Categories
Uncategorized

Resep Cara Membuat Macaron Coklat Moka Yang Enak dan Top Markotop

Halo readers, pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep cara membuat macaron coklat moka yang lezat, renyah, mudah dan tentu nya juga menarik untuk dihidangkan. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep kue macaron yang cantik berwarna-warni ini.

Sejarah Macaron

French Macaron pada dasarnya merupakan meringue-based cookies dengan macam2 variasi filling.  Macaron terbuat dari putih telur, gula dan almond bubuk. Variasi filling macaron sangat banyak, coklat, vanilla, lemon, green tea, rapsberry, caramel, pistachio dan macam2 lagi. Warna macaron yang menarik menjadikan kue mungil ini icon mode baru di Paris. Hampir di setiap pojok Paris ada saja yang menjual snack imut ini, bahkan saya juga menemukan macaron dijual di McCafe Champ Elysee. Jangan salah antara macaron dengan macaroon ( double o) tidaklah sama. Kalau macaroon itu sejenis cookie juga yang terbuat dari kelapa serut, bentuk dan rasanya sangat jauh berbeda dengan french macaron.

Asal Usul Macaron

Dari wikipedia disebutkan awalnya macaron berasal dari Italia sekitar abad ke 17. Adalah seorang Pierre Desfontaines yang menambahkan isi pada dua keping biscuit macaron sehingga terciptalah french macaron seperti sekarang ini. Laduree patisserie didirikan oleh Louis Ernest Laduree , kakek dari Pierre Desfontaines, pada sekitar tahun 1862. Macaron Laduree sangat populer tidak hanya di Paris dan Perancis.

macaron-coklat-moka

1. Resep Cara Membuat Macaron Coklat Moka

Bahan Membuat Macaron Coklat Moka :

  • 120 gr tepung almond,tepung ini tidak bisa digunakan untuk membuat mie.
  • 3 butir putih telur
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm icing sugar (untuk taburan)
  • 100 gr cokelat putih, dipotong-potong
  • 2 sdm krim kental
  • 1 1/2 sdt vanila bubuk
  • 50 gr gula halus
  • 200 gr icing sugar
  • 2 tetes pasta moca
  • isi : hazelnut chocolate spread

Cara Membuat Macaron Coklat Moka :

1. Siapkan panci berisi air sedikit saja, lalu letakkan mangkuk ditengah panci (air jangan sampai melebihi tingginya mangkuk).

2. Masukkan cokelat putih dan krim kental kemudian masak menggunakan api kecil, pastikan adonan tersebut sudah tercampur dengan rata.

3. Kemudian setelah itu angkat dan diamkan hingga kental dan dingin. Bahan olesan pun siap digunakan.

4. Siapkan sebuah loyang yang sudah diolesi dengan mentega tipis, kemudian tutup dengan kertas roti lalu sisihkan.

5. Selanjutnya kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga lembut kemudian tambahkan gula kastor lalu kocok terus hingga gula larut dan lembut. Lalu matikan mixer roti, kemudian tambahkan icing sugar dan juga tepung almond, aduk hingga merata dengan menggunakan spatula.

6. Selanjutnya, pindahkan adonan kue kedalam sebuah mangkuk yang lebih kecil. Jika kamu menginginkan beberapa warna yang berbeda pada kue macaron, maka adonan dapat dibagi didalam mangkok yang berbeda-beda sebanyak warna yang ingin dibuat.

7. Tuangkan pewarna makanan yang telah disiapkan sesuai selera kedalam adonan di masing-masing mangkuk, kemudian aduk rata.

8. Kemudian masukan adonan dalam kantong kue bentuk segitiga, lubangi ujungnya lalu semprotkan adonan di atas loyang.

9. Bentuklah bulatan-bulatan yang sama, jangan lupa berikan jarak sekitar 2 cm antar adonan agar saat adonan mengembang tidak saling menempel.

10. Selanjutnya taburkan icing sugar di atas adonan, lalu diamkan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit.

11. Lalu panggang adonan kue ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius kurang lebih selama 20 menit atau sampai matang. Lalu angkat, kemudian dinginkan kue macaron.

12. Yang terakhir oleskan satu bagian kue macaron dengan bahan olesan yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tutup kue macaron yang memiliki warna sama. Bentuk hingga menyerupai burger.

13. Sajikan

Tips Agar Kue Macaron Bagus dan Berhasil :

  1. Jangan menggunakan gula halus karena itu akan menghasilkan macaron dengan warna kusam dan bertekstur kasar. Lebih baik menggunakan icing sugar, jenis gula ini bisa di beli di toko bahan kue.
  2. Pastikan mixer roti dan mangkuk adonan dalam kondisi kering, karena dengan adanya air di dalam mangkuk atau mixer bisa menyebabkan kocokan putih telur tidak mengembang dengan baik.
  3. Jangan memanggang / meng oven kue ini dalam suhu terlalu panas atau diatas 200 derajat karena akan menyebabkan permukaan kue menjadi retak namun bagian dalamnya masih lembab.
  4. Isi kue macaron bisa diganti sesuai selera, misalnya dengan pindakas, selai, coklat pasta, whipped cream, butter cream, cream cheese, atau yang lainnya.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat kue macaron coklat moka sendiri di rumah. Jika kalian ingin melihat resep kue yang lainnya, kalian bisa melihat cara membuat dodol ketan hitam pada artikel ini. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep kue macaron sederhana di rumah sendiri. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya, Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *