Categories
Uncategorized

Cara Membuat Roti Boy Rumahan Mudah Praktis dan Istimewa

Halo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan cara membuat roti boy rumahan yang mudah, praktis dan istimewa nih sob. Kemarin kami udah membagi tips cara membuat coklat buatan rumah yang enak, sekarang jadi pengen bikin roti nih sob.

Biasanya roti boy ini dengan rasa kopi moka dan mentega yang unik dijual dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per potong. Beberapa orang mengatakan bahwa harganya mahal, sehingga banyak orang ingin tahu bagaimana cara membuat roti boy rumahan yang enak dan mudah.

Oleh karena itu, daripada terus membeli kue itu dengan harga yang cukup tinggi, cobalah membuatnya sendiri. Selain lebih hemat biaya, Anda juga bisa mengontrol tingkat higienitas. Cara membuat roti boy rumahan sebenarnya sangat sederhana. Rasanya enak, persis seperti aslinya.

Cara membuat Roti boy rumahan memanglah sangat sederhana, namun rasanya sangat istimewa. Anda hanya perlu memasukkan bahan-bahannya, lalu mencampurkannya ke dalam adonan, lalu memasaknya. Sangat menyenangkan untuk dicoba sobat. Jadi mari kita lihat metode pembuatannya sebagai berikut.

Cara Membuat Roti Boy Rumahan Sederhana

Bahan-bahan Roti Boy

  • Tepung terigu berprotein sedang 50 gram (saya pakai Segitiga Biru);
  • Tepung terigu berprotein tinggi 500 gram (saya pakai Cakra Kembar);
  • Butter 50 gram;
  • Gula pasir 50 gram ;
  • Susu cair 300 mililiter (merek bebas);
  • Garam 1 sendok teh;
  • Ragi instan 15 gram (merk Fermipan);
  • Telur 1 butir;
  • Kuning telur 1 butir.

Bahan Isian Roti Boy

Isiannya sebenarnya terserah kepada sobat sendiri menurut keinginan masing-masing. Namun penulis berikan beberapa referensi yang menarik nih.
  • Coklat maupun selai rasa coklat 40 gram;
  • Butter 50 gram.

Bahan Topping Roti Boy

  • Tepung terigu protein sedang 100 gram (saya pakai merk Segitiga Biru)
  • Gula halus 4 sendok makan
  • Butter 60 gram
  • Baking powder ¼ sendok teh
  • Kopi instan 2 sendok teh (penulis menggunakan brand Nescafe)
  • Putih telur 2 butir
  • Pasta moka 2 tetes

Langkah Cara Membuat Roti Boy Rumahan

Setelah Anda mengetahui alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti boy, Silahkan sobat persiapkan peralatan dan bahan-bahannya terlebih dahulu. Jika Anda sudah siap, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah Membuat Roti Boy Rumahan

  1. Campur ragi dengan gula, aduk rata dan sisihkan selama kurang lebih 10 menit.
  2. Dalam satu wadah, campurkan tepung terigu, telur, kuning telur, garam dan susu. Aduk hingga adonan menjadi adonan tepung yang tercampur rata.
  3. Campur adonan ragi dan tepung pada langkah 1 dan 2 hingga menjadi adonan tersendiri. Kemudian uleni hingga halus dan tekstur menjadi lebih elastis
  4. Setelah adonan kalis, tambahkan mentega lalu aduk hingga rata dan uleni terus hingga lebih kalis.
  5. Setelah kalis, bulatkan adonan lalu taruh di wadah bersih (bisa mangkok) lalu tutup dengan serbet bersih atau plastik penutup yang bersih.
  6. Biarkan adonan mengembang 2 kali lipat dari ukuran aslinya. Langkah proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 45 hingga 60 menit.
  7. Sehabis didiamkan dan menjadi mengembang silahkan sobat kempiskan lagi adonan tadi.
  8. Bulatkan adonan lalu potong menjadi 10 sampai dengan 20 bagian
  9. Coba ambil salah satu bagiannya, lalu ratakan dan isi dengan bahan isian roti hingga isiannya masuk ke dalam adonan.
  10. Lanjutkan langkah ini hingga semua adonan yang anda buat terpakai.
  11. Biarkan adonan roti mengembang selama 45 menit hingga 1 jam.

Langkah Membuat Topping dan Memanggang di Oven

  1. Campur dan kocok gula halus dan mentega hingga berbusa.
  2. Tambahkan kopi instan, baking powder, tepung dan pasta moka ke dalam wadah campuran. Kemudian aduk secara konsisten hingga merata.
  3. Kocok putih telur atau aduk hingga sedikit berbusa, lalu campur dengan mentega sambil diaduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan topping tadi ke dalam wadah plastik berbentuk segitiga lalu potong ujung plastiknya (agar memucuk untuk mengoleskan topping).
  5. Sebarkan atau oleskan topping dengan pola berputar seperti spiral di atas adonan roti.
  6. Panggang roti di oven dengan suhu 180 derajat C selama 10 hingga 15 menit. Ingatlah untuk memanggang, pastikan waktunya tepat, jangan sampai gosong atau kusut.

Setelah memanggang dan menyelesaikan semua langkah, kini roti boy rumahan sudah bisa disajikan secara hangat.

Kopi selain bisa dijadikan sebagai bahan olahan makanan, namun kopi sebenarnya sangat lezat apabila diseduh. Untuk memanaskan kopi dengan tingkat panas dan meningkatkan cita rasanya sobat bisa menggunakan alat pemanas kopi yang tentunya efisien nih sob.

Beginilah cara membuat roti boy rumahan seperti aslinya. Caranya sangat mudah, kan. Selain karena langkahnya yang gampang, rasanya sama dengan roti boy asli yang dijual. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat sobat.

Terima kasih sudah membaca artikel ini 🙂

Categories
Uncategorized

Resep Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer Dijamin Berhasil

Kali ini saya Kembali dengan Artikel yang baru, yaitu Resep Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer ,yang sebelumnya kami membagikan artikel Cara Membuat Gulai Kambing yang Enak  tentunya sangat menarik bukan untuk ditiru dirumah.

Resep Bolu Kukus (bahasa Inggris: Swiss roll) adalah campuran dari bahan bahan yaitu, tepung terigu, mentega, susu, vanilli dan bahan lain yang dicampur menggunakan mesin pembuat roti dan biasanya kue bolu yang dipanggang di loyang yang dangkal, kemudian diisi dengan selai atau krim mentega, lalu digulung.

Kue Bolu Kukus yang baru dikeluarkan dari oven harus segera di gulung selagi masih panas, agar tidak berubah bentuk saat digulung. Saat memanggang, kertas roti atau serbet bisa digunakan sebagai alas kue. Saat kue sudah agak dingin untuk membubarkan selai atau krim mentega, Anda bisa membuka gulungan lagi, lalu menggulung kue lagi. Anda juga bisa mengoleskan selai langsung pada kue saat kue masih panas, jadi Anda hanya perlu menggulungnya satu kali.

Butter cream bisa dibuat menjadi berbagai macam rasa, misalnya dengan menambahkan cocoa powder, vanilla atau green tea powder.

A. Apa itu Butter Cream?

Butter Cream. Nampaknya hampir semua baker sudah familiar dengan isian ini. Selain enak, butter cream juga mudah dibuat. Cream adalah sejenis krim, bahan utamanya adalah margarin dan gula pasir, dikocok hingga mengembang dan lembut.

Krim berkualitas tinggi ditandai dengan teksturnya yang lembut, tidak keras, tidak menggumpal, manis tetapi tidak pahit, berwarna putih atau kuning muda (tergantung lemak yang digunakan). Cream biasanya digunakan sebagai bahan dekoratif untuk kue atau dekorasi kue.

Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya ada banyak jenis krim? Menurut asal dan teknologi manufaktur, berbagai jenis diklasifikasikan. Anda dapat mencoba setidaknya 6 jenis mentega yang berbeda.

B. Macam Macam Butter Cream Untuk Isian Bolu Gulung Kukus :

resep bolu kukus sederhana

  • American Buttercream

American Buttercream adalah sejenis krim, sangat manis, sejauh ini merupakan jenis mentega yang paling mudah dibuat. Orang paka hanya butuh mentega, gula halus, krim dan sedikit vanili. Tidak perlu memasak!

American Buttercream memiliki warna putih gading. Rasa manis yang tinggi berasal dari penggunaan mentega yang banyak. Penting untuk menjaga suhu krim, karena krim Amerika tidak terlalu panas karena akan meleleh. Dianjurkan untuk menyimpan krim ini di lemari es.

  • Flour Buttercream

Krim tepung sebenarnya mirip dengan krim Amerika, namun rasanya tidak semanis krim Amerika. Rasanya lebih halus. Krim mentega juga bisa bertahan lebih lama pada suhu hangat karena tidak mengandung terlalu banyak lemak dan memiliki struktur dasar seperti puding. Bentuk krimnya agak keras karena dibuat dengan puding

Cara membuat butter cream adalah dengan membuat puding sederhana yang terbuat dari susu, gula dan ditambahkan tepung. Aduk tepung dan gula sebelum susu untuk menghindari gumpalan. Setelah itu masukkan kembali di atas kompor dengan api kecil hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak menggumpal pada puding.

C. Resep Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer

Bahan-Bahan:

  • 2 telur
  • 1 sdt sp
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdm Terigu
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 3 sdm minyak
  • 50 gram dcc (boleh skip)
  • Butter cream
  • Keju parut
Cara Membuat Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer:
  1. Siapkan kukusan yang tutupnya di beri kain atau lap agar air kukusan tidak jatuh ke kue
  2. Kocok telur, gula dan sp sampai putih berjejak,, aku sekitar 10 menit menggunakan kocokan manual
  3. Masukan terigu dan coklat bubuk sambil di ayak, kemudian masukan dcc cair yang sudah di campur minyak tadi
  4. Aduk hingga rata, masukan loyang yang sudah di olesi minyak, aku pake minyak tanpa di alasi lagi alhamdulilah hasilnya rapi tidak menempel dan gampang lepasnya walau masih panas
  5. Kukus 10 menit, langsung keluarkan dari cetakan, alasi lap bersih atau kertas nasi atau plastik, saya pakai lap kering yang bersih. Lalu gulung, dan simpan sampai suhunya dingin
  6. Setelah dingin, buka gulungan lalu olesi buttercream lalu tabur keju dan gulung kembali, bolu siap di sajikan
Categories
Uncategorized

Cara Buat Steak Daging Sapi Rumahan Sederhana Dan Enak

Hallo hai! Pada artikel ini saya akan membagikan cara buat steak daging sapi rumahan yang sederhana dan pasti enak dan mudah dicoba. Untuk resep steak daging sapi bisa baca di artikel resep steak sapi lengkap. Nah langsung aja yuk kita simak cara buatnya!

1. Beef Steak

Bahan-Bahan Beef Steak :

– 200 gr daging sapi
– Baby potatoes
– Wortel
– Buncis
– Butter untuk memanggang

Bahan Marinate :

– 3 sdm minyak goreng
– 2 sdt kecap asin
– 3 sdm saus tiram
– 1/4 sdt soda kue
– Garam merica secukupnya
– Taburan thyme secukupnya

Bahan Sauce :

– 1/2 buah bawang bombai, cincang
– 2 sdm kecap manis (atau sesuai selera)
– 1 gelas air
– 2 sdm saus tomat
– 1 sdt saus inggris
– 1 sdm tepung maizena
– 2 sdm gula palm
– Garam merica secukupnya
– Jamur shitake
– Sedikit butter untuk menumis

Cara Membua Beef Steak :

  • Pertama, potong daging dengan Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku lumuri  daging dengan bumbu marinate hingga merata, pastikan semua permukaan daging terbumbui, simpan di kulkas kurang lebih 30 menit supaya bumbu meresap.
  • Kemudian sambil menunggu daging didalam kulkas meresap, kalian bisa sambil masak saus dan rebus sayur pelengkapnya.
  • Untuk sausnya, pertama tumis bawang bombai dengan sedikit butter sampai harum, masukkan semua campuran bahan sauce kecuali maizena, aduk rata, masukkan jamur yang sudah dipotong-potong, tambahkan garam merica secukupnya, koreksi rasa dan masak hingga mendidih, tambahkan tepung maizena yang sudah di larutkan dengan air, masak hingga mengental.
  • Panaskan wajan antilengket dengan sedikit butter, panggang daging yang sudah di marinate, sebisa mungkin jangan di bolak balik, cukup satu kali balik aja, boleh sambil ditambahkan olesan sisa bumbu marinate, panggang sampai tingkat kematangan yang diinginkan.
  • Tekahir, daging yang sudah masak disiram dengan sauce, sajikan hangat dengan sayuran pelengkap.

2. Barbeque Steak Simpel

Bahan-Bahan Batbeque Steak Simpel :

– 2 potong rib eye steak
– 1 buah wortel, potong dadu
– 5 buah buncis, potong
– 1 buah jagung manis, sisir
– 1/4 sdt lada hitam
– Garam secukupnya
– 2 sdm saus BBQ
– 2 sdm margarin
– 200 gram kentang, kukus, haluskan
– 75 gram keju, parut

Cara Membuat Barbeque Steak Simpel :

  • Pertama, tusuk daging dengan garpu, lalu lumuri daging dengan lada hitam, garam dan saus barbeque secara merata,dan  diamkan semalaman di dalam kulkas.
  • Untuk saturnya, rebus wortel dan jagung hingga setengah matang, lalu masukkan buncis rebus hingga matang lalu sisihkan.
  • Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan keju, aduk hingga merata, lalu isihkan.
  • Panaskan teflon terlebih dahulu, lalu beri margarin lalu panggang daging masing-masing sisi 5 menit, atau tergantung kematangan masing-masing. Angkat sajikan bersama mashed potato, dan mix veggie.

3. Steak With Smoked Cheese Sauce

Bahan Steak With Smoked Cheese Sauce :

– 750 gr has dalam
– 1 sdt bawang putih haluskan
– 1 sdt lada hitam geprak
– 1 sdt kaldu jamur bubuk
– 1/2 sdt kaldu sapi bubuk
– 1 sdm kecap asin
– 2 sdm kecap inggris
– 3 sdm mentega tawar leleh

Bahan Saus :

– 2 sdm mentega tawar
– 2 siung bawang putih cincang
– 150 gr jamur segar champignon iris tipis
– 1/2 sdm terigu
– 300 ml susu cair
– 7 lembar keju asap potong-potong
– 1/2 st kaldu bubuk sapi
– 1 st lada hitam geprak
– 100 ml krim masak

Bahan Pelengkap :

– Tumis wortel, buncis dan jagung
– French fries

Cara Membuat Steak With Smoked Cheese Sauce :

  • Pertama untuk steak, campur dan aduk jadi satu semua bumbu-bumbu lalu sisihkan.
  • Potong daging jadi 4 bagian dan pukul-pukul daging, lumuri dengan bumbu, simpan di kulkas kurang lebih 3 jam.
  • Panggang daging masing-masing sisi 4 menit, sambil dioles sisa bumbu supaya tidak kering
  • Untuk sausnya, tumis bawang putih dengan mentega sampai harum, masukkan jamur, tumis sampai layu.
  • Masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang susu cair sedikit-sedikit, aduk sampai licin, masukkan keju asap, kaldu bubuk dan lada hitam, aduk sampai keju larut, masukkan krim masak, aduk rata sampai mendidih, dan angkat,
  • Sajikan steak dengan saus dan pelengkapnya.

Nah bagaimana nih, mudah bukan cara buatnya?

Bagi kalian yang suka makanan manis bisa banget nih coba resep jenang bisa baca di artikel resep jenang ketan gula merah dijamin ketagihan loh.

Selamat mencoba dirumah semoga berhasil!

 

Categories
Uncategorized

Resep Jenang Ketan Gula Merah Camilan Pelengkap Saat Hajatan

Makanan yang satu ini sangat khas, unik dan tidak akan hilang keberadaannya, dalam artian Jenang Ketan ini pasti dibuat ketika musim hajatan tertentu sehingga Jenang Ketan ini dijuluki Jenang Ketan permanen keberadaannya.

Jenang

jenang-ketanJenang ketan merupakan camilan manis yang sering disajikan di acara hajatan. Jenang ketan terbuat dari ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, daun pandan dan gula merah hingga berminyak dan terasa lembut.

Membuat jenang terkenal rumit dan lama dalam proses pengolahannya. Mirip dengan membuat dodol, resep jenang ketan dan pembuatannya pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol ketan hitam. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah.

Jika anda berniat membuat jenang di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan sangat di rekomendasikan. Alat pengaduk dodol ini juga dapat digunakan untuk memasak atau mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya. Dengan menggunakan mesin ini dapat membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat jenang dengan jumlah produksi yang banyak.

Jika kalian berminat membuat jenang ketan gula merah ini, berikut saya paparkan beberapa Resep Jenang Ketan Gula Merah yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep dan Cara Membuat Jenang Ketan Gula Merah

jenang ketan gula merah

Resep Jenang Gula Merah

Bahan :

  • 400 gr Tepung Ketan
  • 600ml Santan Kental (saya pakai santan kara)
  • 100 ml Air
  • 200 gr Gula Pasir / 350gr (bagi yang suka manis)
  • 250 gr Gula Merah
  • 1 sendok teh Garam

Langkah Membuat Jenang Ketan Gula Merah :

  1. Rebus gula merah dengan 100ml air hingga mendidih dan gula mencair lalu saring dan sisihkan.
  2. Campur tepung ketan,garam,gula pasir dalam wajan kemudian masukkan santan lalu aduk dengan wisk hingga rata dan tidak bergerendil. Selamat mencoba bunda,,ditunggu recook nya ya bund.
  3. Nyalakan kompor masak dan aduk-aduk dengan sendok kayu lalu masukkan gula merah cair,aduk sampai rata dan hingga adonan kalis dan berat.
  4. Kecilkan api aduk terus hingga adonan licin dan berat, masak kurang lebih 1 jam (lama memasak tergantung banyak sedikitnya adonan),setelah itu matikan api dan tuang jenang dalam loyang yang sudah diolesi sedikit minyak goreng dan ratakan lalu biarkan sampai dingin.
  5. Setelah jenang dingin baru dipotong-potong. Biasanya selang beberapa jam atau sampai satu hari baru dipotong.

Resep Jenang Ketan Gula Merah Tabur Wijen

Bahan-bahan Resep Jenang Ketan Tabur Wijen

  • 80 potong kecil
  • 1000 gr tepung beras ketan mawar
  • 250 gr beras ketan hitam
  • 1500 gr Gula merah
  • 500 gr gula pasir
  • 1600 cc santan dari 2 kelapa
  • 500 cc minyak goreng
  • 1 sendok teh garam
  • 100 gr wijen

Langkah Membuat Resep Jenang Ketan Tabur Wijen

  1. Rendam terlebih dahulu beras ketan hitam selama kurang lebih 8/10jam airnya di ganti2 terus agar tidak berbau, setelah itu cuci bersih lalu di blender dg santan 100cc hingga hancur, seteleh lembut sisihkan
  2. Sangrai wijen sebentar, lalu sisihkan
  3. Masak santan 300cc, gula pasir, gula merah, daun pandan dan garam hingga mendidih. Gunakan panci anti lengket ya
  4. Larutkan tepung ketan putih dan hitam dengan sisa santan
  5. Masukkan larutan tepung ketan dengan air gula tadi aduk perlahan dg api kecil sampai 1jam
  6. Masukkan minyak sedikit demi sedikit hingga habis
  7. Cetak di baki plastik lalu taburi wijen pada bagian atasnya.

Nah itulah tadi mengenai resep dalam membuat Jenang Ketan Gula Merah yang disertai dengan langkah-langkah dalam pengolahannya.

Bagaimana sobat pembuatan Jenang ini memang sangat mudah bukan, nah oleh karena itu Anda bisa langsung mempraktekannya sendiri dirumah.