Categories
Uncategorized

Cara Membuat Steak Daging Sapi Enak Dan Sederhana

Hai semuanya! pada artikel ini saya akan membagikan cara membuat steak daging sapi sederhana yang pasti dijamin enak. Menu makanan ini sudah sangat populer di Indonesia, steak dengan bahan utama daging sapi sudah pasti menggoda selera.

Sejarah Steak

cara membuat steak daging sapi sederhana

Steak sudah terkenal pada tahun 1830-an, dimana disetiap negara memiliki cara memasak steak yang berbeda-beda karena disesuaikan dengan budaya adat di daerahnya tersebut. Seperti di Amerika steak seringnya dihidangkan dengan metode dipanggang. Dan berbeda juga dengan di Yunani, di negara ini steak lebih sering dimasak dengan metode dibakar.

Namun, sebelum terkenal seperti sekarang, menu steak di Indonesia pada zaman masih dikenal dengan nama bistik. Dimana steak masuk ke Indonesia pada zaman kekuasaan Belanda. Dimana orang-orang Belanda yang memperkenalkan hidangan bistik atau steak ke rakyat Indonesia.

Beragam aneka resep steak daging sapi pun, juga ikut sudah mulai beragam. Seperti yang kita tahu bahwa, steak itu sebenarnya bukanlah makanan yang berasal dari Indonesia, sehingga cara membuat hingga resep steak daging sapi pun banyak diinovasikan atau disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Cara Memilih Daging Sapi Untuk Steak

Sebelum mengetahui resep steak daging sapi, lebih baik cari tahu dulu bagaiaman cara memilih daging sapi terbaik untuk membuat steak karena tidak semua daging sapi bisa dijadikan steak. Berikut ini caranya :

  • Jenis – Jenis Daging Steak Terbaik yang Berasal dari Bagian-Bagian Tubuh (Sapi)

Jenis-jenis daging yang namanya berasal dari bagian tubuh hewan. Di antaranya adalah :
– Chuck
– Rib
– Short Loin
– Plate
– Brisket
– Flank
– Bottom Sirloin
– Round
– Shank

  • Menentukan Jenis Daging Sapi

Daging sapi khusus untuk steak, biasa dijual dengan beragam bentuk, jenis, dan ukuran, dengan harga dan teknik penyajian yang berbeda. Kalian juga bisa memilih jenis daging Flat Iron atau Flank Steak, untuk membuat steak yang cukup banyak.

Atau kalian juga bisa memilih jenis Porterhose atau Bone-in Rib-Eye, yang memiliki ukuran lebih tebal. Untuk jenis New York Steak juga memiliki potongan yang lebih tebal, dan jenis daging ini bisa digunakan untuk berbagai macam masakan.

  • Perhatikan Warna, Bau, dan Tekstur Daging Steak

Warna, bau, hingga tekstur daging sapi bisa memengaruhi kualitas steak. Namun, ternyata beberapa jenis daging juga memang memiliki warna merah yang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan oleh hewan tersebut.

Nah, disinikalian bisa memilih daging dengan warna merah tua, dimana warna merah tua diperoleh dari sapi pemakan rumput. Meski begity, warna daging memungkinkan bisa berubah warna, karena terjadinya oksidasi ketika sampai ke supermaket, namun hal tersebut tidak mengubah kualitasnya.

Pastikan pula, kalian memilih daging berbau segar, dan jangan memilih daging yang sudah berbau asam, busuk, atau bearoma tidak sedap. Selanjutnya tekstur juga penting tak kalah penting, karena jika kalian menemukan daging yang memiliki tekstur lengket ketika dipegang, maka daging tersebut sudah tidak segar lagi. Pastikan, tekstur daging kenyal dan kencang.

  • Perhatikan Lemak Daging (titik-titik putih pada daging)

Lemak putih yang terdapat pada daging sapi, atau yang disebut marbling. Tidak perlu khawatir terkait lemak yang ada pada daging, karena ternyata marbling merupakan sumber rasa daging steak dan juga keempukan. Dimana, sapi pemakan rumput akan menghasilkan marbling yang paling enak.

  • Perhatikan Kemasan, Tanggal Kadaluarsa, Hingga Kondisi Daging

Daging sapi biasanya dijual menggunakan kemasan styrofoam yang dibekukan dalam peti dingin. Nah, di sinilah kamu harus ekstra teliti untuk memperhatikan kemasan, tanggal kadaluarsa yang terdiri dari (tanggal pengemasan, tanggal pembekuan atau tanggal penggunaan), hingga kondisi daging.

Cara Membuat  Steak Daging Sapi

Bahan – Bahan Steak Daging Sapi:

3 iris besar steak daging sirloin
3 buah kentang (potong, rebus)
1 buah wortel (potong, rebus)
3 buah buncis (potong, rebus)
1 sdm mentega

Bumbu Steak Daging Sapi:

3 sdt kecap asin
3 sdm minyak goreng
1/4 sdt soda kue
3 sdm saus tiram
garam dan merica bubuk

Bahan dan Bumbu Membuat Saus Steak Daging Sapi :

1/2 bagian bawang bombay (cincang halus)
1 gelas sedang air
3 sdm tepung meizena
garam secukupnya
3 sdm kecap manis
1 sdt kecap inggris
3 sdm saus tomat
2 sdt gula palm

Cara Membuat Steak Sirloin Panggang :
  1. Pertama, dalam resep steak daging sapi berikut ini adalah, potong daging dengan Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku kemudian membumbui atau melumuri daging steak dengan bumbu hingga meresap dan semua bagian daging, baik di sisi belakang maupun di bagian depan terlumuri dengan merata oleh bumbu yang sudah terlebih dahulu disiapkan.
  2. Setelah daging dilumuri dengan bumbu secara merata. Jangan terlebih dahulu dimasak atau diberikan bahan lain.
  3. Diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging.
  4. Setelah didiamkan dengan waktu 30 menit, siapkan alat untuk memanggang.
  5. Untuk memanggang daging steak, panggang hingga kecokelatan dan matang.
  6. steak siap dihidangkan.

Nah, Bagaimana mudahkan membuat resep steak cara membuat steak daging sapi sederhana? Untuk mau resep empal goreng bisa baca di artikel resep empal goreng daging sapi Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *