Categories
Uncategorized

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Apa kabar tmn-temen,dikali ini aku aknĀ  menjelaskan artikel tentang manfaat sabut kelapa untuk tanaman!

manfaat sabut kelapa untuk tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Pengertian sabut kelapa

Sabut kelapa adalah hasil samping dari buah kelapa.Perlu kita tau bahwa buah kelapa yang memiliki potensi tertinggi yaitu di Indonesia.Tauhkah kamu bahwa sabut kelapa sangat bermanfaat bagi tanaman.

Sabut kelapa ini sering dimanfaatkan oleh petani sebagai pupuk organik untuk tanamanya agar subur.Nah, disini kita akan mencarai tau bagaimana sih menjadikan sabut kelapa menjadi lebih bermanfaat bagi tanaman!.

Salah satau pemanfaatan sabut kelapa untuk tanaman yaitu sabut kelapa yang diolah menjadi cocopet atau disebut sebagai serbuk sabut kelapa.

Pengertian cocopeat

manfaat sabut kelapa untuk tanaman

Saat kita bercocok tanam, tak hanya tanah yang bisa kita andalkan sebagai media tanam. Masih ada media tanam lain yang bisa kita gunakan contohnya cocopeat salah satunya.

Media tanam organik ini memiliki kualitas tak kalah bagus dengan tanah. Cocopeat adalah media tanam yang dibuat dari sabut kelapa yang sudah kita olah dan diproduksi dengan mesin pengolah sabut kelapa hingga menjadi serbuk sabut kelapa atau cocopat.

Kita bisa menemukan cocopeat di negara-negara tropis dan kepulauan, seperti Indonesia.Banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan menggunakannya.

Baik untuk kita gunakan bersama tanah,campuran pupuk atau berdiri sendiri. Cocopeat juga banyak dipilih sebagai pengganti tanah oleh para petani dan para pekebun.

Kelebihan Cocopeat:

Kelebihan cocopeat dibanding media konvensional lainnya yaitu mampu menampung air dan menahannya hampir 10 kali lipat dari media tanah, serat yang dimilikisabut kelapa juga tangguh namun ringan juga tahan terhadap unsur-unsurnya.

Komposisi cocopeat yaitu terdiri dari 75% karbohidrat, dan 25% lignin. Karbohidrat yaitu golongan selulosa polisakarida kompleks.

Dengan cadangan selulosa dan lignin yang sangat tinggi, cocopeat dapat kita manfaatkan menjadi sumber makanan dan tempat berkembang biak yang baik bagi mikroorganisme yang menguntungkan untuk tanaman kita.

Inilah beberapa mikroorganisme menguntungkan pada bagian akar yang dapat berkembang biak dengan baik di media cocopeat yakni rhizobacteria (PGPR) dan beberapa jenis mikoriza.

Cocopeat memiliki kandungan kalium (K) dan fosfor (P) yang tinggi, selain itu juga mengandung unsur nitrogen (N), kalsium (Ca), magnesium (Mg), boron (B), klorin (Cl), tembaga (Cu), besi (Fe), mangan (Mn), molibdenum (Mo) dan seng (Zn) itulah kandungan yang sangat baik untuk tanaman yang perlu kita ketahui.

Unsur hara tersebut merupakan unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman kita dalam menunjang kebutuhannya.

Cocopeat juga bersifat reuse, artinya dapat digunakan kembali untuk tanaman selanjutnya loh tman, namun dengan catatan setelah panen harus kita tambahkan larutan enzim dan mencuci cocopeat untuk menghilangkan sisa garam serta sterilisasi.

Kelemahan cocopeat

Karena pohon kelapa banyak tumbuh di pinggir pantai, cocopeat mengandung konsentrasi natrium dan klorin yang cukup tinggi sehingga dapat meracuni tanaman kita.

Pengolahan sabut kelapa oleh kita yang kurang tepat untuk membuat cocopeat juga dapat meninggalkan zat tanin yang menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh optimal.

Untuk membuat cocopeat yang berkualitas tentu harus kita olah dengan cara yang agak rumit, untuk membersihkan zat-zat yang dapat meracuni tanaman.

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman Sebagai Cocopeat Yang Baik

Saat pengolahan cocopeat terutama kita harus lakukan pengeringan, bahan mentah cocopeat akan menghasilkan banyak sekali debu sabut kelapa, sebagai aturan praktis, cocopeat yang kita olah secara berkualitas baik tidak boleh mengandung banyak debu.

Sebab sifat debu yang mudah padat dapat mengurangi kemampuan cocopeat yang kita buat, terutama membuat pori-pori perakaran, drainase dan aerase. Maka dari itu bahan cocopeat sebaiknya kita ayak terlebih dahulu untuk memisahkan antara debu dan seratnya.

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman Dan Keuntunganya:

Keuntungan dari penggunaan manfaat sabut kelapa untuk para petani yaitu dapat menyuburkan tanaman mereka yang bersifat suka air.Untuk para pengusaha yaitu memiliki manfaat dapat memperoleh devisa yang cukup tinggi karena penggunaan cocopeat sebagai media tanaman sangat diminati oleh para pekebun maupun para petani.

Sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang manfaat sabut kelapa untuk tanaman bila ada salah kata saya mohon maaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *