Inilah Cara Memasak Kerang Hijau Asam Manis Pedas Tanpa Ribet

Ingin masak kerang hijau tapi belum pernah nyoba? Tenang… Pada artikel kali ini kita akan membahas cara memasak kerang hijau asam manis pedas

Kerang Hijau

Kerang merupakan salahsatu jenis mollusca dengan cangkang yang pipih dan berwarna kehijauan. Cangkang kerang ini juga akan bertambah besar ketika kerang tersebut tumbuh

Kerang ini terbilang mudah untuk ditemukan dan harganya pun terbilang murah. Meskipun begitu, olahan kerang hijau tidak hanya dijual oleh pedagang kaki lima atau warung pinggir jalan namun juga di restoran mewah

Tidak hanya direbus, cara mengolah juga bisa diolah dengan cara lain salahsatunya dibakar. Alat yang dapat dipakai yakni panggangan sosis.

Tips Memilih Kerang Hijau

  1. Kerang hijau dapat juga menyebabkan keracunan, untuk menghindari hal tersebut kerang yang diilih harus dipanen dari perairan yang relatif bersih.
  2. Terkadang menyantap kerang yang berkualitas pun bisa saja membuat pusing. Jika ingin menghindari hal ini, disarankan untuk tidak langsung merebus kerang bercangkang yang kalian beli dalam keadaan segar. Cuci dan rendam kerang hijau terlebih dahulu.
  3. Kalian sebaiknya juga tidak memasak kerang segar yang masih bercangkang namun tanpa air. Nantinya kerang akan mengeluarkan air laut dari tubuhnya ketika dimasak. Inilah penyebab pusing setelah menikmati kerang.
  4. Kerang dengan ukuran kecil paling cocok disantap dalam keadaan mentah.
  5. Semakin besar ukuran kerang, semakin padat juga dagingnya. Dengan begitu sesuaikan saja dengan selera kalian
  6. Pastikan kalian memilih kerang yang tidak mengeluarkan bau busuk. Kerang segar seharusnya beraroma amis, namun tidak menyengat.
  7. Kerang yang telah dikupas masih layak konsumsi yakni memiliki daging yang kesat, tidak berlendir, dagingnya pun tidak mudah hancur, juga tidak terlalu liat.
  8. Pilih kerang kupas yang warnanya terlihat alami. Tidak terlalu pucat, juga tidak terlalu mencolok warnanya. Kerang kupas yang warnanya terlalu mencolok biasanya telah diberi pewarna. Terlebih lagi jika tekstur dan aromanya mencurigakan. Anda perlu waspada.

Cara Membersihkan Kerang Hijau :

  1. Jika kalian membeli kerang yang masih bercangkang, cuci bersih dahulu sebelum dimasak. Sikat cangkangnya untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  2. Cuci kerang di bawah air mengalir sambil digosok-gosok tujuannya untuk pasir yang ada di dalam cangkang dapat keluar.
  3. The Spruce Eats menyarankan untuk merendam kerang bercangkang ke dalam larutan air tawar dan garam selama beberapa jam. Langkah ini cukup efektif untuk mengeluarkan sisa air laut dan pasir di dalam kerang.

Tips Memasak Kerang Hijau :

  1. Rebus kerang dengan begitu cangkangnya akan terbuka.
  2. Jika ingin menikmati kerang dalam keadaan segar, simpan dulu kerang ke dalam freezer kira-kira 15 sampai 20 menit. Kemudian keluarkan dan diamkan selama beberapa menit sebelum membuka cangkangnya, dengan ini otot yang membuat cangkangnya tertutup akan melemas.
  3. Hindari penggunaan api besar dan memasak kerang terlalu lama, agar dagingnya tidak mengerut liat saat dinikmati. Matikan api dengan segera jika cangkang kerang sudah terbuka.
  4. Jika kalian tidak menyukai bau amis kerang, gunakan rempah-rempah yang menghasilkan aroma harum misalnya daun jeruk, salam dan serai ketika mememasaknya.
  5. Jika ingin memasak kerang di lain waktu, Simpan kerang ke dalam freezer. Waktu penyimanan disarankan tidak lebih dari dua hari.

Baca Juga : Resep Asam Padeh Ikan Tongkol Khas Padang Dengan Kuah Kental nan Pedas

Cara Memasak Kerang Hijau Asam Manis Pedas :

Bahan-Bahan :

  • 1/2 kg kerang hijau
  • Saus sambal 2 sdm
  • Serai 1 batang
  • Saus tiram 1 sdm
  • Daun salam 1 lembar
  • Minyak goreng sedikit
  • Gula dan garam secukupnya

Bumbu Halus :

  • Tomat 1 buah
  • Cabe merah 5 buah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih kerang hijau dahulu dan biarkan berangkang
  2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, daun salam dan serai hingga harum
  3. Tambahkan saus sambal, saus tiram, juga gula dan garam secukupnya
  4. Masukkan kerang yang sudah dicuci tadi, kemudian masak kerang sampai cangkangnya terbuka
  5. Aduk masakan sehingga bumbu dapat meresap, jika sudah matikan api dan sajikan
  6. Kerang hijau asam manis pedas siap dinikmati

Ingin tahu resep kerang hijau yang jauh lebih lengkap? baca artikel ini

Itulah beberapa cara dan tips mulai dari memilih kerang yang berkualitas, cara membersikan kerang yang benar sampai cara memasak kerang hijau kerang hijau asam manis pedas

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang ingin mencoba mengolah kerang. Sampai berjumpa di artikel selanjutya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *