

Krim berkualitas tinggi ditandai dengan teksturnya yang lembut, tidak keras, tidak menggumpal, manis tetapi tidak pahit, berwarna putih atau kuning muda (tergantung lemak yang digunakan). Cream biasanya digunakan sebagai bahan dekoratif untuk kue atau dekorasi kue.

Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya ada banyak jenis krim? Menurut asal dan teknologi manufaktur, berbagai jenis diklasifikasikan. Anda dapat mencoba setidaknya 6 jenis mentega yang berbeda.

B. Macam Macam Butter Cream Untuk Isian Bolu Gulung Kukus :

resep bolu kukus sederhana

  • American Buttercream

American Buttercream adalah sejenis krim, sangat manis, sejauh ini merupakan jenis mentega yang paling mudah dibuat. Orang paka hanya butuh mentega, gula halus, krim dan sedikit vanili. Tidak perlu memasak!

American Buttercream memiliki warna putih gading. Rasa manis yang tinggi berasal dari penggunaan mentega yang banyak. Penting untuk menjaga suhu krim, karena krim Amerika tidak terlalu panas karena akan meleleh. Dianjurkan untuk menyimpan krim ini di lemari es.

  • Flour Buttercream

Krim tepung sebenarnya mirip dengan krim Amerika, namun rasanya tidak semanis krim Amerika. Rasanya lebih halus. Krim mentega juga bisa bertahan lebih lama pada suhu hangat karena tidak mengandung terlalu banyak lemak dan memiliki struktur dasar seperti puding. Bentuk krimnya agak keras karena dibuat dengan puding

Cara membuat butter cream adalah dengan membuat puding sederhana yang terbuat dari susu, gula dan ditambahkan tepung. Aduk tepung dan gula sebelum susu untuk menghindari gumpalan. Setelah itu masukkan kembali di atas kompor dengan api kecil hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak menggumpal pada puding.

C. Resep Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer

Bahan-Bahan:

  • 2 telur
  • 1 sdt sp
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdm Terigu
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 3 sdm minyak
  • 50 gram dcc (boleh skip)
  • Butter cream
  • Keju parut
Cara Membuat Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer:
  1. Siapkan kukusan yang tutupnya di beri kain atau lap agar air kukusan tidak jatuh ke kue
  2. Kocok telur, gula dan sp sampai putih berjejak,, aku sekitar 10 menit menggunakan kocokan manual
  3. Masukan terigu dan coklat bubuk sambil di ayak, kemudian masukan dcc cair yang sudah di campur minyak tadi
  4. Aduk hingga rata, masukan loyang yang sudah di olesi minyak, aku pake minyak tanpa di alasi lagi alhamdulilah hasilnya rapi tidak menempel dan gampang lepasnya walau masih panas
  5. Kukus 10 menit, langsung keluarkan dari cetakan, alasi lap bersih atau kertas nasi atau plastik, saya pakai lap kering yang bersih. Lalu gulung, dan simpan sampai suhunya dingin
  6. Setelah dingin, buka gulungan lalu olesi buttercream lalu tabur keju dan gulung kembali, bolu siap di sajikan