Categories
Uncategorized

Resep Sagu Keju Lapis Enak, Nikmat dan Dijamin Berhasil

Halo readers, kita berjumpa lagi. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep sagu keju lapis yang lembut, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep sagu keju lapis yang menggugah selera ini.

sagu-keju-lapis

1. Resep Sagu Keju Lapis

Waktu Memasak Persiapan :

20 menit

Memasak :

1 jam 20 menit

Jumlah Porsi

35 Potong

Bahan Membuat Sagu Keju Lapis :

  • 1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 5 lembar daun pandan
  • 20 lembar daun jeruk purut, dibuang tulang
  • 625 gram tepung sagu
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 400 gram gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh pewarna merah cabai
  • 50 ml air daun suji, dari 30 lembar daun suji, 1lembar daun pandan, dan 1 tetes pewarna hijau muda

Cara Membuat Sagu Keju Lapis

1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan jika semua bahan-bahan sudah disiapkan yaitu mengolah bahan utama seperti tepung sagu, garam dan tepung hunkwe.

2. Aduk semua bahan-bahan tersebut  sampai tercampur rata. Jika sudah seperti itu, tuangkan santan kelapa sedikit demi sedikit ke dalamnya hingga semuanya larut.

3. Setelah itu, silahkan terlebih dahulu. Ambil semua bahan-bahan sirup dan campurkan pada panci atau wadah yang lainnya.

4. Rebus semua bahan-bahan sirup tersebut dengan menggunakan api kecil hingga gula larut, serta tercium aroma harum.

5. Jika sudah seperti itu silahkan matikan kompor lalu saring.

6. Ketika sirup dalam keadaan hangat, tuangkan ke dalam bahan utama. Lalu aduk-aduk sampai merata dan saring.

7. Ambil adonan sebanyak kurang lebih 100 ml. Lalu masukan pewarna makanan merah. Jika sudah, sisihkan.

8. Untuk sisa adonan, silahkan bagi menjadi 2 bagian. Untuk bagian yang satu ditambahkan pasta pandan. Aduk sampai merata. Untuk adonan yang lainnya tetap dibiarkan berwarna putih.

Cara Membuat Kue Sagu Keju Lapis 

1. Siapkan loyang berukuran 20x20x7 cm. Olesi loyang tersebut dengan menggunakan margarin secukupnya.

2. Lalu alasi dengan menggunakan plastik bening. Ambil adonan putih dan tuangkan adonan putih tersebut sebanyak kurang lebih 100 ml ke dalam adonan.

3. Lalu kukus dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 5 menit.

4. Ambil adonan hijau dan tuangkan sebanyak 100 ml di atas adonan putih. Lalu kembali kukus selama kurang lebih 5 menit.

5. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan putih dan hijau habis.

6. Untuk lapisan yang terakhir tuangkan adonan berwarna merah. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang.

7. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan. Baru setelah itu, potong-potong dan sajikan pada tempat atau piring saji yang sudah anda siapkan.

Tips Sukses Membuat Kue Lapis

Meskipun terlihat sederhana, tetapi membuat kue lapis itu membutuhkan ketelatenan. Tidak sedikit orang yang gagal dalam membuat kue lapis. Sebenarnya, kunci sukses dari membuat kue lapis yaitu dari pemanggangan. Meskipun menggunakan puluhan telur atau butter yang banyak, pada akhirnya akan keras atau meleleh jika dipanggang dengan cara kurang tepat. Kue lapis yang terlalu keras justru akan kurang nikmat ketika dimakan. Begitu pun dengan kue lapis yang meleleh atau kurang matang, tentu saja akan tidak layak untuk dimakan.

Tips Memilih Bahan

1. Ketika membuat adonan hindari mengocok telur atau butter terlalu lama karena justru akan membuat mentega menjadi meleleh dan tekstur kue akhirnya akan terpengaruh.

2. Meskipun tidak boleh terlalu lama, sebaiknya anda tetap harus mengkocok mentega hingga mengembang.

3. Akan lebih baik jika mentega yang dikocok dimasukan ke dalam kulkas dahulu  agar dingin. Jika sudah dingin, anda bisa memotongnya kecil-kecil. Ini dilakukan agar butter atau mentega menjadi mudah dikocok.

4. Kocok mentega yang masih dingin tersebut supaya tidak mudah meleleh saat anda kocok.

5. Ketika memilih telur untuk membuat adonan kue lapis, sebaiknya pilih telur yang segar. Salah satu tanda telur keadaannya segar yaitu kuning telurnya bulat utuh, serta putih telurnya kental.

6. Pisahkan kuning telur dan putih telur dengan teliti. Kemudian kocok kuning telur yang sudah dipisahkan dari bagian putihnya tersebut hingga kental dan putih.

7. Sebelum dipecahkan, bersihkan terlebih dahulu kulit telur agar terbebas dari kotoran.

8. Gunakanlah tepung terigu protein rendah dan jangan lupa pula untuk diayak. Anda harus memastikan bahwa tidak ada terigu yang menggumpal.

Tips Memanggang Lapis 

1. Pastikan jika oven sudah benar-benar panas.

2. Panggang kue lapis dengan suhu oven tinggi, dan untuk setiap lapisannya dipanggang hanya sebentar saja atau kurang lebih selama 5 menit.

3. Setelah loyang dikeluarkan dalam oven anda bisa menekan-nekannya dengan menggunakan penekan khusus lapis, jika tidak punya anda bisa memanfaatkan alas loyang yang ukurannya lebih kecil.

4. Sebelum menekannya, pastikan penekan sudah diolesi terlebih dahulu dengan menggunakan mentega.

5. Ketika menekan kue dalam setiap lapisan sebaiknya jangan terlalu kuat. Karena akan membuat setiap lapisannya menjadi lebih tipis, atau bahkan akan menyatu dengan lapisan yang sebelumnya. Akibatnya lapisan tidak terlihat cantik karena  tidak terlihat.

6. Apabila saat memanggang muncul gelembung, segera pecahkan jika dibiarkan akan menjadi hitam atau gosong.

7. Apabila setelah pemanggangan lapisan terakhir sisi kue masih terlihat basah, maka anda bisa kembali memanggang kue dengan menggunakan api bawah selama 7-10 menit.

8. Agar tidak mengering dan keras, anda bisa menutup bagian atas kue dengan menggunakan alumunium foil. Agar adonan yang belum anda panggang tidak mencair, sebaiknya jauhkan dari oven.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat sagu keju lapis ini. Jika kalian ingin melihat resep sagu keju lapis yang lain, kalian dapat melihat di artikel resep sagu keju. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin bolu kukus santan sederhana ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel resep jagung bakar untuk mendapat referensi makanan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *