Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jus Apel Mudah Praktis Dan Menyehatkan! Berikut Ini

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat jus apel. Apel biasanya kulit merah saat matang dan siap dimakan, tetapi kulitnya juga bisa berwarna hijau atau kuning. Kulitnya agak lunak, dagingnya keras. Buah memiliki beberapa biji di dalamnya. Apel Biasaya sering dibuat dari berbagai olahan seperti pie, permen, dan juga jus buah.

Cara membuat Jus Apel

Cara Membuat Jus Apel

Bahan yang dibutuhkan dalam cara membuat jus apel:

  •     1 apel merah atau hijau segar.
  •     2 sendok makan gula.
  •     Susu kental manis secukupnya.
  •     cukup air.
  •     es batu secukupnya.

Langkah-langkah dan cara membuat jus apel:

  1.     Kupas kulit apel dan buang bijinya.
  2.     Masukkan apel yang sudah dikupas bersih ke dalam blender sampai dipotong-potong.
  3.     Tuang air ke dalamnya lalu tambahkan gula yang telah disiapkan.
  4.     Saya mencuri dengan susu kental manis yang cukup putih.
  5.     Blender gunakan blender serbaguna dengan kecepatan sedang hingga halus dan lunak selama sekitar 3 menit.
  6.     Masukkan es batu ke dalam gelas saji.
  7.     Tuang jus apel olahan ke dalam gelas.
  8.     diamkan sebentar lalu aduk jus apel.
  9.     Jus apel sederhana siap disajikan.

Manfaat Buah Apel

Apel dikenal kaya akan fitonutrien dan anti-oksidan, flavonoid dan folifenol. Total kandungan kekuatan antioksidan (nilai ORAC) dalam 100 apel mencapai 5.900 TE. Flavonoid dalam apel termasuk quercetin, epicatechin, dan procyanidin B2. Inilah manfaat makan apel.

1. Membantu kerja usus kecil

Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus kecil sebagai pengolah makanan dan mengambil nutrisi-nya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah sembelit dan gangguan pencernaan yang terjadi di usus.

2. Mengurangi risiko gangguan pernapasan

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi jus apel secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit pernapasan. Selain itu, wanita hamil yang rutin mengonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pernapasan anak di dalam rahim.

3. Rongga mulut dan gigi yang sehat

Ternyata apel juga memiliki fungsi tablet untuk kesehatan mulut dan gigi, mengonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu tanin yang terkandung dalam apel, bersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

4. Memberikan perlindungan pada tulang

Kandungan flavonoid (phloridzin) adalah manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron dalam apel juga berfungsi untuk menguatkan tulang dalam tubuh sehingga tidak keropos. Ini juga sangat baik untuk pencegahan gejala penyakit rematik

5. Kontrol gula darah

Asam galakturonat dipasok oleh apel untuk mengurangi kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Karena itu, apel baik untuk orang yang memiliki riwayat genetik diabetes sehingga tidak bertambah dan menjadi lebih serius

6. Cegah dan Obati Kanker

Manfaat apel ini ditemukan dalam senyawa triterpenoid pada kulit apel, yang diidentifikasi dalam studi Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menyebabkan gejala kanker payudara, hati, dan kanker usus besar.

Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, proses anti-inflamasi, antiproliferatif, dan apoptosis yang diterbitkan dalam jurnal Planta Medica.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Apple telah terbukti digunakan untuk melindungi sel-sel saraf yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

8. Mencegah Parkinson

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapat manfaat dalam melindungi terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan kelainan penghasil dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah mengaitkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

9. Mengurangi Kolesterol

Bagi Anda yang gemuk atau memiliki LDL tinggi, Anda harus beralih ke apel. Serat larut yang ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak di usus, yang diterjemahkan fungsinya untuk mengurangi kadar kolesterol.

10. Baik untuk pencernaan

Apel adalah buah-buahan yang kaya serat dan berbagai vitamin dan mineral yang mudah dicerna oleh tubuh, oleh karena itu apel adalah salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk pencernaan.

Mudah bukan cara membuat jus apel?  Ternyata buah apel memilliki segudang nutrsi yang bermanfaat ya! Demikian artikel tentang cara membuat jus apel. Jika anda menyukai resep cara membuat jus apel silahkan dicoba dirumah. Dan Anda bisa menikmatinya di ruangan yang dingin, jika AC Anda rusak bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *