Categories
Uncategorized

Cara Membuat Gelato Italia, ala Restoran Italia Asli lho!

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan artikel dengan judul Cara Membuat Gelato Italia, ala Restoran Italia Asli lho!. Seperti yang telah tertera di dalam judul, saya akan membagikan resep gelato yang mirip banget dengan gelato asli Italia.

Selain resep gelatonya, saya juga akan berbagi tips dalam supaya dapat berhasil dalam sekali percobaan!

Pertama-tama, kita simak dulu penjelasan gelato di bawah ini ya.

Apa sih Gelato itu?

Gelato, siapa yang tidak kenal dengan es krim hits yang satu ini?

Pasti kebanyakan dari kita sudah pernah mencobanya bukan? Asalnya dari Negara Spaghetti, yakni Italia. Namun, walaupun makanan hits ini sudah buka gerai di Indonesia, tidak semua daerah memiliki gerai gelato, lho!

Nah, bagi kalian yang daerahnya belum terdapat gerai gelato, jangan sedih dulu!

Karena kini, kalian bisa membuat gelato sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan rasanya ala Restoran Italia banget!

Sebelum beranjak ke tips dan cara membuatnya, yuk simak dulu mengenai apa itu gelato?

Gelato berasal dari kata congelato dalam bahasa Italia, yang berarti beku. Kata ini diambil dari kata congelare berarti membekukan yang menjadi proses utama dalam pembuatan gelato.

Tips Membuat Gelato Italia Anti Gagal

Alangkah kesalnya apabila kita telah meluangkan waktu dan uang untuk membuat es krim gelato sendiri, namun ternyata gagal.

Es menjadi kurang padat, tidak lembut, dan bahkan cepat sekali mencair. Padahal sudah mengikuti resep terpercaya di internet.

Kenapa masih bisa gagal? Nah, untuk meminimalisir kegagalan tersebut sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tips-tips cara membuat gelato yang satu ini:

1. Menggunakan Susu yang Rendah Lemak

Bahan utama es krim adalah susu yang mengandung lemak. Lemak inilah yang menjadikan es krim kita lembut dan lezat. Oleh karena itu, saat membeli bahan baku untuk membuat es krim gelato ini pastikan kamu memilih susu full cream atau full fatĀ ya!

2. Wadah Tidak Menghantarkan Dingin

Dalam membuat es krim, tentu kita akan sangat fokus kepada bahan baku yang akan digunakan saja. Hal-hal lainnya seperti media yang digunakan sebagai wadah kerap kali kita sepelekan. Media yang digunakan sebaiknya terbuat dari aluminium atau besi yang dapat menghantarkan dingin dengan baik.

3. Bahan Baku Tidak Dingin

Selain wadah yang sebaiknya bersuhu dingin, bahan baku yang digunakan pun sebaginya dalam keadaan dingin juga. Nah, oleh sebab itu sebelum membuat es krim lembut gelato, simpan bahan baku ke dalam kulkas terlebih dahulu. Suhu bahan baku yang dingin dapat mempercepat es krim gelato menjadi padat lho!

4. Tidak Sabar Menunggu

Membuat es krim gelato sendiri di rumah bukanlah hal yang sulit, namun dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Hal ini dikarenakan, es krim gelato harus berkali-kali dikocok dan dibekukan. Langkah ini harus diulangi kurang lebih sebanyak 3 kali untuk memperoleh es krim gelato yang padat dan lembut.

Cara Membuat Gelato Italia, ala Restoran Italia Asli

cara membuat gelato italia

Bahan:

  • 3 butir kuning telur
  • 200 ml whipping cream, kocok lepas hingga mengembang
  • 60 gram gula pasir
  • 180 ml susu cair
  • sejumput kecil garam
  • 3 sdm kopi bubuk instan tanpa gula
  • 40 gram gula pasir

Langkah Membuat Gelato Italia:

  1. Pertama-tama, kocok kuning telur dan gula menggunakan whisk atau mixer sampai putih mengembang. Pengocokan ini dilakukan di wadah anti panas.
  2. Kemudian masukkan susu cair putih sedikit demi sedikit dan garam sambil dikocok rata dengan kecepatan sedang. Lalu, tambahkan kopi instan yang ducampur dengan gula, aduk merata secara perlahan.
  3. Masukkan wadah berisi adonan ke panci yang berisi air panas. Taruh di atas api sedang sambil terus diaduk selama kurang lebih 8 menit, hingga mengental.
  4. Selanjutnya, matikan kompor dan tunggu sejenak. Lalu pindahkan wadah berisi adonan ke baskom yang berisi air dingin. Aduk selama kurang lebih 2 menit sampai dingin.
  5. Kemudian dinginkan adonan ke dalam kulkas.
  6. Setelah itu, masukkan whipping cream kocok sedikit demi sedikit ke dalam adonan gelato sambil diaduk perlahan.
  7. Gelato Italia siap disajikan!

Bagaimana? Yuk langsung eksekusikan resepnya sekarang juga! Aroma kopinya yang nikmat, menjadikan mood kita kembali good.

Selain memakannya dengan cone, es krim gelato italia ini juga nikmat disantap dengan topping favorit kita. Tentu ini menjadi kabar baik bagiĀ  penikmat es krim dengan extra topping! Misalnya saja potogan puding atau agar.

Cara membuat puding sama mudahnya dengan cara membuat agar-agar. Mulai dari agar-agar rasa buah, milky, coklat, semua cocok. Jadi, tidak perlu ragu lagi, segera eksekusi resepnya, ya!

Sekian artikel tentang Cara Membuat Gelato Italia kali ini, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *