Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Bawang Stik Sedap

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai cara membuat keripik bawang stik buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep keripik bawang yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, sayur nangka muda ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk keripik ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung keripik bawang didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Cara Membuat Keripik Bawang Stik Kaya Akan Khasiat

1. Resep Keripik Bawang Crispy

Bahan – Bahan :

  • 10 sdm Tepung terigu
  • tepung jagung
  • garam
  • ketumbar
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 potong bawang bombay, cincang
  • Seikat daun bawang, iris tipis
  • Segenggam daun seledri, iris tipis
  • 1 sdt minyak goreng untuk adonan
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng keripik

Cara Membuat Keripik Bawang Crispy :

  1. Didihkan air, masukkan bawang bombay yang sudah dicincang.

  2. Setelah mendidih, saring, kemudian sisihkan airnya.

  3. Campurkan tepung terigu, ketumbar, merica dan garam kedalam wadah mangkuk. Lalu aduk rata.

  4. Masukkan bawang bombay dan air bekas didihan bawang tadi ke dalam adonan. Lalu uleni jadi satu sampai kalis.

  5. Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam adonan, uleni lagi hingga menyatu. Bentuk sesuai keinginan lalu goreng.

     

2. Resep Keripik Bawang Tanpa Telur

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg tepung terigu
  • 1/4 kg tepung sagu
  • 2 batang daun seledri dan 1 batang daun bawang iris tipis
  • 1 1/2 sdm garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 100 gr margarin
  • 350 ml air
  • 5 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang

Cara Membuat Keripik Bawang Tanpa Telur :

  1. Campur tepung terigu sagu garam Lada bubuk irisan daun seledri dan bawang kedalam baskom
  2. Panaskan air margarin dan bawang putih yg sdh dihaluskan kedalam panci masak dengan api kecil aduk smp larut
  3. lalu tuang panas2 kedalam baskom yg berisi campuran tepung tadi aduk rata dgn centong
  4. Setelah adonan agak hangat uleni smp tidak ada yg menempel ditangan diamkan selama 20 mnt spy mudah dibentuk tutup dgn plastik spy adonan yg atas tdk kering
  5. Bagi adonan menjadi bbrp bagian lalu giling di no 6 lipat lalu giling lg lakukan smp habis
  6. Setelah digiling potong2 seseuai selera kotak2 / bentuk stik lalu taburi dgn terigu spy tdk lengket dan menempel
  7. Panaskan minyak goreng dgn api sedang sambil diaduk2 smp kuning kecoklatan

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Bumbu Lodeh Tewel Kacang Panjang Kesukaan Keluarga

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai  Bumbu Lodeh Tewel Kacang Panjang buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep lodeh tewel yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, lodeh tewel ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk lodeh tewel ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur nangka muda didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Bumbu Lodeh Tewel Kacang Panjang

1. Resep Lodeh Tewel Kacang Panjang

Bahan – Bahan :

  • 200 gram nangka muda rebus
  • 50 ml santan kental
  • 600 ml santan cair
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang
  • 2 buah cabe keriting
  • 6 buah cabe rawit
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas kunyit
  • 1/4 merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt penyedap rasa jamur

Cara Membuat Nangka Muda Kacang Panjang :

  1. Haluskan bumbu basah kecuali daun salam dan lengkuas. Tumis bumbu dengan sedikit minyak, masukkan daun salam dan lengkuas geprek. Rebus santan cair masukkan bu.bu tumis aduk, tunggu mendidih
  2. Masukkan nangka muda rebus dan kacang panjang
  3. Masukkan gula garam penyedap jamur,tunggu mendidih masukkan santan kental. Adul rata cek rasa
  4. Siap disajikan

 

2. Resep Lodeh Tewel Ceker

Bahan – Bahan :

  • 1/2 Kg Nangka muda
  • 1/2 Kg Ceker ayam
  • 1 Ikat daun melinjo (Godong So)
  • 1 Bungkus kelapa parut, buat santan kental dan encer
  • Minyak goreng, untuk menumis bumbu
  • Bumbu Halus :
  • 4 Siung bawang putih
  • 8 Siung bawang merah
  • 2 Ruas kunyit
  • 3 Butir kemiri
  • 1 Sdm ketumbar butir/bubuk
  • 1/2 Sdt lada bubuk
  • Garam, gula, penyedap rasa
  • 2 Ruas lengkuas geprek
  • 3 Lembar daun salam
  • 2 Lembar daun jeruk
  • 2 Buah cabe setan utuh
  • 8 Buah cabe rawit hijau utuh

Cara Membuat Nangka Muda Ceker :

  1. Potong-potong nangka muda sesuai selera, cuci bersih kemudian rebus nangka muda hingga empuk, sekitar 15 menit. Sisihkan
  2. Bersihkan ceker ayam, cuci kemudian rebus hingga air mendidih dan kotoran nya keluar. Buang air nya kemudian ganti dengan air bersih yang baru lalu rebus hingga mendidih dan ayam empuk.
  3. Siapkan bumbu halus dan pelengkap nya. Kemudian blender/haluskan bumbu halus
  4. Siapkan wajan, beri sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus tambahkan bumbu pelengkap kecuali cabe. Tumis hingga harum, berubah warna, dan mengental.
  5. Masukkan santan encer, dan daun melinjo kedalam panci rebusan ceker ayam
  6. Adding bumbu yang sudah ditumis kedalam panci, Aduk hingga rata
  7. Tambahkan nangka muda, dan cabe. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih
  8. Masukkan santan kental, test rasa. Tunggu hingga mendidih dan semua sayuran empuk + matang

 

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat lodeh tewel yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin Mantul Jiwa!

Halo gais! Ketemu lagi sama saya di artikel resep makanan hehe. Kali ini saya ingin berbagi tentang Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin sama kalian. Cara bikinnya gampang kok jangan salah tanggap yah, makanya baca artikel ku biar kalian bisa pinter masak mau masakan berat atau makanan ringan yang kayak gini.

Ohiya ada yang tahu bagaimana sejarah dari singkong sampai bisa menyerbar di Indonesia? Hmm, saya kasih tahu deh! Singkong (Manihot Utilisima), disebut juga ubi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutan-hutan. Bangsa Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

Nah gais menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekira abad ke-16. Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa. Diperkirakan singkong diperkenalkan pertama kali di suatu kabupaten di Jawa Timur pada 1852. Peningkatan pesat penanaman singkong sejalan dengan pertumbuhan penduduk Pulau Jawa yang pesat.

Dan ditambah produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk. Terkait pertumbuhan penduduk ini kemudian muncul istilah “anak singkong,” yaitu anak yang lahir karena suburnya sang orangtua, yang membuat anak tanpa mengikuti program keluarga berencana. Ini berasal dari mudahnya menanam singkong.

Hmm, ada yang baru tahu kan? hehe. Bukankah artikel ini bermanfaat sekali? jangan lupa share ke temen-temen kamu yah. Oke kita langsung aja ke inti artikel.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin

cara membuat keripik singkong pedas asin

1. Resep Keripik Singkong Pedas Manis

Bahan – Bahan :

  • 1 kg Singkong
  • 2 sdm Baking soda
  • secukupnya Garam
  • 8 cabai merah
  • 4 cabai rawit
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Cuka atau air asam jawa
  • 2 buah Gula merah aren
  • 3 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis :

  1. Kupas potong potong tipis singkong, rendam pada air yang sudah diberi baking soda dan garam.
  2. Rendam 1/2 jam. Tiriskan singkong.
  3. Goreng dengan minyak yang sebelumnya sudah dipanasi.
  4. Masukkan singkong satu satu ya agar singkong tidak hancur.
  5. Goreng dengan api sedang. Angkat setelah singkong kering.
    Buat bumbu dengan merebus cabe sampai empuk.
  6. Tiriskan cabe dan masukkan ke dalam blender bersama gula merah yang sudah disisir, gula pasir, garam, cuka, sedikit air.
  7. Tumis dengan api sedang bumbu yang sudah dihaluskan.
  8. Bila sudah mengental, matikan api. masukkan singkong ketika bumbu masih panas.
  9. Aduk hingga rata

 

2. Resep Keripik Singkong Balado

Bahan – Bahan :

  • 3 buah singkong
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt garam
  • Air hangat
  • 15 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit orange
  • 5 siung bawang putih yang sudah dikupas dengan mesin pengupas bawang
  • 2 siung bawang merah
  • Minyak secukupnya
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam
  • 2 sdm air asam jawa
  • 4 lembar daun jeruk

Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

  1. Cuci bersih singkong, lalu potong tipis-tipis ya.
  2. Masukan air hangat, garam, baking soda, dan singkong. Aduk rata. Diamkan 1 jam.
  3. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin sampai singkong kalau direndam airnya tidak keruh ya, lalu keringkan.
  4. Panaskan api sedang ke besar, setelah panas (Api harus benar-benar panas) goreng sampai kecoklatan. Jangan lupa diaduk-aduk supaya merata dan tidak gosong.
  5. Blender Bumbu halus dengan minyak, setelah itu tumis di wajan lalu tambahkan daun jeruk, gula, garem. Koreksi rasa.
  6. unggu sampai bumbunya kemerahan artinya sudah matang. Lalu tambahkan air asam jawa, aduk dan matikan api.
  7. Masukan keripik singkong, aduk rata dalam bumbu sampai terbalut rata. (Tips: Api harus mati saat mengaduk keripik supaya keripik tidak alot).
  8. Masukan dalam toples, lalu tunggu dingin baru ditutup ya. Bisa buat stock nih, Selamat mencoba!

 

3. Resep Keripik Singkong Pedas

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg singkong
  • 3 bawang putih yang sudah diiris menggunakan mesin pengiris bawang
  • 6 bawang merah
  • 3 cabe merah besar
  • 8 cabe merah keriting
  • 3 sisir Gula jawa
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap rasa
  • Air
  • Minyak

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas :

  1. Potong potong singkong. Setelah itu direndam air hangat campur garam selama 30 menit.
  2. Masukan minyak secukupnya untuk menggoreng singkong. Goreng singkong hingga pinggiran singkong terlihat berubah warna cokelat, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Lalu tumis bahan alus sampai wangi, masukan air sedikit. Masukan garam,gula,penyedap rasa dan aduk aduk lalu cicipi rasanya.
  4. Setelah menumis bumbu hingga air menyerap, matikan kompor. Diamkan bumbu hingga adem supaya dimasukan singkongkan tetap garing.
  5. Setelah bumbu adem, masukan singkong dan aduk hingga rata disingkong.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia. Investasikan waktu sebaik mungkin, coba buka warung keripik singkong di depan rumah untuk menambah penghasilan walaupun sedikit, itu lebih baik daripada hanya tiduran sambil nonton tv tapi tidak mengahsilkan apa-apa selama pandemi.

Saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik singkong yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Resep Sayur Nangka Tetelan Gurih Nagih!

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai resep sayur nangka tetelan buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep sayur nangka muda yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, sayur nangka muda ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk sayur nangka muda ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur nangka muda didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Resep Sayur Nangka Muda Tetelan

resep sayur nangka tetelan

1. Resep Gulai Nangka Tetelan Sapi

Bahan – Bahan :

  • 500 gr nangka muda, potong-potong, rebus
  • 250 gr tetelan sapi
  • Bumbu-bumbu:
  • 7 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 btr kemiri utuh
  • ketumbar
  • merica
  • kunyit
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • lengkuas, memarkan
  • tangkai serai, memarkan
  • 2 lbr daun salam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1/2 sdm garam halus, menyesuaikan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 genggam irisan bawang prey
  • 500 air
  • 500 santan kental

Cara Membuat Gulai Nangka Tetelan :

  1. Siapkan bahan sesuai resep.

  2. Haluskan bumbu kecuali yang cukup digeprek/dimemarkan.

  3. Tumis semua bumbu hingga harum.

  4. Masukkan daun prey dan daging, tumis hingga daging layu. Masukkan air. Masak hingga daging empuk.

  5. Masukkan nangka muda, masak lagi hingga bumbu meresap (kalau kurang air bisa ditambah menyesuaikan kebutuhan).

  6. Tuang santan, biarkan hingga mendidih (pada proses ini gunakan api kecil agar santan tidak pecah). Tes rasa. Angkat.

  7. Tuang di mangkuk sajikan

     

2. Resep Gulai Nangka Kikil

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg nangka
  • 1/4 kg tunjang (kikil)
  • 1/4 kg tetelan
  • 2 buah santan Kara
  • Air
  • Bumbu yg di haluskan
  • 20 buah cabe merah keriting
  • 2 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas
  • 5 buah bawang putih yang sudah dirajang menggunakan mesin perajang bawang
  • 8 buah bawang merah
  • 1 sdm garam
  • 1/2 sdt penyedap
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt bumbu sari minang (bumbu untuk rendang boleh di skip)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 batang sereh
  • daun salam
  • 5 lbr daun jeruk
  • 1 lbr daun kunyit
  • 5 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Gulai Nangka Kikil :

  1. Rebus tunjang dan tetelan selama 10 menit (saya pakai presto) untuk menghemat waktu, lalu blender cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, sereh
  2. Tumis bumbu yg telah di haluskan dengan minyak lalu iris tipis daun jeruk dan daun kunyit setelah harum masukkan irisan daun jeruk dan daun kunyit
  3. Lalu masukkan Tunjang dan tetelan masak 10 menit, tambahkan air dan kara setelah santan mendidih masukkan nangka
  4. Masukkan gula, tes rasa dan masak 20 menit

 

 

3. Resep Tumis Gori

Bahan – Bahan :

  • 200 gram Nangka muda yang sudah dipotong. (Saya beli bungkusan)
  • 5 mata Pete, belah 2
  • 2 sdm Ebi Goreng
  • Bumbu Halus:
  • 5 siung Bawang Merah
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 1 ruas Jahe
  • 2 ruas Kunyit
  • 1 butir Kemiri Sangrai
  • 3 buah Cabe Rawit (tambah jika suka pedas)
  • 5 buah Cabe Merah Kriting
  • 4 lembar Daun salam (2 untuk menumis, 2 untuk merebus Gori)
  • 1 batang Serai, memarkan
  • Secukupnya Lengkuas
  • 5 buah Cabe Hijau
  • Secukupnya Garam, Merica Bubuk dan Kaldu Bubuk
  • Bahan lain:
  • Secukupnya minyak goreng (saya pakai minyak baceman bawang)
  • 100 ml air

Cara Membuat Tumis Gori :

  1. menggunakan gori/nangka muda yang sudah siap pakai
  2. Cuci bersih nangka muda, didihkan air, beri ½ sdt garam & 2 lembar daun salam. Rebus nangka muda yang sudah dicuci bersih hingga empuk. Saya rebus -+ 15menit dengan api sedang. Jika sudah matang, cuci kembali dengan air mengalir lalu tiriskan.
  3. Haluskan bumbu. Geprek lengkuas & batang serai hingga memar.
  4. Panaskan minyak goreng. Masukkan lengkuas & batang serai, tunggu hingga harum, masukkan pula bumbu halus dan daun salam. Tumis hingga wangi.
  5. Masukkan air, irisan pete & cabe hijau. Biarkan mendidih. Setelah mendidih, masukkan garam, merica bubuk & kaldu bubuk. Aduk. Masukkan rebusan nangka muda. Tumis hingga bumbu tercampur rata.
  6. Setelah rata, tambahkan ebi goreng. Aduk kembali. Matikan api, siap disajikan.

 

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat sayur nangka yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Resep Sayur Sop Bakso Enak dan Gurih, dijamin Mantul!

Semua orang pasti tahu mengenai sayur yang satu ini. Yap sayur sop! disini saya akan membahas tentang Resep Sayur Sop Bakso Enak dan Gurih yang mudah pembuatannya, siapapun bisa membuat ini. Selain mudah sayur ini juga terkenal akan keringanan rasanya, sehingga banyak ibu-ibu yang suka membuat sayur ini.

Keringanan sayur sop ini membuat siapapun yang memakannya akan merasa ketagihan, nikmat dimakan tanpa nasi merupakan salah satu alasannya. Selain itu, lauk pendamping sayur sop terkadang bisa menjadi satu alasan mengapa sayur sop sangat digemari oleh khalayak.

Untuk anda yang merasa bahwa membuat sayur sop membutuhkan waktu yang lama atau teknik khusus maka anda salah, dengan resep yang benar dan detail maka kalian bisa dengan mudah membuat sayur ini. Jika dipertimbangkan lagi sayur sop ini bisa dijadikan usaha kecil-kecilan loh!

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur sop didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep-resep aktual yang siap membantu bisnis atau sekedar membantu anda mencari kegiatan di masa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Resep Sayur Sop Bakso Enak dan Gurih Selera Keluargaresep sayur sop bakso enak dan gurih

1. Resep Sayur Sop Bakso

Bahan – Bahan :

  • 10 buah bakso sapi
  • 2 buah wortel iris tipis-tipis
  • 1 buah kentang potong kotak-kotak
  • 1/4 buah kol iris sesuai selera
  • 5 buah buncis potong-potong
  • 1 tangkai daun bawang, seledri potong-potong
    Bawang goreng untuk topping
  • 2 liter air
  • Garam, gula, kaldu bubuk secukupnya atau sesuai selera

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang
  • 3 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica butiran

Cara Membuat :

  1. Didihkan air di panci, masukan wortel dan kentang, tunggu hingga 1/2 empuk, lalu masukan kol, buncis dan bakso sapi, aduk rata
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, masukan ke dalam panci, aduk rata, beri gula, garam, kaldu bubuk, aduk rata, koreksi rasanya
  3. Jika rasa sudah pas dan semua sayuran matang, matikan api, masukan daun bawang dan seledri, aduk rata, taburi dengan bawang goreng
  4. Hidangkan selagi masih hangat

 

2. Resep Sayur Sop Ayam Jagung

Bahan – Bahan :

  • paha ayam potong dadu
  • jagung manis
  • telur putih dikocok
  • jahe digeprek
  • 1 siung bawang putih dicincang
  • 800 ml air kaldu ayam
  • 250 ml air putih
  • 1,5 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Daun bawang putih
  • Minyak goreng secukupnya

Cara buat:

  1. Blender kasar jagung dan air putih, sisihkan
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih yang sudah dirajang dengan mesin perajang bawang dan jahe hingga harum. Masukkan air kaldu, ayam dan jagung yang sudah diblender
  3. Beri garam, lada, kecap asin, kaldu jamur. Aduk rata dan Masak hingga mendidih
  4. Buat larutan tepung maizena dengan sedikit air, lalu masukkan ke sup jagung, aduk rata dan masak hingga meletup-meletup
  5. Tambahkan putih telur perlahan sambil diaduk hingga membentuk serabut. Terakhir masukkan minyak wijen , angkat
  6. Sajikan selagi hangat dan taburi bawang goreng

 

3. Resep Sayur Sop Ikan Kakap

Bahan – Bahan :

  • 250 gr daging ikan kakap, potong dadu, lumuri perasan jeruk nipis
  • 50 gram jamur kancing kaleng, iris
  • 50 gram shell makaroni (bentuk kerang), rebus
  • 4 buah crabstick, potong-potong
  • 1 daun salam, sobek-sobek
  • 2 daun jeruk, sobek-sobek
  • 1 sereh, geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 3 sdm air asam jawa kental
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Gula dan kaldu jamur secukupnya
  • Potongan tomat ceri
  • Rawit utuh
  • Seledri
  • Daun bawang iris
  • 1 Liter air

Bumbu halus:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 8 cabai keriting (sesuai selera)
  • 5 cabai rawit (sesuai selera)
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

  1. Didihkan air, masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas. Masak hingga wangi
  2. Tambahkan air asam jawa, air jeruk nipis, gula dan kaldu jamur
  3. Jika dirasa sudah pas asam pedas dan manisnya, masukkan ikan
  4. Bila ikan sudah matang, masukkan jamur, shell makaroni, crabstick, potongan tomat ceri, rawit utuh, seledri dan daun bawang
  5. Siap disajikan selagi hangat
  6. Setelah membuat sayur sop, bawang juga dapat dijadikan bahan untuk membuat kue bawang loh, pasti enak jika menggunakan resep kue bawang ini!

 

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia. Investasikan waktu sebaik mungkin, coba buka warung sayur sop didepan rumah untuk menambah penghasilan walaupun sedikit, itu lebih baik daripada hanya tiduran sambil nonton tv tapi tidak mengahsilkan apa-apa selama pandemi.

Saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat sayur sop yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Cara Buat Agar-agar Santan Pandan yang Mudah dan Murah

Dalam artikel ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai Cara Buat Agar-agar Santan Pandan yang Mudah dan Murah. Namun, sebelum menuju ke resep-resepnya saya ingin mengajak kalian untuk melihat penjelasan singkat mengenai agar-agar. Yuk, simak di bawah ini!

Apa itu Agar-agar?

Agar-agar adalah makanan yang terbuat dari jenis rumput laut atau yang biasa disebut algae. Algae yang sering digunakan sebagai suplemen atau obat ini memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi.

Algae memiliki jenis yang beragam, namun untuk agar umumnya dibuat dari red algae atau alga merah.

Di Negara Sakura, agar seringkali digunakan sebagai makanan penurun berat badan. Agar ini biasanya disebut “kanten”, nah sebutan untuk diet dengan mengonsumsi agar disebut dengan “diet kanten”.

Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal makanan manis ini. Tahukah kamu ada berapa jenis agar-agar di pasaran? Tentu umumnya orang akan menjawab 1 yaitu bubuk.

Rupanya, jawaban tersebut kurang tepat lho!

Jenis agar-agar di pasaran terdiri dari 3 jenis yaitu yang berbentuk batang, bubuk, dan juga kertas. Namun saat ini, agar-agar berbentuk batang dan kertas sudah jarang ditemui.

Agar-agar Santan

Dulu, agar-agar hanya dicampurkan dengan perasa buah dan juga gula sebagai penambah rasa. Sedangkan sekarang, ada banyak kreasi dari agar-agar yang salah satunya adalah agar-agar santan.

Agar-agar yang memiliki rasa manis dan lembut ketika dicampurkan dengan santan, akan memiliki rasa yang manis dan gurih.

Rasa yang terbilang unik ini rupanya digemari banyak orang terutama Indonesia. Karena masyarakat Indonesia lebih menyukai cita rasa yang kaya. Dengan tambahan santan, agar-agar akan memiliki rasa yang creamy.

Manfaat Agar-agar Santan

Lalu apa saja manfaat penting yang didapat tubuh setelah mengonsumsi agar-agar? Di bawah ini merupakan manfaat agar-agar (dalam dosis yang wajar) yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Membantu mengendalikan gula darah

Manfaat ini didapat selama dalam pembuatannya tidak menggunakan gula dalam jumlah yang banyak. Agar-agar dapat secara efektif mengendalikan gula darah dikarenakan kandungan tertentu yang dimiliki algae.

  1. Mengatasi sembelit

Agar-agar mengandung serat yang cukup tinggi. Hal lainnya yang dipercaya mampu mengatasi sembelit juga karena agar-agar memiliki tekstur yang lembut sehingga mampu mengurai feses dengan lebih baik.

Cara Buat Agar-agar Santan Pandan Mudah dan Murah:

cara buat agar agar santan

Bahan Agar-agar Santan:

  • 1 sch agar plain
  • 3 sdm tepung maizena
  • 3 gelas / 600 ml air santan
  • 1 vanili bubuk
  • 5 sdm gula putih
  • 2 Daun pandan atau 1 sdt perasa pandan

Cara Buat Agar-agar Santan Pandan:

  1. Campurkan semua bahan menjadi 1 ke dalam panci. Aduk-aduk hingga merata, kemudian rebus semua bahan dengan api sedang. Terus diaduk-aduk supaya adonan tidak menggumpal.
  2. Setelah mendidih, matikan api dan tunggu hingga uap panasnya hilang. Lalu bagi adonan menjadi 2, setengah letakkan di cetakan sedangkan sisanya biarkan di dalam panci.
  3. Adonan yang berada di cetakan biarkan agak memadat. Adonan yang berada di dalam panci direbus ulang dengan menambahkan daun pandan atau perasa pandan. Tunggu hingga mendidih, lalu matikan kompor.
  4. Setelah itu, cek apakah permukaan atas dari adonan putih sudah sedikit mengeras, letakkan adonan pandan di atasnya.
  5. Setelah agar-agar sedikit hangat, masukkan ke dalam kulkas. Tinggalkan selama 2 – 4 jam.
  6. Agar-agar santan pandan, siap dinikmati!
Bagaimana? Mudah bukan cara buat agar-agar santannya?

Ternyata untuk membuat agar santan ini, semudah cara membuat pudding ya? Walaupun tanpa menggunakan topping apapun, rasanya akan terasa kaya karena adanya santan.

Topping juga dapat dipilih bagi kamu yang ingin menambah kaya rasa agar-agarnya. Topping yang bisa dipilih adalah ice cream. Resep ice cream lembut pun sangat mudah.

Namun, bagi kalian yang tidak menyukai santan, dapat mecoba cara buat agar-agar kreasi lainnya. Seperti agar-agar coklat dengan vla, agar-agar tutty fruity, dan yang lainnya.

Sekian artikel saya mengenai Cara Buat Agar-agar Santan Pandan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, dan selamat mencoba!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jenang Grendul Ketan Sendiri Dengan Mudah Dirumah

Di Yogyakarta sendiri, jajanan pasar kerap kali menjadi salah satu pilihan makanan untuk sekedar camilan atau untuk pengganti sarapan. Salah satu dari banyaknya jajanan pasar yang ada di Yogyakarta, jajanan dengan nama jenang grendul lah yang cukup terkenal.

Jenang Grendul Ketan

jenang grendul

Kata grendul diambil karena jenang / bubur yang memiliki rasa gula merah ini ada bola-bola kecilnya. Sebutan lain jenang grendul adalah bubur candil. Tetapi keduanya memiliki perbedaan, yang membuatnya berbeda adalah penggunaan air kapur di dalam pembuatan Jenang Grendul ini, namun bentuk dari Jenang Grendul ini memang mirip sekali dengan Bubur Candil yang bulat-bulat dengan tekstur yang kenyal dan manis yang disiram dengan kuah santan dan air gula merah.

Salah satu menu yang paling sering ditemui di pasar adalah Jenang Grendul. Jenang khas Yogyakarta ini biasanya berbentuk bulat dan berwarna cokelat. Namun, tak sedikit masyarakat yang mengubah warnanya agar terlihat lebih menarik.

Tidak perlu keluar rumah untuk membeli Jenang Grendul karena bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah. Cara membuat jenang dikenal cukup rumit dan panjang dalam proses pengolahannya. Sama halnya dengan pembuatan dodol, resep dan pembuatan jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol ketan hitam. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah.

Jika kalian tertarik dan berniat membuat jenang dirumah dengan jumlah produksi yang banyak, penggunaan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan. Pada dasarnya alat pengaduk dodol itu juga dapat digunakan untuk memasak atau mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya. Dengan menggunakan mesin ini dapat membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat jajanan ini dengan jumlah produksi yang banyak.

Jika kalian tertarik ingin membuat Jenang Grendul Ketan, kalian bisa simak artikel ini. Karena pada artikel ini akan dipaparkan beberapa Resep dan Cara Membuat Jenang yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep Jenang Grendul ini cukup sederhana, jika kalian tidak percaya langsung saja cek bahan-bahannya dan cara membuatnya dibawah ini.

Resep Dan Cara Membuat Jenang Grendul Ketan

jenang grendul

Resep Jenang Grendul Ketan

Bahan-bahan :

  • 250 gram tepung ketan
  • 150 gram tepung beras
  • 350 ml santan
  • 300 gram gula merah
  • 1 sdt air kapur
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam
  • 50 ml air

Cara membuat jenang grendul ketan :

  1. Ambil 50 gram tepung ketan, 25 gram tepung beras, 1 sdt air kapur, dan 50 ml air, campur hingga menjadi adonan grendul, buat bulatan-bulatan sebesar telur cicak, sisihkan
  2. Campur 100 gram tepung ketan, 100 gram tepung beras
  3. Masak santan, gula merah, pandan, dan garam lalu saring, tuangkan pada tepung beras dan ketan, aduk rata
  4. Siapkan wajan yang anti lengket, masukan adonan jenang kedalam wajan,lalu masak hingga adonan setengah matang
  5. Selagi memasak jenang, masak juga air sekitar 500 ml, lalu rebus bulatan-bulatan tepung ketan hingga matang dan mengapung, setelah itu angkat dan tiriskan
  6. Masukkan bola-bola ketan yang sudah direbus ke dalam adonan jenang, aduk kembali masak hingga matang sempurna, angkat
  7. Tuang kedalam loyang/cetakan yang sudah dioles minyak. Dinginkan
  8. Keluarkan dari cetakan, hias dan siap dikirim

Jenang Grendul yang lezat ini bisa kalian nikmati sebagai makanan penutup atau sebagai kudapan di siang hari. Jenang Grendul bisa kalian santap hangat maupun dingin, jika tidak ingin rasanya berubah ketika ingin menyantapnya dingin, Kalian harus memasukan terlebih dahulu Jenang Grendul ini ke dalam lemari es ya.

Nah itu dia tadi tentang jenang grendul ketan dan cara membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Kalian jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman mu ya !.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Cara Membuat Jenang Grendul Ketan Sendiri Dengan Mudah Dirumah. Baca juga berbagai macam artikel yang menarik dan inspiratif lainya pada website ini !

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Steak Daging Sapi Ala Restoran Yang Mudah

Hallo semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat steak daging sapi ala restoran yang pasti dijamin enak dan bisa dibuat dirumah tanpa ribet. Selain lebih murah, steak daging yang dibuat sendiri dirumah tentunya tidak kalah enak ditambah juga dengan porsi yang lebih puas.

Simak langsung yuk berikut ini caranya!

1. Tenderloin Steak Dengan BBQ Sauce
Bahan :

160 gr daging tenderloin atau has dalam

Bahan Sayuran :

50 gram wortel
50 gram lobak
50 gram buncis
50 gram jagung biji (kalengan)

Bumbu :

10 gram paprika bubuk
5 gram bawang putih bubuk
1 sendok makan minyak goreng
1 sendok teh garam

Bahan Saus Barbeque :

1 siung bawang putih ( cincang )
1 cm jahe ( cincang )
1/2 butir bawang bombay ( cincang )
5 sendok makan saus tomat
1 sendok teh saus inggris
1/2 sendok teh mustard
1/2 sendok teh oregano
2 lembar bayleaf atau daun salam inggris
Garam, merica, dan gula pasir secukupnya saja

Hash Brown Potatoes :

1 buah kentang besar
1 butir telur ayam
1/2 sendok teh pala bubuk
Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat Tenderloin Steak Dengan BBQ Sauce :

1. Pertama, rendam daging dengan bumbu perendam selama sekira 10 menit.

2.  Panggang daging di atas bara api sampai kematangan yang diinginkan.

3. Untuk membuat sausnya, caranya tumis bawang putih, jahe cincang dan bawang bombay sampai harum. Kemudian masukkan saus tomat, saus inggris, mustard, oregano, bayleaf, garam, merica, gula pasir, dan air. Biarkan hingga airnya mendidih dan mengental. Kemudian angkat.

4. Untuk membuat has brown potatoes, caranya parut kasar kentang kukus, kemudian masukkan telur, garam, merica, dan pala, lalu aduk rata menjadi adonan, selamjutnya bentuk bulat atau sesuai selera dan goreng sampai kecokelatan warnanya. Setelah itu angkat.

5. Untuk sayurannya, semua sayuran yang telah dipotong-potong direbus, lalu tumis dengan sedikit margarin dan tambahkan garam, merica, serta merica secukupnya.

6. Untuk penyajiannya siapkan piring ceper, lalu hidangkan tenderloin steak, kemudian siram dengan saus BBQ, dan beri potatoes serta sayuran. Agar lebih menarik, buatlah garnish sesuai selera kalian.

7. steak siap disajikan di piring cantik.Dan untuk yang mau tau lengkap pembuatan saus BBQ  bisa baca pada artikel Bumbu Barbeque Daging Sapi Bakar.

2. Sirloin Steak Daging Sapi

Bahan Sirloin Steak Daging Sapi:

2 potong daging Sirloin Steak masing-masing 200 gram
2 sendok makan mentega

Bumbu :

1 sendok makan kecap jepang
1 sendok teh jahe parut
2 sendok makan saus BBQ
1 sendok teh arak masak
1 sendok makan minyak sayur
1 sendok teh makan saus hoisin
1 sendok teh bawang putih ( haluskan )

Bahan Saus Sirloin :

1 sendok makan mentega
15o gram bawang bombay ( di iris tipis )
1/2 sendok makan tepung terigu
150 ml susu segar
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Sirloin Steak :

1. Pertama, potong daging dengan Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku, campurkan semua bahan rendaman, kemudian rendam potongan daging selama kurang lebih 1 jam.

2. Selanjutnya panaskan mentega, masak setiap potongan daging sampai matang kedua sisinya, setelah itu angkat.

3. Selanjutnya kita buat saus, caranya panaskan mentega, tumis bawang bombay sampai layu. Kemudian masukkan tepung terigu, lalu aduk sampai menggumpal. Selanjutnya tuangkan susu, aduk sampai meletup-letup. Lalu bubuhi garam dan merica, Setelah itu angkat.

4. Untuk penyajiannya yaitu, siapkan piring saja, letakkan daging diatas piring, kemudian siram dengan saus, dan siap untuk disajikan.

3. Beef Steak BBQ

Bahan – Bahan Beef Steak BBQ :

2 potong rib eye steak
1 buah wortel, potong dadu
5 buah buncis, potong
1 buah jagung manis, sisir
1/4 sdt lada hitam
Garam secukupnya
2 sdm saus BBQ
2 sdm margarin
200 gram kentang, kukus, haluskan
75 gram keju, parut

Cara Membuat BBQ Steak :

  1. Pertama, tusuk daging menggunakan garpu, lalu lumuri daging dengan lada hitam, garam dan saus BBQ secara merata, diamkan semalaman di kulkas.
  2. Lalu, rebus wortel dan jagung hingga setengah matang, lalu masukkan buncis rebus hingga matang, sisihkan
  3. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan keju, aduk hingga merata, dan sisihkan.
  4. Panaskan dahulu teflon lalu beri margarin lalu panggang daging masing-masing sisi 5 menit, atau tergantung kematangan masing-masing. Angkat sajikan bersama mashed potato, dan mix veggie.

Nah, bagaimana mudah kan caranya? untuk yang mau tau resep lengkapnya bisa baca di artikel Resep Steak Daging. Semoga bermanfaat trimakasih yaa jangan lupa mampir diartikel-artikel selanjutnya..

Categories
Uncategorized

Resep Smoothies Mangga Yoghurt, Enak Dan Nyegerin!

 

Membuat smoothies mangga sangat mudah dibuat dan dapat dilakukan oleh siapapun. Kali ini saya akan membagikan cara membuat smoothies mangga yang dicampur dengan yogurt  yaitu resep smoothies mangga yoghurt.

Minuman segar memang banyak. Tapi, tidak semua termasuk dalam kategori sehat. Kalau ingin membuat yang segar dan juga sehat, mungkin Anda patut mempertimbang untuk membuat resep smoothies mangga oghurt berikut ini. Pembuatannya juga mudah dan praktis. Supaya hasilnya memuaskan, simak penjelasannya hingga tuntas ya.

Cuaca panas begini enaknya minum yang segar-segar ya. Apalagi  membuat smoothies mangga yoghurt pastinya nyegerin. Smoothies mangga hampir sama dengan jus mangga, bedanya jika smoothies menggunakan susu dan tekstur smoothies lebih kental dan padat daripada jus. Segelas smoothies mangga cukup mengenyangkan.

Mangga ialah salah satu buah musiman. Tidak tiap hari ada di toko buah ataupun di pasar atau swalayan. Kalaupun ada pas tidak musimnya, harganya bisa mahal sekali. Padahal kalau di musim mangga, harganya  murah sekali. Mangga punya banyak sekali jensnya. Ada arum manis, manalagi, mangga golek dan masih banyak lagi. Dari sekian jenis mangga, tidak sedikit orang yang suka mangga arum manis. Selain rasanya manis, daging buahnya juga tebal.

Smoothies mangga campur yoghurt membuat minuman ini kaya akan manfaat, baik dari buah mangga maupun dari yoghut. Keduanya sama-sama banyak mengandung manfaat yang baik untuk tubuh. Apalagi untuk ibu hamil, yoghurt memounyai banyak manfaat bagi ibu hamil yang mengonsumsinya. Berikut adalah resep smoothies manga yoghurt.

Resep Smoothies Mangga Yoghurt

Bahan-Bahan:

  • 1 buah mangga, potong potong
  • 3 sdm Susu kental manis
  • 1 botol plain yoghurt
  • Air matang secukupnya
  • Es batu jika suka

Langkah Resep Smoothies Manga Yoghurt:

  1. Siapkan susu kental manis, mangga, dan yoghurt.
  2. Masukkan yoghurt, susu kental manis, dan mangga ke dalam blender.
  3. Tambahkan es batu dan air matang secukupnya.
  4. Blender semua bahan sampai halus dan lembut.
  5. Tuang ke dalam gelas saji.
  6. Smoothies mangga yoghurt siap dinikmati. Jika smoothies Anda terdapat sisa, Anda bisa menyimpannya ke dalam lemari pendingin minuman agar smoothies awet.

Manfaat Yoghurt Bagi Ibu Hamil

1. Sumber Kalsium

Karena berasal dari susu, yogurt juga menjadi sumber kalsium terbaik. Dalam satu kemasan yogurt tanpa lemak terdapat sekitar 256 mg kalsium. Kalsium yakni salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Karena, kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan perkembangan janin, serta mencegah ibu terkena osteoporosis.

2. Sumber Probiotik Dan Menjaga Kesehatan Usus

Pada masa kehamilan, tidak sedikit para ibu mengalami gangguan pencernaan sembelit. Probiotik pada yogurt mampu mengatasi masalah sembelit pada ibu. Selain itu probiotik juga menjaga pencernaan ibu hamil serta membantu perkembangan saraf bayi.

Selain sembelit, masa kehamilan terkadang menimbulkan masalah pada kesehatan usus. Dengan mengonsumsi yogurt, kesehatan usus ibu hamil akan lebih meningkat sehingga menunjang penyerapan nutrisi dari makanan dan minuman. Yogurt juga mengandung zat asam dari bakteri baik yang bisa mencapai usus dalam waktu yang cepat.

3. Meningkatkan Asupan Protein

Protein yang terdapat dalam yogurt mampu menjadi sumber tenaga bagi ibu hamil. Sebab banyak ibu hamil yang mengeluhkan rasa lemah dan lemas selama masa kehamilan. Untuk itu protein akan membuat ibu lebih bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Cacat tabung saraf dapat terjadi jika ibu kekurangan asupan asam folat pada trimester pertama. Nah, yogurt juga bisa memberikan asam folat bagi ibu hamil lho! Karena dalam 1 kemasan yogurt ditemukan sekitar 18 mcg asam folat. Sehingga dengan mengonsumsinya bayi terhindar dari masalah kesehatan saraf dan motorik yang cukup serius.

5. Memberi Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi pelengkap yang dapat membantu dalam proses penyerapan kalsium. Maka jika kekurangan kalsium, ibu dan janin juga berisiko mengalami masalah kesehatan tulang dan jaringan yang sangat serius. Untuk mengatasi masalah kekurangan kalsium, ibu hamil dapat mengonsumsi yogurt yang memiliki kandungan vitamin D. Sebab dalam 1 kemasan yogurt terdapat sekitar 5 IU vitamin D yang membantu proses penyerapan kalsium.

Tips Memilih Buah Mangga Yang Benar

Inilah cara memilih buah mangga yang benar:

1. Jangan Dilihat Dari Kulitnya

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa buah mangga tak bisa diukur kematangannya berdasarkan warna kulit. Jumlah varian buah mangga banyak dan warna kulitnya pun berbeda-beda. Dengan melihat warna kulitnya saja, tak bisa menjadi patokan untuk menentukan kematangannya. Jika hanya memilih buah mangga berdasarkan warna kulit, maka belum tentu Anda mendapatkan buah mangga yang matang dan manis.

2. Pegang Mangganya

Pandai  memilih harus Anda lakukan untuk mendapatkan buah mangga yang enak dan manis. Anda perlu memegang dan meremas buah mangga dengan pelan. Jika terlalu lunak, maka buah tersebut tandanya sudah terlalu matang. Sedangkan, jika terlalu keras, maka tandanya buah itu belum matang.

3. Mencium Aromanya

Cara berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencium aromanya. Buah mangga yang sudah matang biasanya mempunyai aroma yang wangi. Untuk memastikannya, dekatkan buah mangga ke hidung Anda agar lebih bisa mencium aroma tersebut. Namun jangan membelinya jika buah mangga tersebut tidak mempunyai aroma yang wangi karena dipastikan buah tersebut belum matang.

4. Hindari Terdapat Banyak Bintik

Buah mangga yang enak dan manis biasanya memiliki kulit yang terlihat mulus. Jika pada kulit buah terdapat banyak bintik atau memar, maka jangan membelinya karena kondisi buah sudah tidak baik. Itulah cara memilih buah mangga yang benar. Dengan pemilihan yang cermat, tentunya Anda akan mendapatkan mangga dengan daging buah yang tebal dan juga manis.

Jadi, jangan sampai Anda salah memilihnya ya jika ingin mendapatkan buah mangga yang bagus dan manis. Resep smoothies mangga yogghurt di atas mudah sekali bukan? Selamat mencobanya di rumah ya!

 

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Bubur Ketan Putih Yang Gurih Dan Lezat Dirumah

Bubur ketan merupakan hasil olahan dari beras ketan, teksturnya lembut dan rasanya yang legit sudah sangat familiar di lidah masyarakat. Manfaat ketan di antaranya, meningkatan daya tubuh, melawan kanker dan penyakit jantung, menjaga kesehatan pencernaan, dan mencegah anemia. Begitu banyak manfaat yang dapat diberikan oleh bubur ketan hitam ini, sehingga hidangan ini sangat pas untuk dijadikan hidangan saat sore hari.

Bubur Ketan

bubur ketan putih

Di indonesia beras ketan sangat mudah di jumpai di pasaran, sehingga banyak masyarakat yang membuat berbagai macam kreasi makanan yang menggunakan bahan dasar beras ketan. Selain banyak digemari, cara membuat olahan dari beras ketan ini juga cukup mudah lho. Bahan-bahan yang digunakan pun tak sulit dijumpai dan menggunakan alat yang sederhana.

Membuat Bubur cukup mudah dalam proses pengolahannya. Resep dan pembuatan bubur ketan pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol. Meskipun demikian, membuat dodol dikenal lebih panjang dan lama proses pembuatanya karena dodol prosesnya pembuatanya cukup lama menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan.

Bila kalian tertarik mengetahui resep olahan ketan lainya seperti resep bubur ketan putih dan resep dodol ketan hitam bisa mengunjungi website ini

Jika kalian berminat membuat Bubur Ketan Putih, berikut ini saya paparkan beberapa Resep Bubur Ketan Putih yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep Dan Cara Membuat Bubur Ketan Putih

bubur ketan putih

Resep Bubur Ketan Putih

Bahan – bahan :

  • 100 gr beras ketan
  • 1250 ml santan encer
  • 2 lbr daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm kelapa parut (bisa skip)
  • 100 gr gulmer (aq mix gula pasir juga)

Saus santan:

  • 300 ml santan kental
  • Sedikit garam
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/2 sdm maizena, larutkan dg air

Cara Membuat Bubur Ketan Putih :

  1. Rebus beras ketan dengan 750ml santan cair dan daun pandan hingga empuk
  2. Lalu rebus gula merah dengan sisa santan sampai gula larut, lalu saring
  3. Jika beras ketan telah merekah, sisihkan 5 sendok sayur (bisa skip, hanya supaya ada yg kasarnya saja), lanjut rebus sampai dg tekstur yg diinginkan lalu masukkan air rebusan gulmer
  4. Masukan irisan tipis kelapa (kelapa parut) kedalam bubur yg tadi disisihkan, masak sebentar sampai matang
  5. Membuat kuah santan : rebus santan kental, garam & daun pandan hingga mendidih sambil terus diaduk, tuang larutan maizena, masak sebentar, matikan api
  6. Sajikan bubur ketan putih bersama kuah santan
  7. Bubur ketan putih siap di nikmat

Resep Bubur Ketan Putih Merah

Bahan – bahan :

  • 250 gram Beras Ketan
  • 250 gram Gula merah (sisir halus)
  • Secukupnya air (sesuai selera mau halus sekali atau biasa)
  • 1 bks Vanili
  • 1 bks santan kara
  • 1 sdt garam halus

Cara Membuat Bubur Ketan Putih Merah :

  1. Cuci beras santan dan didihkan dengan air secukupnya. Setelah mendidih matikan api. Biarkan 7 menit sampai ketan mengembang.
  2. Didihkan kembali, tambahkan vanili dan santan kara dan garam masak sampai tektur yang di inginkan
  3. Pisahkan 1/4 bagian ke mangkok lain, lalu tambahkan garam sampai dirasa asinnya cukup.
  4. Beri gula merah pada bagian yang disisakan, aduk hingga rata, cicipi untuk memastikan rasa manisnya pas dengan selera. Matikan api
  5. Sajikan bubur ketan bersama santan
  6. Bubur ketan putih merah siap di nikmati

Resep Bubur Ketan Putih dan Hitam (Black and White)

Bahan – bahan :

  • 100 gram ketan putih
  • 100 gram ketan hitam
  • 1 bungkus santan instan
  • 1000 ml air
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt maezena

Cara Membuat Bubur Ketan Putih dan Hitam :

  1. Rendam ketan hitam dan putih kurang lebih sekitar 30menit, lalu di cuci bersih dan masak ketan di dua wadah yang berbeda
  2. Masak ketan hingga menjadi bubur
  3. Setelah menjadi bubur masukan gula pasir gula merah dan sedikit garam beri maezena yg sdh dicairkan. Aduk terus adonan hingga air berkurang
  4. Jika kadar air sudah berkurang, lalu angkat bubur ketan
  5. Langkah selanjutnya buat santan dengan memasukan air ke panci dan santan kara beri 1/2 sdt garam, Aduk – aduk agar tidak menggumpal  kemudian angkat
  6. Sajikan bubur ketan bersama santan
  7. Bubur ketan black and white siap di nikmati

Nah itu dia tadi beberapa resep dan cara membuat bubur ketan putih yang bisa anda coba dirumah.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa share artikel ini ke saudara dan teman kalian ya!.