Categories
Uncategorized

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

Kesempatan pada kali ini aku akan menjelaskan artikel yang berjudul cara menanam anggrek dengan media sabut kelapa

cara menanam anggrek dengan media sabut kelapa

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

Bagi para penggemar anggrek tentu sangat penting untuk mengetahui bagai mana sih cara menanam anggrek dengan sabut kelapa yang baik dan benar!

Nah kali ini kita akan mempelajari cara menanam anggrek yang baik dan benar menggunakan sabut kelapa.Sebelum lanjut ke tahap caranya alangkah baiknya jikalau kita mengetahui apa itu tanaman anggrek!

Anggrek merupakan tanaman hias yang cantik dipandang mata.Mungkin kita sering menjumpainya didepan rumah ataupun pohon yang memang sang pemilik menanamnya dipohon tersebut.Dengan kecantikan bunga ,warna dan keunikan bentuk bunga ini sangat trending dikalangan pecintanya.

Ciri kusus Bunga Anggrek

Ciri khusus bunga anggrek yang membuat kitatertarik tanaman ini begitu unik dan menarik. Anggrek merupakan jenis bunga yang indah dan khas yang juga salah satu yang paling beragam. Anggrek begitu populer sebagai tanaman hias untuk kita taruh di dalam dan di luar ruangan.

Anggrek sering kita gunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Mayoritas anggrek yaitu epifit abadi, yang tumbuh berlabuh di pohon atau semak di daerah tropis dan subtropis menjadikan tanaman ini begitu eksotis.

Ada beberapa ciri khusus bunga anggrek yang tak kita temui di tanaman lain. Ciri khusus bunga anggrek ini menjadikan anggrek begitu istimewa sebagai tanaman hias. Anggrek merupakan keluarga terbesar tanaman berbunga, yang sebagian besar mendiami daerah tropis. Di seluruh dunia, ada sekitar 735 genera yang mewakili setidaknya 20.000 spesies bunga anggrek.

Ciri khusus bunga anggrek ini meliputi bentuk, strukutur dan kelopak. Ciri khusus bunga anggrek lain yang membuatnya begitu digemari yaitu masa berbunganya yang cukup lama. Ciri khusus bunga anggrek juga menggambarkan karakteristik tanaman anggrek secara keseluruhan.

Salah satu ciri khusus bunga anggrek meliputi warnanya yang cerah dan bentuknya yang unik. Ciri khusus bunga anggrek ini berguna untuk menarik perhatian organisme lain untuk membantu proses penyerbukan. Bunga dari genus Ophrys menipu dan memanipulasi penyerbuk terutama melalui bau, meniru yang dihasilkan oleh kelenjar perut lebah atau tawon betina.

Tahapan Memilih Sabut Kelapa Yang Akan Digunakan

  • Kita harus pilih sabut kelapa yang sudah tua.
  • Kita olah menggunakan mesin pengolah sabut kelapa
  • Kemudian kita rendam sabut kelapa selama kurang lebih 6 jam untuk menghilangkan tannin yang terkandung didalamnya.
  • Setelah direndam air, langkah selanjutnya kita perlu merendam sabut dengan cairan fungisida. Hal ini dilakukan agar nantinya sabut kelapa tidak ditumbuhi jamur yang akan menghambat pertumbuhan anggrek.
  • Kemudian tiriskan. Usahakan sabut kelapa yang kita jemur tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu basah.

Pemilihan Bibit Anggrek

Tahap selanjutnya adalah kita memilih bibit anggrek yang berkualitas. Kita harus mencari bibit anggrek yang memiliki daun berwarna hijau cerah, tidak cacat serta memiliki batang yang kokoh. Kitat juga dapat membelinya di toko tanaman hias.

Memilih Pot Yang Akan Digunakan

Pot yang biasa kita gunakan untuk menanam anggrek adalah pot yang terbuat dari tanah liat. Hal ini dilakukan agar terlihat estetik. Pastikan kita untuk menggunakan pot yang bawahnya memeiliki lubang.

Kemudiankita harus mempastikan pot dalam keadaan bersih. Bila perlu kita semprot dengan cairan fungisida agar anggrek terhindar dari gangguan jamur.

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

  • Siapkan pot tanam, bibit dan media.
  • Tambahkan arang kayu pada bagian dasar pot.
  • Lalu kemudian lilitkan sabut kelapa pada akar bibit.
  • Setelahnya masukkan bibit yang telah dililiti sabut kedalam pot tanam.
  • Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi.
  • Jangan lakukan penyiraman selama 1 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *