Categories
Uncategorized

Cara Membuat Coklat Buatan Rumah yang Sangat Lezat

Kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat coklat yang bisa Anda buat di rumah. Untuk mendapatkan cokelat yang bisa Anda konsumsi sekarang, proses pembuatannya melewati tahap penyulingan yang panjang, mulai dari memilih buah kakao yang paling matang, dicuci bersih, kemudian difermentasi, dikeringkan dan dipanggang.

Proses selanjutnya adalah menggiling biji kakao menjadi pasta cokelat. Pasta cokelat ini akan dipisahkan menjadi lemak coklat dan bubuk kakao yang kemudian diolah menjadi berbagai jenis cokelat di pasaran.

Tidak hanya satu jenis, ternyata banyak jenis cokelat yang beredar di dunia. Meski memiliki warna yang hampir sama, masing-masing jenis cokelat ternyata memiliki kandungan pasta cokelat dan lemak coklat yang berbeda sebagai ciri khasnya.

Cara Membuat Coklat

Cara Membuat Coklat

Bahan yang Dibutuhkan:

  •     460 gram cokelat
  •     250 mililiter krim susu.
  •     1 sendok makan rasa vanilla.
  •     50 gram gula rafinasi.
  •     Air yang cukup untuk menghemat batang cokelat

Langkah-langkah Cara Membuat Cokelat:

  1.     Tempatkan cokelat dalam mangkuk kaca / keramik tahan panas, sisihkan.
  2.     Rebus air dalam wajan sampai menguap.
  3.     Tempatkan gelas / mangkuk keramik yang diisi dengan cokelat dalam panci air
  4.     yang telah menguap, aduk perlahan sampai cokelat meleleh.
  5.     Tambahkan krim susu, aduk hingga tercampur rata.
  6.     Tambahkan gula halus, aduk kembali perlahan hingga tercampur rata.
  7.     Tuang bumbu vanila, aduk lagi sampai tercampur rata, angkat api.
  8.     Tuang campuran cokelat susu ke dalam cetakan, biarkan sampai suhu normal.
  9.     Masukkan ke dalam kulkas atau freezer sampai mengeras.
  10.     Keluarkan cokelat cetakan dari kulkas atau freezer.
  11.     Susun dalam wadah, cokelat susu dan cokelat Silverqueen siap dinikmati bersama keluarga. Atau bisa juga dikemas menggunakan mesin cup sealer.

Tips untuk Cara Membuat Coklat

  1.     Pastikan cokelat tidak terkena air saat meleleh sehingga cokelat tidak menggumpal.
  2.     Usahakan juga saat mengukus mangkuk cokelat yang kita gunakan cukup besar dibandingkan dengan ukuran wajan agar uap air tidak keluar dan mengenai cokelat kita.
  3.     Potong cokelat menjadi potongan-potongan kecil sehingga proses peleburan cokelat menjadi lebih cepat
  4.     Saat mencairkan cokelat putih atau warna cokelat, jangan kepanasan, matikan kompor jika air mendidih, cukup gunakan air panas
  5.     Perhatikan saat Anda ingin mengeluarkan cokelat dari cetakan sehingga cokelatnya benar-benar mengeras sehingga mudah keluar dari cetakan.
  6.     Cokelat yang belum mengeras dan belum waktu untuk dikeluarkan dari cetakan juga akan sulit untuk mengeluarkan cokelat dari cetakan maka cokelat akan rusak dan rusak jika kita memaksakannya.
  7.     Gunakan cokelat berkualitas baik untuk cokelat putih dan warna, karena ada beberapa merek cokelat, meskipun kami bekerja sama dengan api kecil dan air yang tidak terlalu panas, cokelat ini akan menggumpal sehingga tidak dapat digunakan untuk mengisi cetakan
  8.     Cokelat yang baik adalah cokelat yang meleleh benar tidak akan meleleh
  9.     Jangan menyimpan cokelat yang belum diproses di lemari es karena tidak akan mulus saat meleleh
  10.     Jangan menyimpan cokelat yang sudah diproses di lemari es karena akan mengembun, hanya di ruangan yang dingin.
  11.     Lebih baik tidak menyimpan cokelat yang diproses dan yang tidak diproses di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena akan cepat merusak cokelat, terutama warna cokelat yang akan pudar warnanya.

Peluang Bisnis Coklat

Peluang uasaha cokelat ini sangat menggugah selera dan ramai di pasaran. semua jenis cokelat olahan mulai dari minuman, makanan, makanan ringan, dan sebagainya sangat laris di pasaran.

Meskipun ada banyak produk impor di pasar, produk dalam negeri tetap ada di masyarakat. salah satunya adalah bisnis cokelat rumahan ini.

Dengan beragam desain dan citarasa yang menggoda tidak hanya anak-anak yang suka cokelat, tetapi dari muda hingga tua banyak yang suka cokelat.

Untuk menjalankan bisnis cokelat rumahan tidaklah sulit. untuk alat itu sendiri juga bisa menggunakan alat yang digunakan sehari-hari. untuk bahan baku juga sangat mudah ditemukan di pasaran.

Untuk bahan baku, Anda harus menggunakan produk-produk berkualitas untuk menciptakan rasa yang lebih lezat.

Secara garis besar, bisnis cokelat rumahan ini sangat mudah dijalankan. biasanya produk yang sering dipasarkan adalah coklat putih, hitam, merah muda, greentea, dan banyak lainnya.

Strategi Pemasaran Bisnis Cokelat

Untuk memperkenalkan bisnis cokelat rumahan Anda, Anda dapat ikut serta dalam berbagai pameran yang sering diadakan di kota Anda. Anda juga dapat membagikan brosur tentang bisnis Anda.

Pemasaran secara online juga dapat dilakukan karena internet dapat mengenalkan produk bisnis rumahan anda dengan cepat ke seluruh penjuru dunia.

Kunci sukses peluang bisnis coklat terletak pasa kreatifitas dan inovasi produk yang anda tawarkan.

Jadi itu tadi ulasan tentang cara membuat coklat untuk bisnis rumahan. Jika AC Anda bermasalah bisa service AC rutin di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *