Categories
Uncategorized

Cara Buat Agar-agar Santan Pandan yang Mudah dan Murah

Dalam artikel ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai Cara Buat Agar-agar Santan Pandan yang Mudah dan Murah. Namun, sebelum menuju ke resep-resepnya saya ingin mengajak kalian untuk melihat penjelasan singkat mengenai agar-agar. Yuk, simak di bawah ini!

Apa itu Agar-agar?

Agar-agar adalah makanan yang terbuat dari jenis rumput laut atau yang biasa disebut algae. Algae yang sering digunakan sebagai suplemen atau obat ini memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi.

Algae memiliki jenis yang beragam, namun untuk agar umumnya dibuat dari red algae atau alga merah.

Di Negara Sakura, agar seringkali digunakan sebagai makanan penurun berat badan. Agar ini biasanya disebut “kanten”, nah sebutan untuk diet dengan mengonsumsi agar disebut dengan “diet kanten”.

Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal makanan manis ini. Tahukah kamu ada berapa jenis agar-agar di pasaran? Tentu umumnya orang akan menjawab 1 yaitu bubuk.

Rupanya, jawaban tersebut kurang tepat lho!

Jenis agar-agar di pasaran terdiri dari 3 jenis yaitu yang berbentuk batang, bubuk, dan juga kertas. Namun saat ini, agar-agar berbentuk batang dan kertas sudah jarang ditemui.

Agar-agar Santan

Dulu, agar-agar hanya dicampurkan dengan perasa buah dan juga gula sebagai penambah rasa. Sedangkan sekarang, ada banyak kreasi dari agar-agar yang salah satunya adalah agar-agar santan.

Agar-agar yang memiliki rasa manis dan lembut ketika dicampurkan dengan santan, akan memiliki rasa yang manis dan gurih.

Rasa yang terbilang unik ini rupanya digemari banyak orang terutama Indonesia. Karena masyarakat Indonesia lebih menyukai cita rasa yang kaya. Dengan tambahan santan, agar-agar akan memiliki rasa yang creamy.

Manfaat Agar-agar Santan

Lalu apa saja manfaat penting yang didapat tubuh setelah mengonsumsi agar-agar? Di bawah ini merupakan manfaat agar-agar (dalam dosis yang wajar) yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Membantu mengendalikan gula darah

Manfaat ini didapat selama dalam pembuatannya tidak menggunakan gula dalam jumlah yang banyak. Agar-agar dapat secara efektif mengendalikan gula darah dikarenakan kandungan tertentu yang dimiliki algae.

  1. Mengatasi sembelit

Agar-agar mengandung serat yang cukup tinggi. Hal lainnya yang dipercaya mampu mengatasi sembelit juga karena agar-agar memiliki tekstur yang lembut sehingga mampu mengurai feses dengan lebih baik.

Cara Buat Agar-agar Santan Pandan Mudah dan Murah:

cara buat agar agar santan

Bahan Agar-agar Santan:

  • 1 sch agar plain
  • 3 sdm tepung maizena
  • 3 gelas / 600 ml air santan
  • 1 vanili bubuk
  • 5 sdm gula putih
  • 2 Daun pandan atau 1 sdt perasa pandan

Cara Buat Agar-agar Santan Pandan:

  1. Campurkan semua bahan menjadi 1 ke dalam panci. Aduk-aduk hingga merata, kemudian rebus semua bahan dengan api sedang. Terus diaduk-aduk supaya adonan tidak menggumpal.
  2. Setelah mendidih, matikan api dan tunggu hingga uap panasnya hilang. Lalu bagi adonan menjadi 2, setengah letakkan di cetakan sedangkan sisanya biarkan di dalam panci.
  3. Adonan yang berada di cetakan biarkan agak memadat. Adonan yang berada di dalam panci direbus ulang dengan menambahkan daun pandan atau perasa pandan. Tunggu hingga mendidih, lalu matikan kompor.
  4. Setelah itu, cek apakah permukaan atas dari adonan putih sudah sedikit mengeras, letakkan adonan pandan di atasnya.
  5. Setelah agar-agar sedikit hangat, masukkan ke dalam kulkas. Tinggalkan selama 2 – 4 jam.
  6. Agar-agar santan pandan, siap dinikmati!
Bagaimana? Mudah bukan cara buat agar-agar santannya?

Ternyata untuk membuat agar santan ini, semudah cara membuat pudding ya? Walaupun tanpa menggunakan topping apapun, rasanya akan terasa kaya karena adanya santan.

Topping juga dapat dipilih bagi kamu yang ingin menambah kaya rasa agar-agarnya. Topping yang bisa dipilih adalah ice cream. Resep ice cream lembut pun sangat mudah.

Namun, bagi kalian yang tidak menyukai santan, dapat mecoba cara buat agar-agar kreasi lainnya. Seperti agar-agar coklat dengan vla, agar-agar tutty fruity, dan yang lainnya.

Sekian artikel saya mengenai Cara Buat Agar-agar Santan Pandan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *