Resep Asam Padeh Ikan Tongkol Khas Padang Dengan Kuah Kental nan Pedas

Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan dan ciri khasnya masing, termasuk juga kulinernya. Salahsatu kuliner tersebut adalah resep asam padeh ikan tongkol khas padang

Asam Padeh

Asam pedas atau lebih dikenal juga dengan nama asam padeh adalah masakan andalan di Sumatera Barat, lebih tepatnya bagi suku minang. Masakan ini memiliki ciri khas rasa, siapapun yang mencoba bahkan hanya sekali akan sulit untuk melupakan rasanya.

Menurut sejarah, suku minangkabau adalah salah satu suku yang sering berpindah di masa lalu. Suku tersebut melakukan perjalan ke berbagai daratan Asia, bahkan masih terjadi sampai sekarang ini.

Penyebarannya inilah yang menyebabkan apa yang mereka bawa tersebar kemana-mana. Yang tersebar pun bukan hanya budayanya, namun kuliner khas yang dibawa mereka juga ikut populer.

Contoh kuliner tersebut yaitu resep asam padeh ikan tongkol khas Padang. Padahal sajian ini sebenarnya hanya untuk mengisi perut yang kosong saja.

Baca juga : Beraneka Ragam Olahan Ikan Pindang Tongkol Enak

Asam padeh memang makanan khas suku Minangkabau. Namun, sajian ini juga dapat ditemukan di daerah lain. Misalnya di Riau, Jambi, bahkan hingga semenanjung Malaya.

Ikan yang Dipakai Dalam Asam Padeh

Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan. Ikan diberi bermacam-macam bumbu, terutama memakai bumbu yang ekstra pedas dan asam. Ikan yang biasa dipakai adalah ikan tongkol, tuna, kakap, gurame dan juga cumi-cumi

Jenis ikan yang ada diatas dapat juga diolah menjadi menu bakaran dan dibakar menggunakan panggangan sosis

Perbedaan Asam Padeh Khas Padang Dengan Daerah Lain

Setiap daerah ternyata memiliki resep asam padeh yang berbeda. Akan tetapi, rasa yang paling menojol ialah rasa pedas dan asam sesuai namanya.

Di Riau, asam padeh disajikan menggunakan ikan patin ataupun ikan gabus. Lain halnya di Aceh, disana biasanya memakai ikan tongkol/Keueng. Dan keduanya tidak diberi tambahan sayuran.

Sedangkan asam padeh khas Minangkabau umumnya menggunakan sayuran. Tambahan sayuran tersebut ialah sebagai pelengkap masakan, sayuran yang dipakai biasanya adalah kacang panjang dan kentang.

Asam Padeh Ikan Tongkol

Asam padeh yang akan kita buat kali ini sedikit berbeda dengan masakan gulai asal Minang lainnya. Masakan gulai khas Minangkabau biasanya berkuah kental dengan santan yang pekat.

Perbedaan resep asam padeh ikan tongkol ini terlihat pada bumbu rempah dan rasa pedas yang dipakai dalam gulai. Kuah dari gulai ini tidak begitu kental, dan terasa ringan.

Resep Asam Padeh Ikan Tongkol Khas Padang

Bahan-bahan :

  • Ikan tongkol 1 ekor, potong sesuai selera
  • Perasan 1 buah jeruk nipis
  • 600 ml air
  • Asam kandis atau belimbing sayur masing-masing 2 buah
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun jeruk purut 4 lembar
  • Serai 2 helai, geprek kemudian buat simpul pada bagian bawahnya
  • Daun kunyit 2 lembar, juga disimpulkan

Bumbu Halus :

  • Cabe merah besar 10 buah, buang bijinya jika ingin tidak terlalu pedas.
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Jahe 1 ruas
  • Garam 1 sdt

Cara Membuat Resep Asam Padeh Ikan Tongkol Khas Padang :

  1. Pertama bersihkan ikan tongkol dan potong-potong sesuai selera, lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis hingga merata. Diamkan kurang lebih 15 menit.
  2. Nyalakan api dan masukan air beserta serai, daun jeruk, daun kunyit, bumbu halus, kemudian masak hingga mendidih.
  3. Setelah itu masukan potongan ikan satu per satu. Potongan ikan diusahaan terendam seluruhnya kedalam kuah agar matang dengan baik.
  4. Kecilkan api dan sesekali aduk kuah secara perlahan.
  5. Jika kuah mulai mendidih, tambahkan asam kandis dan garam.
  6. Masak hingga kuah mulai sedikit mengental dan berkurang.
  7. Terakhir sajikan selagi hangat bersama dengan nasi putih. Kalian juga dapat menambahkan potongan tomat segar

Demikian resep asam padeh ikan tongkol khas Padang. Jika kalian ingin tahu resep asam padeh yang lebih lengkap, kalian dapat membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *