Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Bawang Stik Sedap

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai cara membuat keripik bawang stik buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep keripik bawang yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, sayur nangka muda ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk keripik ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung keripik bawang didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Cara Membuat Keripik Bawang Stik Kaya Akan Khasiat

1. Resep Keripik Bawang Crispy

Bahan – Bahan :

  • 10 sdm Tepung terigu
  • tepung jagung
  • garam
  • ketumbar
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 potong bawang bombay, cincang
  • Seikat daun bawang, iris tipis
  • Segenggam daun seledri, iris tipis
  • 1 sdt minyak goreng untuk adonan
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng keripik

Cara Membuat Keripik Bawang Crispy :

  1. Didihkan air, masukkan bawang bombay yang sudah dicincang.

  2. Setelah mendidih, saring, kemudian sisihkan airnya.

  3. Campurkan tepung terigu, ketumbar, merica dan garam kedalam wadah mangkuk. Lalu aduk rata.

  4. Masukkan bawang bombay dan air bekas didihan bawang tadi ke dalam adonan. Lalu uleni jadi satu sampai kalis.

  5. Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam adonan, uleni lagi hingga menyatu. Bentuk sesuai keinginan lalu goreng.

     

2. Resep Keripik Bawang Tanpa Telur

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg tepung terigu
  • 1/4 kg tepung sagu
  • 2 batang daun seledri dan 1 batang daun bawang iris tipis
  • 1 1/2 sdm garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 100 gr margarin
  • 350 ml air
  • 5 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang

Cara Membuat Keripik Bawang Tanpa Telur :

  1. Campur tepung terigu sagu garam Lada bubuk irisan daun seledri dan bawang kedalam baskom
  2. Panaskan air margarin dan bawang putih yg sdh dihaluskan kedalam panci masak dengan api kecil aduk smp larut
  3. lalu tuang panas2 kedalam baskom yg berisi campuran tepung tadi aduk rata dgn centong
  4. Setelah adonan agak hangat uleni smp tidak ada yg menempel ditangan diamkan selama 20 mnt spy mudah dibentuk tutup dgn plastik spy adonan yg atas tdk kering
  5. Bagi adonan menjadi bbrp bagian lalu giling di no 6 lipat lalu giling lg lakukan smp habis
  6. Setelah digiling potong2 seseuai selera kotak2 / bentuk stik lalu taburi dgn terigu spy tdk lengket dan menempel
  7. Panaskan minyak goreng dgn api sedang sambil diaduk2 smp kuning kecoklatan

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Bumbu Lodeh Tewel Kacang Panjang Kesukaan Keluarga

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai  Bumbu Lodeh Tewel Kacang Panjang buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep lodeh tewel yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, lodeh tewel ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk lodeh tewel ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur nangka muda didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Bumbu Lodeh Tewel Kacang Panjang

1. Resep Lodeh Tewel Kacang Panjang

Bahan – Bahan :

  • 200 gram nangka muda rebus
  • 50 ml santan kental
  • 600 ml santan cair
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang
  • 2 buah cabe keriting
  • 6 buah cabe rawit
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas kunyit
  • 1/4 merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt penyedap rasa jamur

Cara Membuat Nangka Muda Kacang Panjang :

  1. Haluskan bumbu basah kecuali daun salam dan lengkuas. Tumis bumbu dengan sedikit minyak, masukkan daun salam dan lengkuas geprek. Rebus santan cair masukkan bu.bu tumis aduk, tunggu mendidih
  2. Masukkan nangka muda rebus dan kacang panjang
  3. Masukkan gula garam penyedap jamur,tunggu mendidih masukkan santan kental. Adul rata cek rasa
  4. Siap disajikan

 

2. Resep Lodeh Tewel Ceker

Bahan – Bahan :

  • 1/2 Kg Nangka muda
  • 1/2 Kg Ceker ayam
  • 1 Ikat daun melinjo (Godong So)
  • 1 Bungkus kelapa parut, buat santan kental dan encer
  • Minyak goreng, untuk menumis bumbu
  • Bumbu Halus :
  • 4 Siung bawang putih
  • 8 Siung bawang merah
  • 2 Ruas kunyit
  • 3 Butir kemiri
  • 1 Sdm ketumbar butir/bubuk
  • 1/2 Sdt lada bubuk
  • Garam, gula, penyedap rasa
  • 2 Ruas lengkuas geprek
  • 3 Lembar daun salam
  • 2 Lembar daun jeruk
  • 2 Buah cabe setan utuh
  • 8 Buah cabe rawit hijau utuh

Cara Membuat Nangka Muda Ceker :

  1. Potong-potong nangka muda sesuai selera, cuci bersih kemudian rebus nangka muda hingga empuk, sekitar 15 menit. Sisihkan
  2. Bersihkan ceker ayam, cuci kemudian rebus hingga air mendidih dan kotoran nya keluar. Buang air nya kemudian ganti dengan air bersih yang baru lalu rebus hingga mendidih dan ayam empuk.
  3. Siapkan bumbu halus dan pelengkap nya. Kemudian blender/haluskan bumbu halus
  4. Siapkan wajan, beri sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus tambahkan bumbu pelengkap kecuali cabe. Tumis hingga harum, berubah warna, dan mengental.
  5. Masukkan santan encer, dan daun melinjo kedalam panci rebusan ceker ayam
  6. Adding bumbu yang sudah ditumis kedalam panci, Aduk hingga rata
  7. Tambahkan nangka muda, dan cabe. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih
  8. Masukkan santan kental, test rasa. Tunggu hingga mendidih dan semua sayuran empuk + matang

 

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat lodeh tewel yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin Mantul Jiwa!

Halo gais! Ketemu lagi sama saya di artikel resep makanan hehe. Kali ini saya ingin berbagi tentang Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin sama kalian. Cara bikinnya gampang kok jangan salah tanggap yah, makanya baca artikel ku biar kalian bisa pinter masak mau masakan berat atau makanan ringan yang kayak gini.

Ohiya ada yang tahu bagaimana sejarah dari singkong sampai bisa menyerbar di Indonesia? Hmm, saya kasih tahu deh! Singkong (Manihot Utilisima), disebut juga ubi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutan-hutan. Bangsa Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

Nah gais menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekira abad ke-16. Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa. Diperkirakan singkong diperkenalkan pertama kali di suatu kabupaten di Jawa Timur pada 1852. Peningkatan pesat penanaman singkong sejalan dengan pertumbuhan penduduk Pulau Jawa yang pesat.

Dan ditambah produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk. Terkait pertumbuhan penduduk ini kemudian muncul istilah “anak singkong,” yaitu anak yang lahir karena suburnya sang orangtua, yang membuat anak tanpa mengikuti program keluarga berencana. Ini berasal dari mudahnya menanam singkong.

Hmm, ada yang baru tahu kan? hehe. Bukankah artikel ini bermanfaat sekali? jangan lupa share ke temen-temen kamu yah. Oke kita langsung aja ke inti artikel.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Asin

cara membuat keripik singkong pedas asin

1. Resep Keripik Singkong Pedas Manis

Bahan – Bahan :

  • 1 kg Singkong
  • 2 sdm Baking soda
  • secukupnya Garam
  • 8 cabai merah
  • 4 cabai rawit
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Cuka atau air asam jawa
  • 2 buah Gula merah aren
  • 3 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis :

  1. Kupas potong potong tipis singkong, rendam pada air yang sudah diberi baking soda dan garam.
  2. Rendam 1/2 jam. Tiriskan singkong.
  3. Goreng dengan minyak yang sebelumnya sudah dipanasi.
  4. Masukkan singkong satu satu ya agar singkong tidak hancur.
  5. Goreng dengan api sedang. Angkat setelah singkong kering.
    Buat bumbu dengan merebus cabe sampai empuk.
  6. Tiriskan cabe dan masukkan ke dalam blender bersama gula merah yang sudah disisir, gula pasir, garam, cuka, sedikit air.
  7. Tumis dengan api sedang bumbu yang sudah dihaluskan.
  8. Bila sudah mengental, matikan api. masukkan singkong ketika bumbu masih panas.
  9. Aduk hingga rata

 

2. Resep Keripik Singkong Balado

Bahan – Bahan :

  • 3 buah singkong
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt garam
  • Air hangat
  • 15 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit orange
  • 5 siung bawang putih yang sudah dikupas dengan mesin pengupas bawang
  • 2 siung bawang merah
  • Minyak secukupnya
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam
  • 2 sdm air asam jawa
  • 4 lembar daun jeruk

Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

  1. Cuci bersih singkong, lalu potong tipis-tipis ya.
  2. Masukan air hangat, garam, baking soda, dan singkong. Aduk rata. Diamkan 1 jam.
  3. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin sampai singkong kalau direndam airnya tidak keruh ya, lalu keringkan.
  4. Panaskan api sedang ke besar, setelah panas (Api harus benar-benar panas) goreng sampai kecoklatan. Jangan lupa diaduk-aduk supaya merata dan tidak gosong.
  5. Blender Bumbu halus dengan minyak, setelah itu tumis di wajan lalu tambahkan daun jeruk, gula, garem. Koreksi rasa.
  6. unggu sampai bumbunya kemerahan artinya sudah matang. Lalu tambahkan air asam jawa, aduk dan matikan api.
  7. Masukan keripik singkong, aduk rata dalam bumbu sampai terbalut rata. (Tips: Api harus mati saat mengaduk keripik supaya keripik tidak alot).
  8. Masukan dalam toples, lalu tunggu dingin baru ditutup ya. Bisa buat stock nih, Selamat mencoba!

 

3. Resep Keripik Singkong Pedas

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg singkong
  • 3 bawang putih yang sudah diiris menggunakan mesin pengiris bawang
  • 6 bawang merah
  • 3 cabe merah besar
  • 8 cabe merah keriting
  • 3 sisir Gula jawa
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap rasa
  • Air
  • Minyak

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas :

  1. Potong potong singkong. Setelah itu direndam air hangat campur garam selama 30 menit.
  2. Masukan minyak secukupnya untuk menggoreng singkong. Goreng singkong hingga pinggiran singkong terlihat berubah warna cokelat, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Lalu tumis bahan alus sampai wangi, masukan air sedikit. Masukan garam,gula,penyedap rasa dan aduk aduk lalu cicipi rasanya.
  4. Setelah menumis bumbu hingga air menyerap, matikan kompor. Diamkan bumbu hingga adem supaya dimasukan singkongkan tetap garing.
  5. Setelah bumbu adem, masukan singkong dan aduk hingga rata disingkong.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia. Investasikan waktu sebaik mungkin, coba buka warung keripik singkong di depan rumah untuk menambah penghasilan walaupun sedikit, itu lebih baik daripada hanya tiduran sambil nonton tv tapi tidak mengahsilkan apa-apa selama pandemi.

Saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik singkong yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Resep Sayur Nangka Tetelan Gurih Nagih!

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai resep sayur nangka tetelan buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep sayur nangka muda yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, sayur nangka muda ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk sayur nangka muda ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur nangka muda didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Resep Sayur Nangka Muda Tetelan

resep sayur nangka tetelan

1. Resep Gulai Nangka Tetelan Sapi

Bahan – Bahan :

  • 500 gr nangka muda, potong-potong, rebus
  • 250 gr tetelan sapi
  • Bumbu-bumbu:
  • 7 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 btr kemiri utuh
  • ketumbar
  • merica
  • kunyit
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • lengkuas, memarkan
  • tangkai serai, memarkan
  • 2 lbr daun salam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1/2 sdm garam halus, menyesuaikan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 genggam irisan bawang prey
  • 500 air
  • 500 santan kental

Cara Membuat Gulai Nangka Tetelan :

  1. Siapkan bahan sesuai resep.

  2. Haluskan bumbu kecuali yang cukup digeprek/dimemarkan.

  3. Tumis semua bumbu hingga harum.

  4. Masukkan daun prey dan daging, tumis hingga daging layu. Masukkan air. Masak hingga daging empuk.

  5. Masukkan nangka muda, masak lagi hingga bumbu meresap (kalau kurang air bisa ditambah menyesuaikan kebutuhan).

  6. Tuang santan, biarkan hingga mendidih (pada proses ini gunakan api kecil agar santan tidak pecah). Tes rasa. Angkat.

  7. Tuang di mangkuk sajikan

     

2. Resep Gulai Nangka Kikil

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg nangka
  • 1/4 kg tunjang (kikil)
  • 1/4 kg tetelan
  • 2 buah santan Kara
  • Air
  • Bumbu yg di haluskan
  • 20 buah cabe merah keriting
  • 2 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas
  • 5 buah bawang putih yang sudah dirajang menggunakan mesin perajang bawang
  • 8 buah bawang merah
  • 1 sdm garam
  • 1/2 sdt penyedap
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt bumbu sari minang (bumbu untuk rendang boleh di skip)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 batang sereh
  • daun salam
  • 5 lbr daun jeruk
  • 1 lbr daun kunyit
  • 5 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Gulai Nangka Kikil :

  1. Rebus tunjang dan tetelan selama 10 menit (saya pakai presto) untuk menghemat waktu, lalu blender cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, sereh
  2. Tumis bumbu yg telah di haluskan dengan minyak lalu iris tipis daun jeruk dan daun kunyit setelah harum masukkan irisan daun jeruk dan daun kunyit
  3. Lalu masukkan Tunjang dan tetelan masak 10 menit, tambahkan air dan kara setelah santan mendidih masukkan nangka
  4. Masukkan gula, tes rasa dan masak 20 menit

 

 

3. Resep Tumis Gori

Bahan – Bahan :

  • 200 gram Nangka muda yang sudah dipotong. (Saya beli bungkusan)
  • 5 mata Pete, belah 2
  • 2 sdm Ebi Goreng
  • Bumbu Halus:
  • 5 siung Bawang Merah
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 1 ruas Jahe
  • 2 ruas Kunyit
  • 1 butir Kemiri Sangrai
  • 3 buah Cabe Rawit (tambah jika suka pedas)
  • 5 buah Cabe Merah Kriting
  • 4 lembar Daun salam (2 untuk menumis, 2 untuk merebus Gori)
  • 1 batang Serai, memarkan
  • Secukupnya Lengkuas
  • 5 buah Cabe Hijau
  • Secukupnya Garam, Merica Bubuk dan Kaldu Bubuk
  • Bahan lain:
  • Secukupnya minyak goreng (saya pakai minyak baceman bawang)
  • 100 ml air

Cara Membuat Tumis Gori :

  1. menggunakan gori/nangka muda yang sudah siap pakai
  2. Cuci bersih nangka muda, didihkan air, beri ½ sdt garam & 2 lembar daun salam. Rebus nangka muda yang sudah dicuci bersih hingga empuk. Saya rebus -+ 15menit dengan api sedang. Jika sudah matang, cuci kembali dengan air mengalir lalu tiriskan.
  3. Haluskan bumbu. Geprek lengkuas & batang serai hingga memar.
  4. Panaskan minyak goreng. Masukkan lengkuas & batang serai, tunggu hingga harum, masukkan pula bumbu halus dan daun salam. Tumis hingga wangi.
  5. Masukkan air, irisan pete & cabe hijau. Biarkan mendidih. Setelah mendidih, masukkan garam, merica bubuk & kaldu bubuk. Aduk. Masukkan rebusan nangka muda. Tumis hingga bumbu tercampur rata.
  6. Setelah rata, tambahkan ebi goreng. Aduk kembali. Matikan api, siap disajikan.

 

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat sayur nangka yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Resep Sayur Sop Bakso Enak dan Gurih, dijamin Mantul!

Semua orang pasti tahu mengenai sayur yang satu ini. Yap sayur sop! disini saya akan membahas tentang Resep Sayur Sop Bakso Enak dan Gurih yang mudah pembuatannya, siapapun bisa membuat ini. Selain mudah sayur ini juga terkenal akan keringanan rasanya, sehingga banyak ibu-ibu yang suka membuat sayur ini.

Keringanan sayur sop ini membuat siapapun yang memakannya akan merasa ketagihan, nikmat dimakan tanpa nasi merupakan salah satu alasannya. Selain itu, lauk pendamping sayur sop terkadang bisa menjadi satu alasan mengapa sayur sop sangat digemari oleh khalayak.

Untuk anda yang merasa bahwa membuat sayur sop membutuhkan waktu yang lama atau teknik khusus maka anda salah, dengan resep yang benar dan detail maka kalian bisa dengan mudah membuat sayur ini. Jika dipertimbangkan lagi sayur sop ini bisa dijadikan usaha kecil-kecilan loh!

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur sop didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep-resep aktual yang siap membantu bisnis atau sekedar membantu anda mencari kegiatan di masa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Resep Sayur Sop Bakso Enak dan Gurih Selera Keluargaresep sayur sop bakso enak dan gurih

1. Resep Sayur Sop Bakso

Bahan – Bahan :

  • 10 buah bakso sapi
  • 2 buah wortel iris tipis-tipis
  • 1 buah kentang potong kotak-kotak
  • 1/4 buah kol iris sesuai selera
  • 5 buah buncis potong-potong
  • 1 tangkai daun bawang, seledri potong-potong
    Bawang goreng untuk topping
  • 2 liter air
  • Garam, gula, kaldu bubuk secukupnya atau sesuai selera

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang
  • 3 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica butiran

Cara Membuat :

  1. Didihkan air di panci, masukan wortel dan kentang, tunggu hingga 1/2 empuk, lalu masukan kol, buncis dan bakso sapi, aduk rata
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, masukan ke dalam panci, aduk rata, beri gula, garam, kaldu bubuk, aduk rata, koreksi rasanya
  3. Jika rasa sudah pas dan semua sayuran matang, matikan api, masukan daun bawang dan seledri, aduk rata, taburi dengan bawang goreng
  4. Hidangkan selagi masih hangat

 

2. Resep Sayur Sop Ayam Jagung

Bahan – Bahan :

  • paha ayam potong dadu
  • jagung manis
  • telur putih dikocok
  • jahe digeprek
  • 1 siung bawang putih dicincang
  • 800 ml air kaldu ayam
  • 250 ml air putih
  • 1,5 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Daun bawang putih
  • Minyak goreng secukupnya

Cara buat:

  1. Blender kasar jagung dan air putih, sisihkan
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih yang sudah dirajang dengan mesin perajang bawang dan jahe hingga harum. Masukkan air kaldu, ayam dan jagung yang sudah diblender
  3. Beri garam, lada, kecap asin, kaldu jamur. Aduk rata dan Masak hingga mendidih
  4. Buat larutan tepung maizena dengan sedikit air, lalu masukkan ke sup jagung, aduk rata dan masak hingga meletup-meletup
  5. Tambahkan putih telur perlahan sambil diaduk hingga membentuk serabut. Terakhir masukkan minyak wijen , angkat
  6. Sajikan selagi hangat dan taburi bawang goreng

 

3. Resep Sayur Sop Ikan Kakap

Bahan – Bahan :

  • 250 gr daging ikan kakap, potong dadu, lumuri perasan jeruk nipis
  • 50 gram jamur kancing kaleng, iris
  • 50 gram shell makaroni (bentuk kerang), rebus
  • 4 buah crabstick, potong-potong
  • 1 daun salam, sobek-sobek
  • 2 daun jeruk, sobek-sobek
  • 1 sereh, geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 3 sdm air asam jawa kental
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Gula dan kaldu jamur secukupnya
  • Potongan tomat ceri
  • Rawit utuh
  • Seledri
  • Daun bawang iris
  • 1 Liter air

Bumbu halus:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 8 cabai keriting (sesuai selera)
  • 5 cabai rawit (sesuai selera)
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

  1. Didihkan air, masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas. Masak hingga wangi
  2. Tambahkan air asam jawa, air jeruk nipis, gula dan kaldu jamur
  3. Jika dirasa sudah pas asam pedas dan manisnya, masukkan ikan
  4. Bila ikan sudah matang, masukkan jamur, shell makaroni, crabstick, potongan tomat ceri, rawit utuh, seledri dan daun bawang
  5. Siap disajikan selagi hangat
  6. Setelah membuat sayur sop, bawang juga dapat dijadikan bahan untuk membuat kue bawang loh, pasti enak jika menggunakan resep kue bawang ini!

 

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia. Investasikan waktu sebaik mungkin, coba buka warung sayur sop didepan rumah untuk menambah penghasilan walaupun sedikit, itu lebih baik daripada hanya tiduran sambil nonton tv tapi tidak mengahsilkan apa-apa selama pandemi.

Saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat sayur sop yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!