Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin Mantul Jiwa!

Halo gais! Ketemu lagi sama saya di artikel resep makanan hehe. Kali ini saya ingin berbagi tentang Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin sama kalian. Cara bikinnya gampang kok jangan salah tanggap yah, makanya baca artikel ku biar kalian bisa pinter masak mau masakan berat atau makanan ringan yang kayak gini.

Ohiya ada yang tahu bagaimana sejarah dari singkong sampai bisa menyerbar di Indonesia? Hmm, saya kasih tahu deh! Singkong (Manihot Utilisima), disebut juga ubi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutan-hutan. Bangsa Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

Nah gais menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekira abad ke-16. Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa. Diperkirakan singkong diperkenalkan pertama kali di suatu kabupaten di Jawa Timur pada 1852. Peningkatan pesat penanaman singkong sejalan dengan pertumbuhan penduduk Pulau Jawa yang pesat.

Dan ditambah produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk. Terkait pertumbuhan penduduk ini kemudian muncul istilah “anak singkong,” yaitu anak yang lahir karena suburnya sang orangtua, yang membuat anak tanpa mengikuti program keluarga berencana. Ini berasal dari mudahnya menanam singkong.

Hmm, ada yang baru tahu kan? hehe. Bukankah artikel ini bermanfaat sekali? jangan lupa share ke temen-temen kamu yah. Oke kita langsung aja ke inti artikel.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin

cara membuat keripik singkong pedas asin

1. Resep Keripik Singkong Pedas Manis

Bahan – Bahan :

  • 1 kg Singkong
  • 2 sdm Baking soda
  • secukupnya Garam
  • 8 cabai merah
  • 4 cabai rawit
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Cuka atau air asam jawa
  • 2 buah Gula merah aren
  • 3 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis :

  1. Kupas potong potong tipis singkong, rendam pada air yang sudah diberi baking soda dan garam.
  2. Rendam 1/2 jam. Tiriskan singkong.
  3. Goreng dengan minyak yang sebelumnya sudah dipanasi.
  4. Masukkan singkong satu satu ya agar singkong tidak hancur.
  5. Goreng dengan api sedang. Angkat setelah singkong kering.
    Buat bumbu dengan merebus cabe sampai empuk.
  6. Tiriskan cabe dan masukkan ke dalam blender bersama gula merah yang sudah disisir, gula pasir, garam, cuka, sedikit air.
  7. Tumis dengan api sedang bumbu yang sudah dihaluskan.
  8. Bila sudah mengental, matikan api. masukkan singkong ketika bumbu masih panas.
  9. Aduk hingga rata

 

2. Resep Keripik Singkong Balado

Bahan – Bahan :

  • 3 buah singkong
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt garam
  • Air hangat
  • 15 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit orange
  • 5 siung bawang putih yang sudah dikupas dengan mesin pengupas bawang
  • 2 siung bawang merah
  • Minyak secukupnya
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam
  • 2 sdm air asam jawa
  • 4 lembar daun jeruk

Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

  1. Cuci bersih singkong, lalu potong tipis-tipis ya.
  2. Masukan air hangat, garam, baking soda, dan singkong. Aduk rata. Diamkan 1 jam.
  3. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin sampai singkong kalau direndam airnya tidak keruh ya, lalu keringkan.
  4. Panaskan api sedang ke besar, setelah panas (Api harus benar-benar panas) goreng sampai kecoklatan. Jangan lupa diaduk-aduk supaya merata dan tidak gosong.
  5. Blender Bumbu halus dengan minyak, setelah itu tumis di wajan lalu tambahkan daun jeruk, gula, garem. Koreksi rasa.
  6. unggu sampai bumbunya kemerahan artinya sudah matang. Lalu tambahkan air asam jawa, aduk dan matikan api.
  7. Masukan keripik singkong, aduk rata dalam bumbu sampai terbalut rata. (Tips: Api harus mati saat mengaduk keripik supaya keripik tidak alot).
  8. Masukan dalam toples, lalu tunggu dingin baru ditutup ya. Bisa buat stock nih, Selamat mencoba!

 

3. Resep Keripik Singkong Pedas

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg singkong
  • 3 bawang putih yang sudah diiris menggunakan mesin pengiris bawang
  • 6 bawang merah
  • 3 cabe merah besar
  • 8 cabe merah keriting
  • 3 sisir Gula jawa
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap rasa
  • Air
  • Minyak

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas :

  1. Potong potong singkong. Setelah itu direndam air hangat campur garam selama 30 menit.
  2. Masukan minyak secukupnya untuk menggoreng singkong. Goreng singkong hingga pinggiran singkong terlihat berubah warna cokelat, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Lalu tumis bahan alus sampai wangi, masukan air sedikit. Masukan garam,gula,penyedap rasa dan aduk aduk lalu cicipi rasanya.
  4. Setelah menumis bumbu hingga air menyerap, matikan kompor. Diamkan bumbu hingga adem supaya dimasukan singkongkan tetap garing.
  5. Setelah bumbu adem, masukan singkong dan aduk hingga rata disingkong.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia. Investasikan waktu sebaik mungkin, coba buka warung keripik singkong di depan rumah untuk menambah penghasilan walaupun sedikit, itu lebih baik daripada hanya tiduran sambil nonton tv tapi tidak mengahsilkan apa-apa selama pandemi.

Saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik singkong yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *