Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jenang Tepung Beras Yang Manis dan Lembut

Negara Indonesia bukan hanya kaya akan budaya dan kekayaan alam, namun juga memiliki kekayaan dalam hal kulinernya. Banyak bermacam-macam makanan nusantara dari yang lezat sampai ekstrem jadi buruan pecinta kuliner. Salah satunya jenang, makanan tradisional Indonesia ini hampir ada di setiap daerah.

Jenang

jenang tepung berasApa sih, jenang? jenang bisa juga disebut dodol. Di pulau jawa khususnya di daerah seperti Solo dan Yogyakarta jenang adalah penyebutan untuk bubur dan sejenisnya.

Jenang adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang masih ada hingga sekarang. Jenang umumnya bisa didapati dijual di pasar-pasar tradisional. Namun, kian hari keberadaannya semakin menyusut. Kebanyakan penjaja jenang juga adalah orang-orang tua yang sudah sepuh. Meski semakin langka, jenang tetap banyak dicari oleh banyak orang.

Selain membeli jenang, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Terlebih jika di daerah Anda cenderung susah mencari penjual jenang yang Anda inginkan.

Dalam membuat jenang terkenal cukup panjang dan rumit dalam proses pengolahannya. Sama hal nya dengan pembuatan dodol, resep dan pembuatan jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol juga resep jenang ketan gula merah. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah. Kalian juga bisa membuat jenang sumsum sendiri di rumah dengan melihat referensi cara bikin jenang sumsum pada website ini.

Jika anda berniat membuat jenang di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan. Pada dasarnya mesin pengaduk dodol ini juga dapat dipakai untuk mengaduk atau memasak jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya. Dengan menggunakan mesin ini dapat membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat jenang dengan jumlah produksi yang banyak.

Jika kalian berminat membuat Jenang Tepung Beras, berikut ini saya paparkan beberapa Resep dan Cara Bikin Jenang Tepung Beras yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep Dan Cara Membuat Jenang Tepung Beras

membuat jenang tepung beras

Jenang Tepung Beras Sederhana

Bahan- bahan :

  • Tepung beras 100 g
  • Santan 800 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 6 lembar

Cara Membuat Jenang Tepung Beras Sederhana :

  1. Langkah pertama menyiapkan santan sebanyak 650 ml lalu bagi menjadi 2 gelas.
  2. Setelah itu rebus 1 gelas santan dan 5 lembar daun pandan dengan menggunakan api kecil, sambil diaduk secara merata.
  3. Langkah berikutnya ambil satu gelas santan dan tuang ke dalam tepung beras sambil diaduk-aduk agar adonan tidak menggumpal. Lalu tambahkan 1 sdt garam
  4. Jika sudah selesai, masukan adonan ke dalam santan yang tadi direbus. Jangan lupa untuk tetap mengaduk agar tidak menggumpal.
  5. Jika sudah tercampur rata matikan api, setelah itu potong-potong gula merah dan rebus dengan api kecil.
  6. Langkah berikutnya, masukan daun pandan ke dalam rebusan tadi dan aduk – aduk semuanya hingga merata.
  7. Setelah itu rebus sisa santan yang tadi sebanyak 200 ml untuk di jadikan sebagai kuah.
  8. Kemudian cara penyajiannya, tuangkan bubur sumsum dan tuang kuah santan yang sudah dibuat tadi dan bubur sumsum pun siap untuk dihidangkan.

Jenang Tepung Beras Keju

Bahan-bahan :

  • 200 ml santan kara siap pakai
  • 3 sendok tepung beras
  • 35 gram keju kraft chedder
  • 100 gram palm sugar atau gula merah
  • 300 ml gram air

Cara Membuat Jenang Tepung Beras Keju :

  1. Pertama campurkan 300 ml air dan palm sugar atau gula merah, lalu panaskan hingga mendidih, jika sudah angkat dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya, masukkan santan ke dalam panci kecil, campurkan dengan 300 ml air lalu aduk – aduk hingga merata dan berikan taburan parutan keju.
    Sisihkan sebagian rebusan santan yang telah bercampur air tadi ke dalam gelas panjang.
  3. Jika sudah, berikutnya masukkan tepung beras ke dalam gelas yang berisi santan dan aduk merata hingga tepung tidak ada lagi yang menggumpal.
  4. Lalu nyalahkan api, masak santan yang di panci dengan api kecil sambil diaduk. Setelah mendidih masukan campuran tepung yang di gelas tadi dan santan sedikit demi sedikit ke dalam panci sambil terus diaduk.
  5. Langkah selanjutnya, jika sudah matang bubur akan meletup-letup matikan api dan diamkan bubur sebentar.
  6. Sajikan bubur / jenang sumsum ke dalam mangkuk dengan disiram air gula yang yang sudah dibuat tadi, lalu tambahkan taburan parutan keju di atasnya.

Sekian sedikit informasi tentang Cara Membuat Jenang Tepung Beras yang bisa kami berikan untuk Anda, Anda bisa gunakan referensi ini untuk memulai usaha atau untuk Anda coba praktikan sendiri dirumah.

Categories
Uncategorized

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

Halo, kali ini saya akan membahas artikel yang sangat bermanfaat bagi penyuka buah naga khusunya untuk ibu hamil. Yaitu manfaat buah naga untuk ibu hamil. Saya juga akan membahas mengenai hidangan yang cocok untuk dikonsumsi ibu hamil, simak terus ya artikel ini sampai habis.

Makan buah sangat dianjurkan selama masa kehamilan, tak terkecuali makan buah naga. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, manfaat buat naga untuk ibu hamil juga tidak kalah banyaknya.

Di Indonesia, jenis buah naga yang populer memiliki daging buah berwarna putih dan merah. Namun, ada juga buah naga dengan daging super merah (rasa sangat manis) dan buah naga berkulit kuning daging putih (ukuran sangat kecil).Meski berbeda, jenis buah naga tersebut datang dari satu keluarga yang sama, yakni tergolong tanaman kaktus (Cactaceae) dan genus Hylocereus.

Oleh karena itu, apa pun buah naga yang Anda pilih pada dasarnya memiliki kandungan dan manfaat yang tidak berbeda jauh.Baik bagi ibu hamil dan janin.

Kandungan Dalam Buah Naga

Buah naga sangat diminati oleh ibu hamil karena banyak faktor, misalnya rasanya yang manis, buahnya yang mudah didapat, serta kandungan nutrisinya yang tidak main-main. Dalam setiap 170 gram buah, terdapat kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 102
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 22 gram
  • Serat: 5 gram
  • Gula alami: 13 gram

Nilai tambah lain dari buah naga selain menjadi sumber karbohidrat alami ialah mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin A dan C, kalsium, zat besi, hingga magnesium.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga datang dari kandungan antioksidannya. Dalam satu potong buah naga, Anda akan ikut merasakan manfaat dari flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin yang mampu menangkal radikal bebas untuk merusak sel yang ada pada tubuh Anda.

Manfat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Setiap 100 gram buah naga segar mengandung 0,55 zat besi. Zat besi akan diolah tubuh untuk membentuk sel darah merah, sehingga akan mencegah masalah kurang darah atau anemia. Masalah kurang darah ini sering terjadi pada wanita hamil.

2. Mengandung Karbohidrat

Satu porsi 100 gram buah naga terdapat kandungan sekitar 9 sampai 14 gram karbohidrat. Selama mengandung, ibu hamil direkomendasikan mengkonsumsi karbohidrat minimal 135 gram per hari. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi ibu hamil.

3. Mengandung Folat

Buah naga juga mengandung folat yang sangat diperlukan untuk wanita hamil. Folat juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, dan jika seorang wanita hamil kekurangan folat, kemungkinan besar bayinya bisa mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube, atau cacat pada saraf.

4. Mengandung Serat

Dalam satu porsi buah naga, diperkirakan terdapat kandungan 0,3-0,9 gram serat. Dietary Reference Intakes merekomendasikan setidaknya megonsumsi 28 gram serat perhari saat Anda sedang hamil. Anda bisa menambahkan buah naga untuk campuran dengan buah lain yang juga mengandung banyak serat makanan.

5. Tinggi Nutrisi

Buah naga adalah salah satu buah dengan nutrisi tinggi. Selain hal di atas buah naga juga mengandung vitamin C, fitokimia, protein, kalium, vitamin B1 dan masih banyak lainnya. Buah naga akan banyak bermanfaat untuk ibu hamil sebagai kontributor gizi kompleks bagi ibu dan janin

Apakah Makan Buah Naga Dapat Menimbulkan Efek Samping?

Biasanya, manfaat buah naga untuk ibu hamil bisa dirasakan tanpa efek samping. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan Anda mengalami gejala alergi akibat makan buah naga. Gejala alergi meliputi muncul rasa gatal di mulut, lidah dan bibir bengkak, biduran, hingga mual dan muntah.

Jika Anda menemukan gejala-gejala tersebut, langsung hentikan konsumsi buah naga dan periksakan diri ke dokter. Jadi, wanita hamil harus tetap waspada dalam mengonsumsi buah naga, ya!
Smoothies Buah Naga

Smoothies Buah Naga

Jika Anda bosan mengonsumsi buah naga secara langsung, Anda bisa membuat smoothies buah naga yang pastinya tidak kalah segar dan enak. Cara membuat smoothies buah naga pun cukup mudah. Hanya dengan menghaluskan buah naga dan beberapa bahan tambahan lainnya seperti buah pisang, susu dan madu, Anda sudah bisa membuat smoothies yang enak dan menyehatkan. Jika Anda ingin smoothies lebih dingin, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin minuman.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya😉

Categories
Uncategorized

Baru! Resep Roti Maryam Anti Gagal yang Teruji Berhasil

Assalamualaikum Semuanya , Baru! Resep Roti Maryam Anti Gagal yang Teruji Berhasil ya kali ini itulah judul terbaru dari artikel kami yaitu resep roti maryam anti gagal pastinyaa!

Roti Maryam adalah roti yang berasal dari timur tengah tetapi sudah sangat hits dan terkenal diindonesia dan bahkan sudah menjadi makanan yang wajib ketika sudah bosan dengan mekanan yang cuma itu itu saja.

Roti Maryam Terbuat dari campuran tepung terigu dengan air yang diolah didalam mesin pembuat roti dan diadoni hingga adonan tadi kalis setelah itu dicetak sesuai dengan bentuknya dan dipanggang diatang panggangan khusus hingga matang.

Roti Maryam biasanya dimakan dengan berbagai macam makanan pendamping, yaitu kari ayam , kari kambing , kari sapi , gulai kambing, gulai ayam, gulai sapi, gulai kacang hijau, coklat, keju, blueberry dll.

Siapa sih yang ngga penasaran dengan resep roti maryam anti gagal kali ini? eits sebelum itu jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya dengan judul aneka kue kering dari tepung terigu, selamat mencoba resep kali ini!

A. Macam Macam Penyebutan Roti Maryam

Roti canai adalah roti pipih yang dipengaruhi oleh India dan umum di Indonesia. Roti jenis ini bisa didapatkan di toko-toko mamak di Singapura atau di restoran Aceh dan Sumatera Barat di Indonesia.

Di Singapura, roti jenis ini disebut roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan Polo Tower of Kerala.Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara diencerkan lalu dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau adonan bisa dioleskan setipis mungkin di atas panggangan.

Di Indonesia, pancake India dimakan dengan lamb atau lamb curry.

resep roti maryam anti gagal

  1. Roti Maryam
  2. Roti Canai
  3. Roti Konde
  4. Roti Kebab
  5. Roti India
  6. Roti Timur Tengah
  7. Roti Pipih
  8. Roti Penyet
  9. Roti Kari
  10. Roti Parata
  11. Roti Cane
  12. Flat Bread

B. Resep Roti Maryam Anti Gagal

Bahan-Bahan:

  1. 300 gr tepung terigu (Segitiga biru)
  2. 1 btr telur
  3. 50 ml minyak goreng
  4. 150 ml susu cair ( Dancow)
  5. 2 sdt Gula pasir
  6. 1 sdt garam
  7. Margarin ( blueband)

Cara Membuat Roti Maryam Anti yang Gagal :

  1. Masukkan dalam satu wadah, susu cair, minyak, telur, gula, garam lalu kocok rata dengan garpu
  2. Masukkan tepung lalu uleni hingga kalis, lalu bagi adonan bulat2 lebih kecil. Saya jadi 12 pcs.
  3. Rendam dangan minyak jangan sampai kering permukaan adonannya. Biarkan selama 2-3 jam. Lebih lama lebih baik, biar adonan jadi elastis kaya adonan martabak telur
  4. Setelah 2 jam, siap dieksekusi. Siapkan alas bersih dan kitchen utensil (saya pake alas kertas minyak, rolling pinnya botol kaca bersih bekas sirup)
  5. Cara 1 (rasa original) : Ambil 1 adonan, pipihkan hingga tipis usahakan jgn robek2 ya. Lalu olesi margarin rata dipermukaannya.
  6. Gulung adonan memanjang lalu rentangkan pelan2.
  7. Gulung berlawan arah hingga mmbentuk huruf S. Lalu ditumpuk, jadinya kaya konde. Pipihkan pelan2 dengan jari
  8. Cara 2 (ori, efek berserat) : hampir sama, pipihkan lalu olesi margarin. Iris2 memanjang adonan dengan pisau lalu gulung perlahan tidak usah mmbentuk huruf S. Lekatkan ujung gulungan dibawah adonan agar nanti ga lepas. Pipihkan lagi
  9. Versi cokelat : sama dengan cara 1, tapi sebelum digulung, letakkan taburan meises memanjang di pinggiran adonan. Gulung memanjang, gulung bentuk S, tumpuk/tekuk jadi mirip konde, pipihkan perlahan.
  10. Adonan maryam siap dipanggang. Oles tipis teflon dengan margarin.
  11. Panggang bolak-balik dengan api kecil hingga kecoklatan. Kalau mau nyetok untuk frozen, panggang maryam setengah matang lalu taruh diwadah kedap udara, masukkan freezer.
Categories
Uncategorized

Aneka Resep Kue Kering dari Tepung Terigu Wajib Dicobain!

Holla Semuanya! Judul Artikel Kali ini Aneka Resep Kue Kering dari Tepung Terigu Wajib Dicobain! pasti penasaran banget kan gimana macam macam kue keringnya? yuk simak bersama sama.

Kue Kering adalah salah satu makanan yang biasa disajikan ketika hari raya besar agama datang, kue kering ini kebanyakan memiliki rasa yang manis atau sweet oleh karena itu memiliki banyak kandungan gula yang cukup tinggi apabila dimakan dalam sekali makan sekaligus.

Kue Kering rata rata terbuat dari telur, margarin dan tepung terigu yang dicampur dan diuleni sampai kalis menggunakan mesin pembuat roti setelah itu dicetak sesuai yang diinginkan terakhir dioven dengan pemanggang kue lalu disajikan dimeja.

Tepung Terigu adalah bahan dasar dari judul artikel yang saya buat, tepung terigu terbuat dari biji gandum atau biji-bijian kacang lainnya yang diproses dan dihaluskan menggunakan mesin penghalus atau penggiling hingga berbentuk tepung.

Udah Penasaran kan untuk aneka resep kue kering kali ini, yuk simak bareng bareng eits sebelum itu jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya yang berjudul Resep Bolu Gulung Kukus Manis, Legit dan Endeul , selamat mencoba dan jaga kesehatan ya semuanya!

A. Macam Macam Tepung Terigu

Tiga jenis tepung terigu umumnya digunakan. Setiap jenis tepung terigu memiliki kandungan protein yang berbeda. Protein pada tepung terigu akan sangat mempengaruhi kelekatan adonan pada makanan.

Jenis protein pada tepung terigu adalah jenis gluten. Gluten adalah sejenis protein yang biasa ditemukan dalam gandum. Tepung terigu jelas terbuat dari bibit gandum, jadi tidak heran.

Tapi, sayangnya, beberapa orang alergi terhadap gluten jenis ini. Inilah sebabnya mengapa jenis tepung bebas gluten lain seperti tepung beras atau tepung jagung terkadang digunakan sebagai pengganti tepung.

 

  1. Tepung Terigu Protein Rendah.

Tepung terigu dengan kandungan protein yang memiliki prosentase di bawah 10% ini akan lebih cocok apabila digunakan pada jenis makanan yang tidak perlu memiliki tekstur seperti kenyal dan elastis.

 2. Tepung Terigu Protein Sedang

Jenis tepung selanjutnya adalah tepung terigu dengan kandungan protein sekitar 11% -13%. Karena kandungan proteinnya lebih tinggi dari tepung sebelumnya maka kandungan gluten pada tepung protein sedang ini lebih tinggi.

Padahal, tepung terigu jenis ini juga banyak disebut tepung multifungsi. Karena memang memiliki kandungan protein yang sedang, teksturnya tidak akan terlalu lengket ataupun kering saat dioleskan ke piring.

 3. Tepung Terigu Protein Tinggi

Jenis tepung terigu yang terakhir adalah tepung terigu dengan kandungan protein tinggi. Pada tepung terigu berprotein tinggi ini, kandungan proteinnya sekitar 14% -16%. Tentunya karena kandungan proteinnya yang tinggi maka kandungan glutennya juga tinggi.

Dan karena kandungan glutennya yang tinggi dapat membuat adonan yang menggunakan tepung terigu lebih kenyal dan elastis. Umumnya tepung terigu jenis tinggi protein ini sangat cocok untuk pembuatan mie yang membutuhkan tekstur adonan yang elastis.

B. Aneka Kue Kering dari Tepung Terigu

aneka kue kering

  1. Resep Kue Kering Semprit

Bahan-bahan:
– tepung terigu 700 gram (sangrai dan dinginkan)
– 1 sdm wijsman
– 500 gram blueband
– 400 gram gula halus
– 2 sachet vanili
– 8 butir kuning telur
– 20 gram susu bubuk full cream

Cara Membuat Kue Kering Semprit:

1. Blender Wijsman, campur pita biru dan gula halus. Masukkan kuning telur satu per satu. Aduk sampai tercampur. Masukkan susu bubuk.
2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao ke dalam satu porsi.
3. Tambahkan tepung ke setiap adonan dan aduk rata.
4. Keluarkan adonan secara berdampingan. Atur di atas loyang. Panggang dengan suhu 150 derajat.

  1. Resep Kue Kering Cream Cheese

Bahan-bahan:

– 50 g cream cheese
– 50 g butter
– 50 g gula halus
– 150 g tepung terigu protein sedang
– ½ sdt baking powder

Cara Membuat Kue Kering Cream Cheese:

1. Blender keju krim, tambahkan mentega dan gula. Masukkan bahan kering dan aduk rata.
2. Dinginkan di lemari es selama 30 menit.
3. Ambil sedikit bahan, bulatkan, lalu ratakan.
4. Letakkan di atas loyang datar.
5. Panggang pada suhu 170 ° C selama 12 menit.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kopi Cold Brew Nikmat Mantab dan Mudah

Haii sobat semua, pada hari ini mimin pengen bagikan cara membuat kopi cold brew yang nikmat, mantab, serta mudah nih. Apalagi kopi cold brew merupakan sajian kopi dingin yang segar

Kalo di artikel sebelumnya abang mimin udah bagikan resep makanan yaitu bumbu barbeque daging sapi bakar. Kali ini mimin pengen bikin minumannya nih biar lengkap. Kopi pasti sangat bisa dijadikan pilihan.

Siapa sih yang tidak tergiur dengan aroma khas dan cita rasa kopi. Namun di zaman yang serba maju ini sajian kopi tidak hanya melulu diseduh manual saja tapi bisa juga diseduh dalam kondisi dingin.

Cukup jarang diketahui banyak orang. Bahwa pembuatan kopi cold brew menggunakan teknik full cold. Artinya tidak menggunakan air panas sedikitpun. Apalagi seduh hangat.

Tidak menggunakan air panas sedikitpun maksudnya kita benar benar menyeduhnya menggunakan air dingin atau setidaknya air biasa (suhu ruang). Sangat unik bukan sob? pastinya.

Cara membuat cold brew sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan dirumah pun sobat bisa membuatnya dengan mudah. Rasanya tidak kalah dengan di kafe. Oleh karena itu banyak orang yang mencari cara membuat cold brew.

Cara Membuat Kopi Cold Brew Mudah dan Nikmat

Kopi merupakan salah satu hidangan pemersatu. Coba lihat saja di kafe waktu orang orang pada nongkrong pasti mereka minumnya kopi atau olahan kopi. Bahkan di warkop pun juga begini.

Oleh karena itulah kopi dapat dibilang salah satu sajian minuman pemersatu. Sungguh unik sekali bukan. Selain rasanya yang nikmat juga mudah dikembangkan menjadi sajian lainnya.

Proses pengolahan dan pembuatan cold brew menggunakan teknik seduh dingin. Yaitu menyeduh biji kopi yang sudah dihaluskan menggunakan air dingin dan dimasukkan kulkas.

Meski menggunakan teknik seduh dingin bukan berati kita membekukan kopi nya. Justru jika kita membekukan kopinya maka air dari kopi tidak akan terekstraksi dengan benar dan sempurna

Alat dan Bahan Kopi Cold Brew

Harus sobat ketahui sebenarnya untuk membuat sajian kopi cold brew tidaklah susah. Prosesnya pun sangat mudah. Tidak memerlukan mesin otomatis atau mesin yang terhubung dengan otomatisasi. Cukup menggunakan alat-alat manual saja sudah bisa.

Untuk membuat kopi cold brew tidak harus ribet dan risau. Bahkan sobat bisa membuatnya sendiri di rumah sobat. Untuk langkah langkahnya jangan khawatir karena abang mimin bakal bimbing sobat semua untuk membuatnya dari artikel ini.

Alat dan Bahan

  • Grinder atau alat penggiling biji kopi;
  • 90 gram biji kopi;
  • Coffee Pot 1.150 ml;
  • gelas untuk sajian.
  • Air kondisi dingin, juga dapat menggunakan air biasa (suhu ruang) 1.000 ml;

Tahapan Membuat Kopi ColdBrew

  1. Gilinglah biji kopi di tingkat medium coarse, atau tingkat medium sedikit kasar dan tidak terlalu halus sekali jika anda tidak ingin rasa kopinya terlalu kuat menyengat.
  2. Setelah digiling tempatkan hasil bubuk kopi tadi pada saringan di coffee pot agar bisa terekstraksi.
  3. Hubungkan strainer atau saringannya dengan coffee pot.
  4. Isikan air pada tabung coffee pot hingga tiga perempat bagian atau hingga pegangan (handle) coffee pot nya).
  5. Silahkan aduk aduk pelahan saja hingga tercampur, aduklah dengan menggunakan benda yang tidak runcing ujungnya untuk menghindari kerusakan pada filter yang ada dibawahnya.
  6. Tutup coffee pot, kemudian masukkan coffee pot ke kulkas. Setelah itu dibiarkan selama delapan hingga dua belas jam. Biarkan kopi mengalami proses ekstraksi yang sempurna.
  7. Setelah sudah 8 sampai 12 jam, keluarkan coffee pot dari kulkas. Kemudian diamkan sebentar hingga uap dingin nya sedikit menipis.
  8. Siapkan gelas sajian yang akan digunakan. Kemudian tuanglah kopi dinginnya di dalam gelas sajian yang sudah disiapkan.
  9. Jika semua sudah selesai kini kopi cold brew siap diseruput.
 
Tahukah sobat bahwa kopi selain bisa disajikan dingin kopi juga sangt nikmat jika selalu dijaga kehangatannya. Sobat bisa menggunakan alat pemanas kopi untuk menjaga kehangatan kopi setiap saat sobat meminumnya.
Nah itu tadi sobat mengenai cara membuat kopi cold brew yang nikmat dan sedap. Rasanya sangat nikmat dan terasa menggiurkan. Caranya pun cukup mudah sob.
Jika sobat menyukai artikel ini silahkan sobat bagikan ke orang-orang terdekat agar mereka tahu apa yang sobat tahu juga. Karena berbagi itu indah 🙂
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Bumbu Rica Rica Kepala Kambing Sederhana dan Enakk

Bumbu Rica Rica Kepala Kambing Sederhana dan Enakk

Pada pembahasan artikel kali ini akan mengambil tema memasak yaitu bumbu rica rica kepala kambing.Pasca perayaan Idul Adha biasanya sisa daging masih tersimpan di kulkas.

Namun, terkadang kebanyakan sajian seperti sate atau gulai terasa sangat sering kita santap hingga kerap membuat bosan.Bumbu pedas yang terkenal asal Manado yang memiliki cita rasa yang pedas, asin dan gurih ini sangat cocok dipadukan dengan daging yang terkenal dengan kealotan serta bau prengus-nya itu.Masih banyak lagi olahan rica kambing di artikel resep rica kambing

Kambing ialah salah satu jenis daging yang banyak dan sering digunakan dalam berbagai masakan di Indonesia. Namun karena bau amis seringkali membuat orang tidak ingin untuk mencicipinya.

Untuk menghilangkan bau amis tersebut, Anda bisa menggunakan berbagai tips salah satunya bumbu-bumbu yang banyak, atau dengan rasa pedas. Pedasnya bumbu rica pas dimasak dan bisa dipadukan dengan daging ayam ataupun ikan, tetapi daging kambing juga bisa dimasak rica-rica.

 Bumbu Rica Rica Kepala Kambing

Masak Rica Daging Kambing Pedas Manis

 

Bahan-bahan

  • Daging kambing sesuai selera/secukupnya
  • 1 sachet saori saus teriyaki
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Ketumbar
  • 2 buah kemiri
  • sesuai selera Cabai rawit
  • 1 sachet saori saos mentega
  • sesuai selera Cabai merah keriting
  • 3 Daun salam

Langkah-langkah Memasak Rica Daging Pedas Manis:

  1. Pertama, rebus daging kambing terlebih dahulu dengan laos, sereh, daun salam daun jeruk,  dan jahe sampai daging benar-benar menjadi empuk.
  2. Lalu potong-potong daging. haluskan bahan yang akan ditumis, yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, ketumbar dan garam sesuai selera teman-teman. Uleg sedikit agak halus.
  3. Tumis hasil ulegan sampai benar-benar harum, tambahkan kecap dan air sedikit saja. Masukkan daging yg sudah dipotong-potong ke minyak hasil olahan mesin minyak kelapa.
  4. Tambahkan saori saos teriyaki dan saos mentega. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan paprika bubuk dan lada hitam.
  5. Diamkan sekitar 10 menit. Sajikan.

Memasak Rica Kambing Spesial Idul Adha

 

Bahan-bahan

  • 500 gr daging kambing
  • Bumbu halus :
  • cabe merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • cabe rawit (sesuai selera pedasnya)
  • 10 siung bawang merah
  • jahe
  • Kunyit
  • laos (digeprek)

Bahan Cemplung :

  • daun kemangi
  • tomat (potong kasar)
  • 5 lbr daun jeruk
  • Sereh
  • secukupnya Air
  • Gula
  • Garam
  • Kaldu bubuk

Langkah Memasak Rica Kambing Spesial Idul Adha:

  1. Pertama,rebus daging sebentar agar hilang lemak didalamnya, potong kecil2 sesuai selera teman-teman.
  2. Haluskan.
  3. Tumis bumbu halus, dan daun jeruknya di sobek biar wangi keluar.
  4. Lalumasukkan daging yg sudah d iris tadi, tambahkan air,dan  tunggu sampai daging empuk
  5. Jika daging sudah kelihatan empuk, bisa tambahkan gula, garam, kaldu bubuk (untuk cicip rasa) sisahkan airnya
  6. Jika rasa keliatanya sudah pas, masukkan potongan tomat dan juga daun kemangi. Tunggu sebentar sampai terlihat layu. Matikan kompor, lalu sajikan deh

Bahan-bahan

  1. 1 kepala kambing
  2. 1/2 kg babat sapi
  3. 5 butir bawang putih
  4. 10 butir bawang merah
  5. 1/4 kg cabe rawet
  6. 15 buah cabe merah
  7. 2 ruas jahe
  8. 2 batang serai
  9. 4 lembar daun jeruk
  10. 2 lembar daun salam
  11. secukupnya Kecap manis
  12. 3 bungkus masako sapi
  13. secukupnya Gula jawa
  14. Sedikit mentega untuk menumis
  15. secukupnya Air untuk merebus
  16. secukupnya Arang untuk mengarang/ membakar
  17. Sedikit parutan nanas

Langkah

  1. Pertama, bakar atau garang kepala kabing terlebih dahulu agar menghilangkan bulunya.
  2. Setelah di bakar bersihkan dan juga ambil kikilnya kemudian cuci.
  3. Rebus kikil dan juga babat yang sudah du cuci terlebih dahulu. Dengan tambahkan parutan nanas tidak hanya  untuk melunakkan juga mengurangi bau pada daging kambing.
  4. Setelah benar-benar mendidih matikan kompor dan potong potong kikil dan juga babat.
  5. Iris tipis semua bawang putih, bawang merah, cabe rawit,cabe merah, serta geprak jahe dan serai
  6. Tumis bawang putih, bawang merah, jahe, serai, cabe rawet,dan cabe merah. lalu Tambah daun jeruk dan daun salam sampai tercium harum.
  7. Setelah tercium harum masukkan irisan kikil dan babat lalu bisa tambah air, gula jawa kecap dan masako. Ungkep semuanya.

Sekian mengenai tips memasak rica kelapa kambing. Teman-teman juga bisa mengecek resep olahan kambing lainya di etechunes.com.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Categories
Uncategorized

Bumbu Barbeque Daging Sapi Bakar Yang Enak Dan Lezat

Hello semuaa! Pada artikel ini saya akan membagikan varian bumbu barbeque daging yang pasti dijamin enak dan mudah dibuat dirumah. Selain lebih murah , rasa yang dibuat sendiri dirumah tentunya tidak kalah enak ditambah juga dengan porsi yang lebih puas.

Macam – Macam Bumbu Barbeque Daging Sapi Bakar

– Bulgogi (Korean Beef BBQ)

Berikut ini bumbu barbeque dari daging sapi bakar.

Bahan – Bahan Bulgogi :

459 gram daging sapi
3 bh daun bawang
1 pak daun sancu/selada
1/2 buah bawang bombai
5 buah bawang putih

Bumbu Bulgogi :

3 SDM minyak wijen
5 SDM kecap manis
Lada bubuk secukupnya
Dashi / kaldu rumput laut/kaldu bubuk
Garam secukupnya

Langkah – Langkah Membuat Bulgogi :
  1. Pertama, Siapkan semua bahan.
  2. Lalu, haluskan semua bumbu, saya menggunakan blender.
  3. Masukkan bumbu – bumbu kedalam mangkok dan tambahkan daun bawang iris, ladabubuk, kaldu bubuk dan garam.
  4. Kemudian, potong daging dengan Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku, karena saya menggunakan daging yang untuk steak bukan sukiyaki. Posisi daging masih beku jadi mudah mengirisnya.
  5. Daging direndam kedalam bumbu. Caranya dengan celupkan daging iris satu persatu kedalam bumbu kemudian saya tata di wadah yang tertutup.
  6. Simpan daging kedalam kulkas minimal 2 jam saja.
    Daging dibakar di atas teflon/ alat pemanggang elektrik atau bisa juga dibara api.
  7. Dan angkat daging setelah kecokelatan dan jika sudah bisa disajikan

– Tumis Daging Sapi Bakar BBQ

Berikut ini bumbu barbeque dari daging sapi bakar.

Bahan – Bahan Tumis Daging Sapi Bakar BBQ :

250 gram daging sapi tetelan

Bumbu Tumis Daging Sapi Bakar BBQ :

1 sendok makan minyak wijen
1 sendok teh olive oile
3 siung bawang putih giling
1 sendok makan saos tiram
Kecap manis
Garam
Kecap asin

Langkah – Langkah Membuat Tumis Daging Sapi Bakar BBQ :
  1. Pertama daging dicuci bersih, iris-iris seukuran jari kelingking.
  2. Masukkan seluruh bumbu dalam mangkuk, kecuali garam
    Aduk seluruh bumbu sampai merata, cek rasa.
  3. Masukkan potongan daging ke dalam bumbu. Aduk-aduk dengan agak diremas-remas supaya bumbu meresap. Diamkan kurang lebih 10 menit.
  4. Panaskan wajan anti lengket lalu tuanh daging yang sudah dimarinasi.
  5. Tutup wajan dan sekali-sekali aduk-aduk daging sampai matang dan air dari daging cukup kering. Tambahkan garam secukupnya
  6. Jika ingin daging dengan rasa yang agak garing, tunggu sampai air dari benar-benar mengering.
  7. Kemudian matikan api dan daging siap di hidangkan.

– Honey Beef BBQ

Berikut ini bumbu barbeque dari daging sapi bakar.

Bahan – Bahan Honey Beef BBQ :

500 gram beef slice

Bumbu Marinasi :

1 bawang bombay
5 siung/1 sdm baceman bawang putih
1 ruas jari jahe, cincang halus
2 sdm saus tiram
3 sdm madu
1 sdm kecap Inggris (boleh skip)
2 sdm kecap asin
Saus tomat/ saus spaghetti
1 sachet/ 65 ml santan kental

Langkah – Langkah Membuat Honey Beef BBQ :
  1. Pertama, siapkan semua bahan. Tempatkan beef slice dalam wadah.
  2. Kemudian, masukkan irisan bawang bombay, bawang putih/ baceman bawang putih, jahe, saus tiram, madu, kecap inggris, kecap asin. Aduk rata.
  3. Simpan di lemari pendingin minimal 15 menit / semalaman.
  4. Siapkan panggangan teflon. Panggang beef slice dengan sedikit margarine sampai matang.
  5. Untuk Sausnya, panaskan margarine, masukkan sisa bumbu perendam beef slice diatas sampai harum. Masukkan saus tomat/ saus spaghetti.
  6. Aduk2. Tambahkan santan kental. Masak sampai matang.
  7. Honey Beef BBQ siap disajikan dan bisa juga ditambahkan dengan membuat minuman segar smoothies bisa baca pada artikel cara buat banana smoothies dijamin perpaduan yang pas.

Nah, begitulah bumbu barbeque daging sapi bakar, bagaimana mudah kan?Untuk lebih lengkapnya bisa juga baca pada artikel bumbu barbeque daging. Selamat mencoba dan semoga berhasil yayy!

Categories
Uncategorized

Cara Buat Banana Smoothies, Enak Dan Menggirukan!

Halo, bagi Anda pecinta minuman dingin, kali ini saya akan membagikan cara buat banana smothies yang enak dan menggiurkan. Simak ya cara-caranya di bawah ini.

Buah pisang memiliki berbagai jenis. Salah satu jenis yang sering dibuat untuk membuat minuman segar seperti smoothies yakni pisang ambon.

Pisang ambon merupakan jenis pisang yang paling umum ditemukan di Indonesia. Jenis ini banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Pisang ambon mempunyai tekstur kulit yang halus berwarna kuning atau hijau. Daging buahnya putih dan juga memiliki rasa yang manis. Selain mempunyai rasa yang manis, buah injuga memiliki harga yang tergolong murah. Jadi tidak heran banyak yang menyukainya.

Ada beberapa varian dari pisang ambon itu sendiri. Seperti pisang ambon lumut, kuning, dan putih. Nah, kalau Anda pernah mendengar istilah pisang cavendish sebenarnya itu adalah pisang ambon putih. Selain itu pisang ambon dapat diolah menjadi aneka smoothies yang menggugah selera. Cara membuat smoothies pisang atau banana smoothies tidaklah sulit, tinggal mencampurkan beberapa bahan jadilah smoothies. Berikut ini cara buat banana smoothies yang menggiurkan.

Cara Buat Banana Smoothies

Bahan-Bahan:

  • 1 buah pisang ambon matang (bekukan)
  • 125 ml susu uht plan (full cream)
  • Es batu secukupnya bila suka

Cara-Cara Buat Banana Smoothies:

  1. Siapkan blender.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  3. Proses hingga halus dan tercampur rata.
  4. Tuang ke dalam gelas saji. Jika ingin smoothies ini lebih dingin lagi, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin minuman.
  5. Siap disajikan.

Jenis Pisang Beserta Manfaatnya

Inilah beberapa jenis buah pisang yang dapat ditemukan di Indonesia, dan juga manfaat yang dimilikinya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pisang Kepok

Berukuran pendek pipih dan bentuknya yang sangat lebar, telah menjadi ciri khas pisang kepok. Warna daging buahnya pun unik, kuning menuju jingga. Dan, ketika dimakan teksturnya pulen dan lembut. Tetapi, ternyata pisang kepok dibagi menjadi dua jenis, yakni pisang kepok putih dan kuning.

Pisang kepok kuning biasanya harus diolah terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, sebagaimana pisang tanduk. Sehingga, pisang ini termasuk jenis pisang olahan.

Sedangkan, pisang kepok putih karena rasanya yang sepat dan tekstur daging buahnya yang sangat keras, membuatnya lebih cocok menjadi pakan burung. Akan tetapi, umumnya pisang kepok juga enak diolah menjadi kolak dan keripik pisang.

2. Pisang Ambon

Teksturnya yang lembut dan pulen, membuat pisang ini menjadi kesukaan orang-orang dari segala jenis usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Ditambah lagi, menemukannya juga tidak sulit di pasar maupun supermarket, sehingga boleh dikata pisang ini familar bagi kebanyakan orang.

Selain itu, pisang ambon juga mempunya manfaat kesehatan, diantaranya:

  • Meningkatkan stamina
  • Melancarkan buang air besar (BAB)
  • Membantu diet

3. Pisang Mas

Warna kulitnya yang kuning cerah dan mulus serta tanpa bintik coklat kehitaman, membuatnya tampak seperti emas. Meski kecil ukurannya, tetapi pisang mas mempunyai daging buah yang tebal, tekstur yang lembut, dan rasa yang manis. Karena kekhasan itu, pisang mas cocok dilahap langsung, atau bisa juga diolah menjadi brownies dan bolu pisang.

Ternyata, pisang mas, baik daging buah maupun kulitnya, memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan kulit, diantaranya:

  • Menjaga kecerahan kulit wajah.
  • Melembabkan kulit.
  • Membersihkan wajah.
  • Menyehatkan kulit wajah.

Nah itulah beberapa jenis pisang beserta manfaatnya yang mungkin ada yang Anda belum tau. Dan juga cara buat banana smoothies yang menggiurkan di atas. Selamat mencoba ya😊

 

 

 

 

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kopi Cappucino Italiano Istimewa Seperti Kafe

Haloo sobat semuanyaa, Kembali lagi pada artikel kesayangan kita dengan topik kali ini yaitu cara membuat kopi cappucino yang istimewa seperti di kedai kopi atau di kafe nih sob.

Kalau sebelumnya mimin kasi tau cara membuat makanan yaitu cara membuat roti boy rumahan, kini mimin pengen ngasih tau cara buat minumanya sob.

Kopi cappucino sebenernya bisa kita buat sendiri dengan mudah loh sob. Sobat tinggal ikuti saja dan pahami saja langkah langkah yang akan mimin jabarkan di bawah ini.

Bicara soal cappuccino, tahukah sobat apa itu kopi cappuccino? Sederhananya, cappuccino adalah minuman yang mengandung kombinasi espresso dan susu panas dicampur secara pas.

Cappucino adalah campuran dari sari pati kopi yang dipadukan dengan susu steamed hingga menghasilkan busa atau foam yang sangat creamy dan nikmat. Sungguh menggugah selera ya.

Memang sari pati kopi atau espresso memiliki rasa yang kuat sehingga dipadukan dengan rasa susu yang nikmat. Kombinasi keduanya sangat menggugah selera. Bukan begitu sobat?

Namun jangan khawatir bila sobat merasa cara membuatnya sulit. Dari artikel ini mimin bakal membimbing kalian para sobat yang budiman untuk membuat kopi cappucino yang sangat enak.

Formula yang membuat cappuccino begitu lezat adalah espresso berkualitas tinggi, susu kukus yang seimbang dan latte yang lezat, serta disajikan dalam gelas porselen yang sudah dihangatkan sebelumnya.

Cappucino sangat diminati oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, sehingga minuman spesial ini juga sangat terkenal dan memikat selera banyak orang di dunia loh sob.

Sebenarnya kopi cappucino ini berasal dari negara Italia pada awal perang dunia pertama. Awalnya cara membuat cappucino sangatlah rumit. Namun seiring berkembangnya zaman pembuatannya pun menjadi lebih mudah.

Cara Membuat Kopi Cappucino Sederhana

Sejak setelah perang dunia kedua kopi cappucino ini semakin terkenal. Karena banyak orang sudah mulai mengenalnya dan tahu cara membuatnya.
Kemudahan proses membuatnya pun semakin tersebar sehingga banyak dari negara-negara lain pun turut membuat cappucino sendiri dari versinya sendiri.

Bahan Membuat Kopi Cappucino

Bahan-Bahan

  • biji kopi sebanyak 15 gram hingga 20 gram;
  • air sebanyak 200 mililiter;
  • Granula bubuk untuk topping;
  • Coklat bubuk atau cocoa powder;
  • 120 mililiter Susu sapi segar.

Alat-Alat 

  • alat penggiling Biji Kopi;
  • Panci;
  • Kompor;
  • Aeropress atau presso.

Langkah Membuat Kopi Cappucino

Tahap Pertama

  • Sobat silahkan rebus air dengan takaran yang telah ditentukan hingga mendidih atau sebesar 100 derajat selsius.
  • Sembari menunggu air mendidih silahkan sobat giling biji kopinya terlebih dahulu sebanyak 15 hingga 20 gram dengan halus.
  • Setelah digiling masukkan hasil gilingan alat penggiling kopi tadi ke dalam mesin presso atau aeropress.
  • Gunakan alat presso atau aeropress untuk menge-press hasil giling biji kopi. Untuk takaran 20 gram biji kopi, gunakan air mendidih 100 derajat Celcius dengan takaran paling banyak 60 ml. Air yang kita gunakan memang sangat sedikit karena tujuan kita adalah mengambil konsentrat kopi.
  • Taruh espresso tadi pada gelas sajian yang anda inginkan.

Tahap Kedua

  1. Gunakan kompor untuk mendidihkan susu. Didihkan susu sambil diaduk aduk hingga sedikit berbuih.
  2. Setelah berbuih masukkan susu ke dalam alat french press, memang sedikit perlu tenaga agar mendapatkan hasil yang maksimal pula.
  3. Kalau tidak punya alat french press, sobat bisa mengaduk susunya hingga berbusa banyak, namun akan sedikit lebih lama dari biasanya.

Proses Persiapan Penyajian

  1. Sesudah semua tahapan diatas dilakukan, tuang susu yang berbusa tadi di gelas espresso sebelumnya.
  2. taburkan kokoa powder atau granula ataupun topping lainnya agar rasanya lebih nikmat.
  3. Secangkir kopi cappucino yang nikmat dan creamy siap disajikan dan dinikmati.
Setelah semua proses dan prosedurnya sudah sobat lakukan kini kopi cappucino sudah bisa sobat sajikan dan siap untuk diseruput dengan syahdu.
 
Kopi memang bisa dikembangkan menjadi kopi cappucino. Namun biasanya mimin suka minum kopi dalam keadaan hangat dan mimin selalu jaga kehangatannya menggunakan alat pemanas kopi agar awet dan rasanya lebih nikmat.
 
Dalam secangkir kopi cappucino terdapat dua cita rasa yang berpadu dengan syahdu. Yaitu rasa kuat dari espresso berpadu dengan rasa manis creamy susu steamed.
Keseimbangan rasa kedua komponen tersebutlah yang menjadi unique value dari kopi cappucino. Dimana kedua bahan tersebut tidak ada yang mendominasi dan berpadu sempurna.
 
Itu tadi adalah cara membuat cappucino latte yang creamy nikmat dan mudah dibuat. Bagaimana sob sangat mudah dilakukan bukan.
Sekian artikel kali ini. Jika sobat ingin membagikan artikel ini dipersilahkan. Jangan lupa selalu berbagi kapanpun dan dimanapun selama kita mampu, karena berbagi itu indah.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Resep Bolu Gulung Kukus Manis, Legit dan Endeul

Hai, Kali ini saya berkesempatan untuk membagikan artikel yang berjudul Resep Bolu Gulung Kukus Manis, Legit dan Endeul, ya kali ini saya menampilkan resep bolu gulung yang manis.

Siapa sih yang ngga suka bolu gulung ini? pastinya semua suka ya , bolu gulung ini memiliki tekstur yang khas yaitu lembut sekali dan rasanya manis pake banget!

Oleh karena itu, sangat cocok apabila dicoba resep ini ketika weekend dirumah aja seperti saat ini ya, bahannya mudah didapat tentunya dan caranya ngga kalah mudahnya juga!

Sebelum masuk ke resep dan cara membuatnya, apa aja ya bahan baku pembuatan bolu kukus ini? ya betul sekali Bolu Gulung ini terbuat dari tepung terigu, margarin, telur, susu, pengembang yang dicampur menggunakan mesin pembuat roti.

Setelah itu dipanggang atau bisa juga dikukus dan setelah matang akan dipotong potong dan well siap disajikan untuk camilan sehari hari. Eh sebelumnya jangan lupa cek Artikel kami sebelumnya ya yang membahas Resep Puding Roti Tawar.

Yuk Disimak dan jangan lupa dicoba ya, selamat mencoba resep kali ini yaa! Fighting!

A. Cara Membuat Isian Bolu Gulung Kukus Sederhana

Kue atau kue tanpa mentega memiliki rasa seperti sayuran tanpa garam. Sesuatu yang hilang. Krim dan kue, terutama kue ulang tahun, adalah sepasang kekasih yang tidak bisa dipisahkan. Mereka yang membeli dan makan kue sering kali mengetahui bahwa butter cream sering digunakan untuk menghias kue atau kue.

Tapi jelas tidak semua orang menyukai krim mentega. Beberapa orang menganggap krim mentega terlalu manis dan bisa menyebabkan mual. Memang, jika Anda menambahkan gula atau susu kental manis dalam jumlah sedang dan berlebihan ke mentega untuk membuat mentega, itu akan membuat lidah Anda terasa tidak nyaman.

 

  1.  Cara Membuat Krim Putih Telur

Bahan:

  • Sendok teh vanila
  • 200g gula rafinasi
  • Sendok teh garam
  • 4 putih telur
  • 500g mentega putih

Bagaimana cara membuatnya :

  1. Siapkan wadah bersih, masukkan putih telur dan mentega putih.
  2. Kocok dengan mixer kecepatan sedang. Aduk hingga lembut dan mengembang.
  3. Tambahkan gula halus, perisa vanila dan garam. Kocok lagi hingga terintegrasi sepenuhnya.
  4. Mentega selalu dapat digunakan untuk menghias kue dan kue ulang tahun Anda.

2. Cara Membuat Krim Mentega Mentega Kuning
Bahan:

  • 5 sendok makan susu kental manis vanila
  • 100 g mentega kuning
  • 2 sendok makan gula rafinasi

Bagaimana cara melakukannya :

  1. Gunakan pengaduk kecepatan sedang untuk mengocok mentega kuning menjadi pasta.
  2. Aduk sampai mentega lembut dan mengembang.
  3. Masukkan susu kental manis dan gula halus ke dalamnya. Aduk kembali dengan blender hingga tercampur rata.
  4. Mentega siap menghiasi kue ulang tahun Anda.

B. Resep Bolu Gulung Kukus Manis, Legit dan Endeul

Bahan-Bahan:

  • 1 butir telur
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt sp
  • 1/2 sdt vanili cair & pasta pandan
  • 2 sdm minyak sayur
  • Secukupnya butter cream

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Manis, Legit dan Endeul:

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu. Beri minyak pada panci Inggris. 22×22 dengan margarin.
  2. Campur telur, gula pasir, sp dan vanili cair dengan kecepatan tinggi sampai tepung putih kental berada di dalam roux.
  3. Kurangi kecepatan seminimal mungkin
  4. Aduk terigu dan susu bubuk sebentar, lalu matikan mixer.
  5. Tambahkan minyak sayur dan aduk dengan spatula.
  6. Tuang ke dalam panci, lalu jangan lupa kocok panci agar udaranya keluar.
  7. Masukkan ke dalam kukusan dan jangan lupa tutup dengan kain bersih. Kukus selama kurang lebih 20 menit.
  8. Balikkan ke atas kertas lilin, lalu olesi butter cream, taburi sedikit, gulung dan masukkan ke dalam lemari es selama 15 menit. Kemudian potong dan sajikan.