Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jenang Tepung Beras Yang Manis dan Lembut

Negara Indonesia bukan hanya kaya akan budaya dan kekayaan alam, namun juga memiliki kekayaan dalam hal kulinernya. Banyak bermacam-macam makanan nusantara dari yang lezat sampai ekstrem jadi buruan pecinta kuliner. Salah satunya jenang, makanan tradisional Indonesia ini hampir ada di setiap daerah.

Jenang

jenang tepung berasApa sih, jenang? jenang bisa juga disebut dodol. Di pulau jawa khususnya di daerah seperti Solo dan Yogyakarta jenang adalah penyebutan untuk bubur dan sejenisnya.

Jenang adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang masih ada hingga sekarang. Jenang umumnya bisa didapati dijual di pasar-pasar tradisional. Namun, kian hari keberadaannya semakin menyusut. Kebanyakan penjaja jenang juga adalah orang-orang tua yang sudah sepuh. Meski semakin langka, jenang tetap banyak dicari oleh banyak orang.

Selain membeli jenang, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Terlebih jika di daerah Anda cenderung susah mencari penjual jenang yang Anda inginkan.

Dalam membuat jenang terkenal cukup panjang dan rumit dalam proses pengolahannya. Sama hal nya dengan pembuatan dodol, resep dan pembuatan jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol juga resep jenang ketan gula merah. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah. Kalian juga bisa membuat jenang sumsum sendiri di rumah dengan melihat referensi cara bikin jenang sumsum pada website ini.

Jika anda berniat membuat jenang di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan. Pada dasarnya mesin pengaduk dodol ini juga dapat dipakai untuk mengaduk atau memasak jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya. Dengan menggunakan mesin ini dapat membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat jenang dengan jumlah produksi yang banyak.

Jika kalian berminat membuat Jenang Tepung Beras, berikut ini saya paparkan beberapa Resep dan Cara Bikin Jenang Tepung Beras yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep Dan Cara Membuat Jenang Tepung Beras

membuat jenang tepung beras

Jenang Tepung Beras Sederhana

Bahan- bahan :

  • Tepung beras 100 g
  • Santan 800 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 6 lembar

Cara Membuat Jenang Tepung Beras Sederhana :

  1. Langkah pertama menyiapkan santan sebanyak 650 ml lalu bagi menjadi 2 gelas.
  2. Setelah itu rebus 1 gelas santan dan 5 lembar daun pandan dengan menggunakan api kecil, sambil diaduk secara merata.
  3. Langkah berikutnya ambil satu gelas santan dan tuang ke dalam tepung beras sambil diaduk-aduk agar adonan tidak menggumpal. Lalu tambahkan 1 sdt garam
  4. Jika sudah selesai, masukan adonan ke dalam santan yang tadi direbus. Jangan lupa untuk tetap mengaduk agar tidak menggumpal.
  5. Jika sudah tercampur rata matikan api, setelah itu potong-potong gula merah dan rebus dengan api kecil.
  6. Langkah berikutnya, masukan daun pandan ke dalam rebusan tadi dan aduk – aduk semuanya hingga merata.
  7. Setelah itu rebus sisa santan yang tadi sebanyak 200 ml untuk di jadikan sebagai kuah.
  8. Kemudian cara penyajiannya, tuangkan bubur sumsum dan tuang kuah santan yang sudah dibuat tadi dan bubur sumsum pun siap untuk dihidangkan.

Jenang Tepung Beras Keju

Bahan-bahan :

  • 200 ml santan kara siap pakai
  • 3 sendok tepung beras
  • 35 gram keju kraft chedder
  • 100 gram palm sugar atau gula merah
  • 300 ml gram air

Cara Membuat Jenang Tepung Beras Keju :

  1. Pertama campurkan 300 ml air dan palm sugar atau gula merah, lalu panaskan hingga mendidih, jika sudah angkat dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya, masukkan santan ke dalam panci kecil, campurkan dengan 300 ml air lalu aduk – aduk hingga merata dan berikan taburan parutan keju.
    Sisihkan sebagian rebusan santan yang telah bercampur air tadi ke dalam gelas panjang.
  3. Jika sudah, berikutnya masukkan tepung beras ke dalam gelas yang berisi santan dan aduk merata hingga tepung tidak ada lagi yang menggumpal.
  4. Lalu nyalahkan api, masak santan yang di panci dengan api kecil sambil diaduk. Setelah mendidih masukan campuran tepung yang di gelas tadi dan santan sedikit demi sedikit ke dalam panci sambil terus diaduk.
  5. Langkah selanjutnya, jika sudah matang bubur akan meletup-letup matikan api dan diamkan bubur sebentar.
  6. Sajikan bubur / jenang sumsum ke dalam mangkuk dengan disiram air gula yang yang sudah dibuat tadi, lalu tambahkan taburan parutan keju di atasnya.

Sekian sedikit informasi tentang Cara Membuat Jenang Tepung Beras yang bisa kami berikan untuk Anda, Anda bisa gunakan referensi ini untuk memulai usaha atau untuk Anda coba praktikan sendiri dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *