Cara Membuat VCO Kelapa yang Praktis Mudah Dilakukan Penggunaanya

Cara membuat VCO kelapa – Cara membuat VCO kelapa yaitu adalah minyak yang dibuat menggunakan bahan baku dari kelapa segar, dengan cara diambil kernelnya lalu diproses menggunakan pemanasan yg terkendali ataupun tanpa menggunakan pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

cara membuat VCO kelapa

Coconut Oil ini mempunyai kegunaan besar bagi kesehatan. Memang baiknya kita tahu cara membuat coconut oil sendiri agar keasliannya bisa terjamin. Seperti sesebutanya, coconut oil berasal dari buah pohon kelapa. Jenis minyak ini mempunyai asam lemak jenuh yang tinggi berjenis medium chain triglycerides (MCT).

Oleh sebab itu, lemak ini tetap aman alasanya karena langsung diproses oleh hati menjadi energi. Berlimpah kegunaan minyak kelapa. Di antaranya yaitu menurunkan kolesterol jahat (LDL), bagi pasien diabetes, ataupun bagi kecantikan kulit. Akan tetapi, agar jangan berlebihan menggunakannya, jika saat mengonsumsi obat, sebaiknya untuk konsultasikan dulu kepada dokter sebelum menggunakan minyak kelapa….. 🙂

Pembuatan Coconut Oil

Cara membuat minyak kelapa sendiri tidak susah. Meski begitu, proses pembuatan minyak kelapa berbeda-beda. Ada berbagai cara membuat minyak kelapa sendiri. Silakan pilih mana yang dirasa paling pas.

 VCO Proses kering 

Pengolahan cara tradisional membuat coconut oil menggunakan pabrik berbahan sapi yg ada di Seychelles sebuah negara dekat Madagaskar Afrika Selatan . Pengolahan kering mengharuskan daging diekstrasi dari cangkang dan dikeringkan menggunakan api, sinar matahari, ataupun bisa menggunakan Kiln, Kiln adalah ruang berinsulasi termal,ya sejenis oven, yg menghasilkan suhu yg cukup untuk menyelesaikan beberapa proses seperti pengerasan, pengeringan, atau perubahan kimiawi untuk membuat kopra. 

Kopra diperas atau dilarutkan dengan pelarut,menghasilkan minyak kelapa dan tumbuk protein tinggi serat tinggi. Daging tumbuk berkualitas buruk untuk dikomsumsi manusia dan sebagai gantinya diumpankan ker Ruminisia, tidak ada proses untuk mengestrak protein dari tumbuhan.

VCO Proses basah

Proses serba basah menggunakan santan yg diekstrak dari kelapa mentah daripada kopra kering. Protein dalam santan membuat elmusi minyak dan air. Langkah yang lebih bermasalah adalah memecah emulsi untuk memulihkan minyak. Ini biasanya dilakukan dengan perebusan yang lama, Namun ini menghasilkan minyak yang berubah warna dan tidak ekonomis.

Virgin coconut oil (VCO) dapat diproduksi dari santan segar, daging, atau residu. Memproduksi dari daging segar melibatkan penggilingan basah atau mengeringkan residu, dan menggunakan alat sekrup pemeras untuk mengekstraksi minyak.

VCO juga dapat diekstraksi dari daging segar dengan cara diparut dan dikeringkan hingga kadar air 10-12%, kemudian menggunakan pengepres manual untuk mengekstrak minyaknya. Memproduksi dari santan melibatkan memarut kelapa dan mencampurnya dengan air, lalu memeras minyaknya.

Susu juga dapat difermentasi selama 36-48 jam, minyak dihilangkan, dan krim dipanaskan untuk menghilangkan sisa minyak. Pilihan ketiga melibatkan penggunaan centrifuge untuk memisahkan oli dari cairan lain. Coconut oil juga dapat diekstraksi dari residu kering yang tersisa dari produksi santan.

Seribu kelapa matang dengan berat sekitar 1.440 kilogram (3.170 lb)  menghasilkan sekitar 170 kilogram (370 lb) kopra dari mana sekitar 70 liter (15 imp gal) minyak kelapa dapat diekstraksi.

Cara Membuat VCO Kelapa

cara membuat VCO kelapa

Proses cara membuat VCO sendiri tidak susah. Meski begitu, proses membuat VCO berbeda-beda. Ada berbagai cara membuat VCO sendiri.

 

Pilihan cara membuat coconut oil sendiri ada 3. Anda bisa memilihnya sesuai selera. Anda juga bisa melakukan cara yg lebih mudah dan praktis menggunakan alat pembuat minyak kelapa. Sekarang tinggal mendapatkan kelapa sebagai bahan baku. Silakan pilih mana yang dirasa paling pas…. 🙂

Proses Fermentasi VOC Kelapa

Membuat coconut oil sendiri menggunakan metode fermentasi yaitu:
  1. Persiapkan bahan untuk memilih kelapa yang berkualitas baik, matang, segar.
  2. Dikupas-kupas lalu dagingnya diambil kemudian bersihkan.
  3. Parut dan campurlah dengan air matang. Lalu peras parutan tersebut.
  4. Pada air perasan kelapa parut, tuangkanlah ke dalam botol ataupun wadah.
  5. Kemudian simpan dan diamkanlah di ruangan bersuhu 32 derajat celcius selama 24 jam.
  6. Proses ini akan membuat air dan minyak terpisah. Ketika air sudah terpisah dengan minyak, segera saring.
  7. Jadi sampai tersisa minyak kelapa  berwarna putih pucat. Untuk teknik pemanasan pada proses ini membutuhkan kisaran waktu yang lebih singkat daripada dengan fermentasi.

Metode Pemanasan VCO Kelapa

Makanya dari cara ini dapat digunakan pada produksi yang jumlah besar. Cara membuat minyak kelapa sendiri dengan metode pemanasan yaitu sebagai berikut:
  1. Siapkanlah buah kelapa yg sudah dikupas dahulu.
  2. Ambil dagingnya. Parutlah daging kelapa dengan parutan.
  3. Hasil parutan lalu dicampur dengan air matang. Sesudahnya peras dan saring hingga menghasilkan santan.
  4. Tuangkan air santan tersebut ke penggorengan. Goreng dengan nyala api yang kecil.
  5. Aduk santan secara perlahan-lahan terus-menerus. Pada metode ini membuat santan akan menguap hingga menyisakan minyak dan juga ampasnya.
  6. Siapkan botol ataupun wadah, kemudian tuangkanlah coconut oil yang sudah jadi di situ.

Metode dengan Menggunakan Proses Penyaringan VCO Kelapa

Ada juga penyaringan menggunakan cara membuat VCO yang gampang mudah dilakukan di rumahmu sendiri yang lainya. Metode ini pun tidak begitu sulit, akan tetapi membutuhkan masa yg lumayan lama, yaitu 24 jam. Metode membuat minyak coconut oil sendiri menggunakan proses penyaringan yaitu caranya:
  1. Siapkan kelapa tua yg sudah dikupas.
  2. Potong dagingnya kecil-kecil. Haluskan dengan blender
  3. dan tambahkan air matang seperlunya.
  4. Saringlah hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air jika diperlukan. Lakukanlah berulang-ulang supaya santan yang dihasilkan banyak.
  5. Masukkan santan ke dalam wadah toples kemudian diamkan 24 jam lamanya, agar minyak kelapa dan santan terpisah.
  6. Menyimpannya di lemari pendingin atau di ruangan dingin saja agar dadih cepat terbentuk (disarankan).
  7. Buang dadih tersebut dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah. Juga bisa lebih mudah dan praktis menggunakan alat pembuat minyak kelapa.
Terima Kasih Untuk Jumpa Hari ini, Sampai Ketemu di Postingan Selanjutnya…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *