Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jus Tomat yang Segar

 

Sudah tidak asing lagi dengan tomat sendiri, tanaman ini juga biasa disebut sebagai tanaman sayuran. Tanaman yang banyak manfaatnya, manfaat terbaiknya bisa menyembuhkan mata kita yang sudah rabun.

Kebanyakan orang tahu bahwa buah ini hanya bisa dimakan atau dimasak saja, namun buah ini bisa dijadikan minuman yang nantinya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh terutama kesehatan mata.

Manfaat jus tomat sama dengan jus wortel yang memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata. Namun sebelum masuk ke cara membuat jus tomat, terlebih dahulu kita harus mengetahui asal muasal tomat dan apa saja manfaatnya bagi tubuh kita.

Aneka Resep Dan Cara Membuat Jus Tomat Dengan Banyak Kandungan

  1. Cara Membuat Jus Tomat Segar

Bahan:

  • 3 buah tomat matang atau sudah tampak kemerahan di kulit
  • 2 batang seledri besar
  • madu sesuai selera masing-masing
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • air matang secukupnya
  • es batu

Cara Membuat Jus Tomat Segar:

  1. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencuci tomat terlebih dahulu,
  2. Kemudian tomat jika sudah dikukus dalam wajan kurang lebih 4 menit. Untuk meningkatkan kadar likopen pada tomat.
  3. Setelah selesai mengukus, masukkan langsung ke dalam blender bersama daun seledri. Jangan lupa tambahkan sedikit air jeruk nipis ke dalamnya.
  4. Selanjutnya tambahkan air matang secukupnya ke belender. Jika semua sudah siap belender tunggu 2-3 menit hingga bahan tercampur hingga rata.
  5. Setelah itu sajikan dalam gelas, dan hiasi di atas gelas dengan irisan tomat agar lebih cantik.
  6. Terakhir tuangkan madu manis ke dalam jus dan tambahkan es batu sesuai selera, jus tomat siap dinikmati. Selain dibuat jus, ternyata tomat juga bisa digunakan untuk membuat keripik menggunakan mesin vacuum frying.

Sekilas tentang Tomat

Buah yang sering kita jumpai dan menjadi bahan makanan adalah tomat. Tanaman tomat ini berasal dari daerah beriklim tropis, buah tomat merupakan tanaman yang tumbuh liar dan jenis tanaman lainnya banyak tumbuh di Amerika Tengah.

Tanaman ini merupakan tanaman tomat pertama yang ditanam oleh orang Indian yang ditanam sebagai sumber makanan bagi mereka. Orang Peru dan Meksiko kemudian mulai menghargai pendanaannya untuk tanaman tomat.

Pada tahun 1490 tomat tersebut kemudian dibawa ke negara-negara Eropa di bawah pimpinan Columbus, perjalanannya memakan waktu hingga 2 tahun. Buah ini tercatat sebagai budidaya tomat pertama di Italia sebagai tanaman hias yang banyak digemari.

Ini membuktikan bahwa nama-nama yang diberikan oleh seseorang yang berasal dari negara Eropa seperti Apel Paradisian, Apel Cinta, Apel Emas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *